Skip to main content

Channels

Resiliensi dan Inovasi Jadi Strategi Allianz Utama Indonesia untuk Survive

  • 17 Des 2022, 14:36 WIB
  • 20

Menjadi perusahaan asuransi dengan pengalaman selama 33 tahun membuat Allianz Utama menyusun langkah dan strategi untuk survive tanpa harus mengorbankan kualitas dengan terus beradaptasi dan menyikapi tantangan dan perubahan tren bisnis yang terjadi saat ini dengan mengembangkan sejumlah inisiatif kreatif untuk membuka peluang baru dalam bisnis asuransi.

“Kontraksi ekonomi yang sempat terjadi akibat pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi Allianz Utama. Kami  menyusun strategi agar tetap mampu memberikan yang terbaik bagi karyawan dan juga nasabah dengan terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” kata Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.

Pada bulan November 2022, Allianz Utama meresmikan Bengkel Metro 55 di daerah Jakarta Selatan sebagai anchor garage. Anchor garage adalah bengkel rekanan yang menjadi pilihan prioritas dari Allianz Utama untuk semua nasabah. Yang membedakan anchor garage dibandingkan bengkel rekanan pada umumnya adalah keunggulan pelayanan yang sangat menguntungkan nasabah. Nasabah dapat mengajukan klaim dengan cara datang ke bengkel atau menggunakan layanan antar jemput gratis se-Jabodetabek; antrian prioritas untuk nasabah Allianz Utama; serta pengawasan ketat pelayanan proses klaim, SLA, dan kualitas pengerjaan atas klaim yang diajukan oleh nasabah Allianz Utama.

Dari sisi inovasi produk, di tahun 2022 ini Allianz Utama juga meluncurkan asuransi properti Simple Home Protection. Asuransi terbaru dari Allianz ini dapat memberikan perlindungan maksimal untuk rumah tinggal yang bisa dibeli oleh semua nasabah yang memiliki rumah, baik yang sudah mempunyai polis asuransi rumah tinggal maupun yang belum, dan menawarkan manfaat lebih selain dari pergantian nilai kerugian, melalui santunan ketidaknyamanan.  Produk lainnya adalah Allianz TravelPRO (asuransi perjalanan), Allianz Global Assistance (jaminan rawar inap), Allianz RumahKu Plus (perlindungan terhadap risiko-risiko seperti kebakaran, pencurian, kerusakan harta benda, dan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, letusan gunung berapi, dan tsunami), Allianz UsahaKu (perlindungan bisnis dari berbagai risiko), dan Allianz MobilKu (asuransi kendaraan).

Dari sisi pencapaian, sampai dengan bulan November 2022, Allianz Utama mencatatkan Gross Written Premium (GWP) sebesar Rp 628,71 miliar. Dua lini bisnis memberikan kontribusi yang cukup tinggi, yaitu asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) sebesar Rp 210,82 miliar dan asuransi properti sebesar Rp 195,07 miliar. Sementara itu, sampai dengan bulan November 2022, Allianz Utama telah membayarkan klaim sebesar Rp 207,25 miliar.. “Hasil yang kami capai sepanjang tahun ini tentu saja tidak lepas dari kerja keras seluruh karyawan kami. Meskipun tantangan pasca pandemi belum usai, kami tetap resilient untuk mencapai tujuan kami, yaitu memberikan perlindungan asuransi ke lebih banyak orang di Indonesia. Hal ini kami lakukan dengan cara mengembangkan portfolio produk, memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan untuk berpartisipasi dalam beragam pelatihan dan pengembangan kompetensi, serta terus melakukan inovasi yang berkesinambungan,” ujar Sunadi.

Terbaru