Skip to main content

Channels

LandX Tutup Tahun 2022 dengan Performa Ciamik

  • 22 Des 2022, 08:11 WIB
  • 20
(kiri) Direktur dan Co-founder LandX Romario Sumargo (Foto: dok. LandX)

Penyelenggara securities crowdfunding (SCF), PT ICX Bangun Indonesia atau yang biasa dikenal dengan LandX, menutup tahun 2022 dengan performa ciamik. Salah  satunya dengan mendapat penghargaan ‘The Best Performance Platform 2022 (Penyelenggara Terbaik tahun 2022 SCF)’ pada acara Indonesia Crowdfunding Outlook 2022 di Jakarta (19/12/2022).

Indonesia Crowdfunding Outlook 2022 merupakan kegiatan yang diinisiasikan oleh Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) dalam menyampaikan serta mensosialisasikan seluruh kegiatan securities crowdfunding di Indonesia. Selain memberikan penghargaan kepada para perusahaan penyelenggara SCF dan perusahaan UKM penerbit, acara ini juga memaparkan secara umum performa industri SCF  tahun 2022 dan perencanaannya di 2023.

Direktur dan Co-founder LandX Romario Sumargo menyampaikan bahwa apresiasi tersebut adalah hasil kerja tim LandX dalam memperkuat posisinya sebagai penyelenggara securities crowdfunding. “Penghargaan ini merupakan kerja keras semua komponen dari tim LandX yang selalu mengutamakan kepuasan stakeholder kami, baik untuk para pemodal atau pengguna aplikasi LandX dan para perusahaan UKM penerbit,” tuturnya.

Salah satu keunggulan LandX, diklaim Romario adalah seleksi ketatnya dalam memilih untuk menerbitkan perusahaan UKM. Proses screening dan assessment calon perusahaan penerbit adalah proses yang vital bagi LandX. “Karena perusahaan penyelenggara SCF memiliki tanggung jawab moral dalam mengawal perusahaan penerbit kepada para pemodal. Dan para pemodal di LandX juga harus memiliki rasa kepercayaan yang baik terhadap perusahaan-perusahaan yang akan mereka investasikan,” dia menegaskan.

Kelebihan ini bukan tanpa alasan. Pasalnya LandX termasuk penyelenggara SCF yang relatif sedikit agresif. Rerata setiap bulannya mereka menerima hingga 200 aplikasi perusahaan UKM, namun hanya menerbitkan 2 hingga 3 perusahaan UKM tiap bulannya. Dengan mengutamakan tingkat kesuksesan dari perusahaan UKM penerbit, LandX kini mencatat 89.466 investor, telah menerbitkan 44 perusahaan UKM, dengan dana yang disalurkan hingga 232 miliar rupiah, serta nilai dividen yang telah dibagikan lebih dari Rp10,7 miliar.

Salah satu perusahaan UKM penerbit yang tampil mengesankan adalah PT Yukarista Loka Galuhmas (Yellow Car Wash) yang menyabet penghargaan Best Asset Performance 2022 untuk kategori properti pada acara Indonesia Crowdfunding Outlook 2022. Pemilik Yellow Car Wash cabang Galuhmas  Karawang, Alex menyampaikan bahwa prestasi ini menjadi salah satu momentum berkesan dan menunjukkan bahwa perusahaan UKM memiliki alternatif pendanaan dalam melakukan ekspansi usahanya. “Bersama LandX kami juga mendapatkan banyak masukan, arahan dan pengawalan hingga kami bisa ada pada posisi ini. Salah satu syarat wajib yang diterapkan LandX adalah kami harus mengikuti aturan yang berlaku di industri SCF ini, untuk memfasilitasi seluruh stakeholder. Sebab, keamanan dan keuntungan bagi para investor Yellow Car Wash adalah prioritas utama kami,” Romario menguraikan.

Syarat dari aturan atau regulasi tersebut untuk mengikat perusahaan UKM penerbit dalam menjaga amanah para pemodal. Seluruh elemen stakeholder di industri SCF harus saling menjaga reputasi berikut kredibilitas agar publik tidak melihat industri SCF ini dengan sentimen negatif.

Untuk menekan risiko tersebut, LandX tidak hanya tegas dalam proses penyeleksian perusahaan penerbit UKM, namun juga memastikan bahwa perusahaan penerbit UKM harus patuh pada aturan Otoritas Jasa Keuangan  dan comply sehingga dapat di daftarkan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia.

“Pekan ini kami memiliki tiga kabar baik, terpilih sebagai penyelenggara terbaik, salah satu perusahaan penerbit di kami juga mendapatkan perusahaan terbaik dengan kategori properti, dan yang terakhir adalah semua perusahaan UKM penerbit LandX telah didaftarkan dan didistribusikan ke KSEI. Ini sebuah dorongan optimisme kami menatap 2023 dalam berkontribusi pada ekonomi dalam negeri, dengan memfasilitasi UKM sebagai penggerak ekonomi di Indonesia,” kata  Romario.

Hingga kini, LandX.id telah mempertemukan lebih dari 89.466 pemodal dengan 44 perusahaan penerbit / pelaku usaha (UMKM), dan telah mencetak Rp232 miliar  untuk nilai investasi yang disalurkan ke penerbit saham.

Swa.co.id

Terbaru