Skip to main content

Channels

Kemenlu - KADIN Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi di PNG dan Timor Leste

  • 09 Des 2022, 14:28 WIB
  • 0
KADIN, Arsyad dan Abdul Kadir pada Indonesia Pacifif Business Engagement (Foto: Kemenlu)

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI bekerja sama dengan KADIN telah menyelenggarakan Pacific Business Engagement (PBE) sebagai bagian dari rangkaian Indonesia-Pacific Forum for Development (IPFD) (8/12). Kegiatan yang dihadiri sekitar 90 orang sektor swasta baik secara luring maupun daring ini bertujuan untuk mempromosikan interaksi bisnis di antara kalangan pengusaha dan asosiasi bisnis di Indonesia, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Duta Besar Abdul Kadir Jailani, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu RI, menjelaskan terdapat tiga pendekatan penting untuk merekatkan hubungan antara Indonesia dan Pasifik. Pertama, mendorong kerja sama antara Asia dan Pasifik dalam kerangka ASEAN Outlook for Indo-Pacific. Kedua, meningkatkan interaksi bisnis dan perdagangan dalam rangka pemulihan ekonomi. Ketiga, bersama-sama menyuarakan kepentingan Pasifik kepada masyarakat internasional.

Sementara itu, Arsyad Rasyid, Ketua KADIN, menyebutkan, pentingnya transisi energi dalam memitigasi dampak perubahan iklim dan menciptakan lapangan kerja baru di Indonesia. “Forum ini menjadi ajang pembahasan potensi ekonomi di sektor pertanian, perikanan, infrastruktur, energi terbarukan, dan manufaktur,” tuturnya dikutip pada keterangan tertulis, 9/12/2022.

Menlu Papua Nugini Justin Tkatchenko menyambut baik kehadiran para investor ke negaranya dan mengapresiasi berbagai pelajaran yang bisa didapatkan dari pengalaman pembangunan ekonomi Indonesia.

Sementara Menlu Timor Leste, Adalizja Magno, melihat potensi yang baik dari kehadiran lembaga perbankan Indonesia dalam mempermudah pengusaha Indonesia untuk melakukan bisnis dengan Timor-Leste.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Terbaru