Inovasi dan Kolaborasi Kunci Hadapi Krisis Ekonomi

03 Des 2022, 11:10 WIB

Krisis ekonomi saat ini menjadi isu global yang dikhawatirkan akan juga berimbas ke Indonesia. Menghadapi ketidakstabilan ekonomi dan sosial politik dunia menjadi pekerjaan rumah terbesar bagi Indonesia pada 2023. Namun, melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang membaik, rasa optimis semakin besar bahwa perekonomian Indonesia tetap stabil.

Pandemi  yang terjadi pada 2020, mengajarkan kita banyak hal dalam menghadapi krisis. Bahwa inovasi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dirasakan penting menghadapi krisis ekonomi dan menambah rasa percaya masyarakat kepada pemerintah. 

Bagaimana inovasi bisa berjalan dan memberi kontribusi bahkan revenue? Pada kesempatan soft launching Proxsis Expo & Conference 2023 belum lama ini, Rudi Maulana selaku Pendiri Proxsis & Co berpendapat bahwa inovasi tidak bisa berjalan sendiri tanpa DNA entrepreneurship. Jika keduanya dikawinkan baru kita bisa survive dan melewati krisis dengan baik.

“Kami biasa menyebutnya sebagai Innovationpreneur,” ujarnya. Dan sebagai tindak lanjut sekaligus bentuk keamanan berjalannya inovasi ketika menghadapi krisis, co-founder Proxsis & Co Roni Sutrisno menambahkan satu pihak kita berpikir inovasi, tapi jangan sampai inovasi itu terganggu dengan kondisi yang bikin panik.

“Jadi harus ada yang ngurusin. Supaya inovasi dapat berjalan terus, sementara ada tim manajemen krisis yang ‘mengganti ban serep’ untuk mengamankan,” tandasnya.

Kedua pandangan mengenai langkah inovasi dan manajemen krisis tersebut disampaikan atas praktik pengalaman Proxsis & Co ketika membantu klien dan juga menjalankan bisnis sendiri saat menghadapi krisis 2020. Cara ini digadang-gadang dapat menjadi insight bagi pelaku bisnis sebagai bekal menghadapi 2023.

Merespons ramalan banyak pihak tentang situasi ekonomi yang kurang baik di 2023, Proxsis & Co akan menyelenggarakan Expo & Conference bertajuk Business Insight 2023 : Resilience Mode On pada Januari mendatang.

CEO Proxsis & Co Andrianto Moeljono berharap, melalui event ini semua pihak akan mendapat insight yang bermanfaat dari hasil analisa bersama para pakar- sehingga organisasi di seluruh Indonesia mampu bertahan dan optimis menghadapi kondisi di masa mendatang.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id