Kolaborasi Edenfarm dan Alami Dukung Produktivitas Mitra Petani

22 Des 2022, 18:39 WIB
Penandatanganan nota kesepahaman antara Edenfarm dan Alami sebagai bentuk awal kerja sama dalam meningkatkan produktivitas petani. (Dok. Edenfarm)

Startup rantai pasok pangan B2B, Edenfarm berkolaborasi dengan platform pendanaan peer-to-peer (P2P) Alami untuk mendukung kemajuan petani Indonesia. Melalui kolaborasi ini, Alami akan menyediakan akses pembiayaan bagi mitra petani Edenfarm untuk menjalankan operasional sehari-hari.

David Setyadi Gunawan,Pendiri & CEO Edenfarm mengatakan, skema pendanaan syariah yang ditawarkan oleh Alami dapat memberikan kemudahan bagi mitra tani dalam memenuhi kebutuhan modal kerja pembelian sarana produksi pertanian.

Adapun nilai pembiayaan dan tenor dapat disesuaikan berdasarkan komoditas pertanian yang dibudidayakan. “Dengan demikian akan tercipta produktivitas panen yang optimal dan dapat memenuhi permintaan pelanggan Edenfarm,” katanya.

David meyakini bahwa petani merupakan salah satu fondasi utama dalam rantai pasok pangan. Oleh sebab itu, sebagai upaya nyata dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan hidup para petani, pihaknya mengembangkan Eden Farming Project untuk mengoptimalkan produktivitas mitra tani sehingga pendapatan mitra tani pun dapat turut bertumbuh.

Menurutnya, pendanaan pertanian bagi mitra tani merupakan fondasi utama keberhasilan program ini. Dengan mekanisme pendanaan Alami berlandaskan syariah, hal ini sangat diminati oleh para petani sehingga memberikan kenyamanan bagi petani dalam melakukan produktivitas hortikultura mereka sebagai mitra Eden Farming Project.

Co-founder & Managing Director Alami Bembi Triawan Juniar menambahkan bahwa pihaknya memiliki visi yang sejalan dengan Edenfarm, terutama dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat melalui upaya peningkatan kualitas UMKM lokal yang berada dalam ekosistem Edenfarm.

“Melalui sinergi ini, kami mendukung industri untuk bertumbuh dengan mengadopsi keunggulan teknologi masa kini. Kami berharap, kolaborasi ini dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional ke depan,” ujar Bembi. Asal tahu, Alami tercatat telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp4 triliun kepada lebih 10.000 proyek dengan dukungan 111.000 pendana.

Sejak 2021, lebih dari 250 petani telah menjadi mitra Eden Farming Project, dan mendapatkan pendampingan dari agronomis terkait pola tanam dan budidaya hortikultura. “Harapannya, dengan pendampingan secara intensif mitra tani dapat memiliki produktivitas panen yang stabil dan berkelanjutan dengan kebutuhan pasar, sehingga dapat memenuhi permintaan pelanggan B2B EdenFarm di Pulau Jawa,” lanjut David.

Edenfarm juga berinovasi untuk meningkatkan kepuasan para mitra tani melalui berbagai fasilitas seperti aplikasi petani atau Farmers Apps, di mana mitra tani dapat mengakses ensiklopedia pertanian, melihat prediksi permintaan pasar, dan waktu panen.

Selain itu, Edenfarm menawarkan manfaat beasiswa untuk anak mitra tani berprestasi, dan berbagai pelatihan yang dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kompetensi agar dapat bersaing di era pertanian 4.0.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id