Skip to main content

Channels

Dari Hobi Menjahit, Jadi Vendor Brand Ternama

  • 01 Des 2022, 20:30 WIB
  • 0
Dari hobi menjahit, kini Emilia membuat produk fashion sendiri dan menjadi sumber rezeki. (Foto: Dok Zly)

Wanita bernama Emilia kini sukses mengembangkan produk sendiri hingga ke mancanegara. Siapa sangka, hobinya menjahit kini berbuah menjadi rezeki yang dapat menghidupi, bukan bagi dirinya saja tapi juga bagi orang di sekitarnya. 

Emilia mendirikan CV Zelia berawal dari hobi menjahit untuk brand-brand besar. Selama tujuh tahun Lia-sapaan akrabnya-menjadi vendor brand-brand besar, hingga akhirnya pada 2017 mantap membuat produk sendiri yang diberi nama ZLY. 

Bagi Lia, menjahit dan fashion merupakan hobi yang ia tekuni sedari dulu, sehingga pekerjaan yang dikerjakan saat ini terasa menyenangkan. “Cintai dulu pekerjaannya, maka apapun masalah atau risikonya akan dijalani dengan senang,” kata Lia dikutip dari wawancara dengan Kementerian Koperasi dan UMKM. 

Dalam menekuni dunia usaha, Lia memiliki prinsip bahwa jika perusahaan ingin besar maka harus memiliki brand sendiri, sehingga mempunyai kontrol dan tujuan. “Dengan membuka brand sendiri saya punya banyak peluang dan jalan untuk membesarkan usaha serta memudahkan dalam penyusunan target,” kata Lia.

ZLY mulai dikembangkan melalui kerjasama di dua cabang yaitu di Asia Plaza Sumedang dan Yogya Tegal, hingga sekarang sudah memiliki setidaknya 30 cabang dengan 50 karyawan. Permintaan naik signifikan menjelang hari raya atau lebaran bahkan sudah akan ekspor ke Negeri Jiran. 

Tidak hanya memikirkan soal mengembangkan bisnis, Lia juga ingin agar bisnisnya menjadi manfaat bagi masyarakat khususnya bagi orang terdekat yaitu tetangganya. Menurut Lia sebaik-baiknya bisnis adalah bisnis yang memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada sesama. 

“Kita berdayakan dari mulai tukang payet, tukang potong kain, staf hingga sopir adalah orang-orang yang berada di sekitar lingkungan saya, jika tidak ada baru kita cari orang luar. Kita sudah  mau ekspor, barangnya sudah kita siapkan, MoU juga sudah dibuat, inshallah bulan ini mulai berjalan ekspor ke Malaysia,” tuturnya.

Dari kesuksesannya tersebut, Lia berharap ZLY dapat terus bekembang agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Di samping itu, yang menjadi fokus utamanya adalah memberikan kesejahteraan bagi seluruh pegawainya. 

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Terbaru