Perdana di Indonesia, PermataBank Fasilitasi Transaksi  SKBDN Berbasis Blockchain 

17 Des 2022, 14:04 WIB

PermataBank menjadi bank pertama di Indonesia yang sukses menerapkan teknologi blockchain untuk transaksi Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) dimana seluruh pembuatan dan pertukaran dokumen dilakukan secara digital. 

Seluruh transaksi perdagangan  antara PT United Tractors Tbk (U”) dan PT. United Tractors Semen Gresik (UTS”) yang didukung oleh Permata Trade Finance dapat berjalan dengan sangat efisien. Penerapan digitalisasi ini merupakan upaya berkelanjutan PermataBank  mengefisiensikan transaksi perdagangan dalam upaya mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia. Pencapaian transaksi melalui trade finance blockchain ini membuktikan kepercayaan nasabah terhadap penerapan digitalisasi yang dihadirkan oleh PermataBank dalam semua layanan perbankan.

Menurut Darwin Wibowo, Direktur Wholesale Banking PermataBank, teknologi Blockchain yang diterapkan dalam transaksi trade finance akan mengoptimalkan perdagangan global yang lebih mudah, efisien, dan aman. Teknologi ini akan membantu nasabah korporat memaksimalkan sumber daya dan meningkatkan arus kas, sehingga diharapkan dapat mengakselerasi bisnisnya.

“Transaksi Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) yang berhasil dilakukan menggunakan teknologi blockchain antaraUnited Tractors United Tractors Semen Gresik merupakan sebuah pencapaian sekaligus terobosan baru bagi proses trade finance di Indonesia. Hal ini sejalan dengan strategi kami untuk memperluas skala bisnis dengan menerapkan model bisnis digital yang lebih cepat dan aman,” ujar Darwin.

Teknologi blockchain, lanjut Darwin, mengoptimalkan aliran data dengan aman, mudah dan cepat antara mitra bisnis, yang secara signifikan meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan arus perdagangan dalam jaringan perdagangan. Jaringan terpercaya secara digital yang terhubung ini juga merupakan tempat untuk menemukan mitra yang tepat, memperluas jaringan pemasok, pembeli dan bank sehingga  mempercepat dan meningkatkan volume perdagangan dengan cara yang paling efisien. 

Ramandhika, Corporate Treasury Head United Tractors, mengatakan, sebagai perusahaan di bawah naungan PT Astra International Tbk, United Tractors selalu berkomitmen untuk mewujudkan Customer Service Excellence, pelayanan terbaik untuk customer, salah satunya UTSG. “Komitmen ini semakin diperkuat dengan adanya transaksi SKBDN antara UT dan UTSG dengan menggunakan teknologi blockchain ini. Benefit transaksi SKBDN dengan blockchain ini membantu UT sebagai penerima SKBDN untuk memproses transaksi secara full digital dari mulai penerimaan hingga presentasi dokumen. Transaksi SKBDN yang faster, secure, simpler dan paperless dapat terwujud dengan platform blockchain di PermataBank,” ia menuturkan.

UTSG merupakan salah satu anak perusahaan SIG dengan lini bisnis utama pertambangan batu kapur guna mendukung bisnis produksi semen SIG. Sejak tahun 1992, UTSG telah melewati berbagai tantangan dan selalu berkomitmen untuk pembangunan berkelanjutan dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai pelanggan. “Sebagai perusahaan yang berfokus pada penyedia layanan solusi bisnis pertambangan quarry regional terkemuka di tingkat Asia Tenggara, kami sangat terbantu dengan adanya bantuan trade finance berteknologi blockchain dari PermataBank. Hal ini membuat model bisnis kami semakin dipermudah dalam transaksi keuangan dengan cepat dan transparan serta mengurangi risiko operasional perusahaan. Setiap detail transaksi juga tercatat di dalam jaringan dalam jangka waktu yang lama, fitur ini sangat membantu kami dalam mengontrol cash flow perusahaan,”  ujar Budi Wahyudarsono, Direktur UTSG.