Ninja Xpress Siapkan Pesawat Khusus Kargo untuk Pengiriman ke Luar Jawa

20 Dec 2022, 18:20 WIB

Untuk meningkatkan layanan pengiriman paket ke luar Jawa, Ninja Xpress bekerja sama dengan Trigana Air dalam menyiapkan pesawat khusus kargo (air freighter). Pesawat dengan tipe Boeing 737-300 tersebut dapat memuat kapasitas hingga 15.500 kg yang beroperasi setiap hari mulai 11 Desember.

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress mengatakan, pesawat ini dikhususkan untuk pengiriman dari Jakarta ke luar Pulau Jawa yaitu Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera. “Sementara untuk pengiriman antar Pulau Jawa kami memaksimalkan jalur darat menggunakan trucking karena pemerintah sudah membangun infrastruktur tol yang baik,” katanya.

Data Ninja Xpress mencatat, meskipun pengiriman masih dominan di Pulau Jawa, namun sudah ada tren pengiriman ke luar Jawa sejak tahun lalu. Andi meyakini bahwa peningkatan pengiriman akan terjadi pada musim belanja akhir tahun, sehingga keberadaan pesawat akan membantu pengiriman paket di luar Jawa tepat waktu.

“Hal ini juga dibuktikan oleh Ninja Xpress yang mengalami peningkatan pengiriman pada musim belanja online 2021 dibandingkan waktu yang sama pada periode 2022,” ungkap Andi.

Dengan kapasitas pesawat besar yang disesuaikan untuk pengiriman barang, harapannya Ninja Xpress dapat lebih mengakomodasi kebutuhan shipper yang ingin mengirimkan paket dengan ukuran yang lebih besar dan berat. Kedepannya, menurut Andi, Ninja Xpress tidak menutup kemungkinan untuk menambah pesawat lagi jika pengiriman semakin meningkat.

“Kami optimis kerja sama ini merupakan awal dari kemitraan jangka panjang kami dengan Ninja Xpress, dan tidak menutup kemungkinan akan adanya kerja sama lanjutan sesuai kenaikan pengiriman,” tambah Rudi Hartono, Direktur Trigana Air.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id