Jajaran Merek-Merek Terbaik di IBBA 2022

01 Dec 2022, 14:30 WIB
Penghargaan IBBA 2022

SWA Media Group dan Mars Indonesia Digital kembali menggelar ajang penghargaan Indonesia Best Brand (IBBA) 2022. Perhelatan tahunan Indonesia Best Brand Award ini sudah dilakukan selama 20 tahun berturut-turut, sebagai apresiasi terhadap merek-merek terbaik di Tanah Air yang menjadi tolak ukur kinerja di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan survei yang dilakukan lebih dari 10 ribu responden yang tersebar di tujuh kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan Banjarmasin dengan 124 kategori. Kriteria Responden adalah rumah tangga, menikah/pernah menikah 25-50 tahun, kelas Sosial Ekonomi (SES) ABCD. Periode survei dilakukan selama Juli – Agustus 2022.

Adapun metode survei yang dilakukan dengan wawancara tatap muka, dari rumah ke rumah dengan menggunakan Aplikasi Survey (STG) dengan lima parameter diantaranya top of mind advertising, top of mind brand, brand share dan satisfaction dan gain index.

Acara puncak penghargaan IBBA 2022 yang diselenggarakan secara hybrid, yakni offline di Hotel Shangri-La Jakarta dan online melalui Zoom pada Rabu, 30 November 2022, dimulai dengan Webinar Indonesia Best Brand Conference & Awarding bertema ‘New Marketing Paradigm: Managing Multiple Challenges Towards Sustainable Business’. Acara ini menghadirkan tiga sosok pembicara, yaitu Wafa Taftazani, CEO Upbanx, Chairman VCGamers, dan Direktur RANS Venture. Lalu, Gupta Sitorus, Chief Sales & Marketing Officer WIR Group serta Ferry Haryanto, Direktur Pemasaran Garuda Food untuk membagikan kunci suksesnya dalam memasarkan produk.

Dalam acara tersebut, Kemal E.Gani, Group Chief Editor SWA Media menyampaikan bahwa Indonesia Best Brand Award telah menjadi barometer untuk mengukur merek-merek yang bernilai dan terbaik di industrinya. Dia mengatakan kekuatan nilai sebuah merek merupakan hal yang sangat menentukan bagi kesuksesan dalam memasarkan produk. Oleh karena itu mengetahui nilai atau ekuitas suatu merek di mata konsumen sangat penting.

“Hasil dari survei ini dapat mengetahui posisi, perubahan dan persaingan setiap merek dengan merek lainnya pada setiap elemen yang diukur,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Hardi Saputra, CEO Mars Indonesia Digital memaparkan berdasarkan hasil riset, brand value index pasca pandemi terjadi peningkatan. “Namun peningkatannya belum menyamai posisi di tahun 2019,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa salah satu aspek brand index yakni gain index mengalami stagnansi. Hardi menjelaskan hal tersebut terjadi karena kemampuan untuk melakukan akusisi market baru atau competitor cukup stagnan.

“Di tahun depan, kuncinya adalah menjadi lebih kreatif dan media yang tepat, salah satunya ke metaverse,” tuturnya.

Berikut jajaran pemenang IBBA 2022, diantaranya Bridgestone, Federal Matic, Winn Gas, Momogi, Sharp, BRI, Prudential, Sanyo, Hatari, Sania, Paramex, Anggur Orang Tua, Hufagripp, Hufagripp BP, AUTO2000, Formula, Tango, BSI, Dulux, Garda Oto, Tolak Angin Sido Muncul, BPJS Kesehatan, FIFASTRA, Polytron, Kacang Garuda, Pilus Garuda, Gery Chocolatos, Chocolatos, Mountea, Okky Jelly Drink dan sebagainya.