Skip to main content

Channels

Saatnya Pelatih Merasakan Pengalaman Penuh di Pokémon Festival Jakarta

  • 09 Des 2022, 15:11 WIB
  • 0
Pokemon Go Festival Jakarta (Foto: IG Sandiaga Uno)

Para penggemar dan pemain Pokémon Go yang penuh antusias menyambut peluncuran  versi Bahasa Indonesia pada 30 November 2022 lalu, kini semakin bersemangat dengan diadakannya Pokémon Festival Jakarta. Pasalnya, Pokémon Go berpartisipasi di Festival Pokémon terbesar di Indonesia tersebut.

Kehadiran Pokémon Go membuat para pemain yang biasa disebut sebagai pelatih itu mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi, beraksi di Pokémon Festival Jakarta. Festival ini berlangsung pada 8 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023 di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Dalam festival ini, Pokémon Go menyediakan berbagai kesempatan dan keuntungan khusus melalui beragam aktivitas. Selain dapat mengikuti berbagai aktivitas lapangan spesial, para Pelatih yang mengunjungi lokasi acara juga akan mendapatkan beberapa bonus dalam game.

Pokémon Go adalah aplikasi permainan berbasis lokasi untuk ponsel pintar yang dikembangkan bersama Niantic dan The Pokémon Company. Aplikasi ini diluncurkan pertama kali pada tahun2016. Sejak itu menjadi salah satu permainan mobile berbasis lokasi dengan teknologi AR (Augmented Reality) paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Permainan ini menghubungkan aspek virtual dalam game dengan dunia nyata. Misalnya dalam permainan menangkap salah satu tokoh Pokémon; Pikachu, para pelatih dituntut untuk mencari keberadaannya di lokasi yang sesungguhnya.

Di sinilah letak keistimewaan permainan Pokémon Go dengan teknologi AR yang digunakannya. Tidak cukup dengan mengamati layar ponsel pintar dan terpaku di satu tempat, para pelatih harus bergerak ke berbagai lokasi untuk mendapatkan lebih banyak karakter Pokémon. Para Pelatih dapat mendeteksi dan melihat keberadaan karakter-karakter di lokasi sekitarnya melalui layar ponsel pintar. Merasakan pengalaman berada ‘dekat’ dengan karakter-karakter Pokémon tersebut tentu saja memberikan sensasi tersendiri bagi para pelatih. Hal ini membuat para pelatih termotivasi untuk terus bergerak dan melakukan eksplorasi.

Sebagaimana disampaikan oleh Omar Tellez, Vice President of Emerging Markets dari Niantic Inc., Pokémon Go mewakili misi Niantic Inc, dalam mendorong orang untuk keluar rumah, bereksplorasi, berolahraga, menjalin hubungan, dan berinteraksi dengan orang lain. Pokémon Go juga dapat memberikan waktu berkualitas bersama keluarga karena permainan ini dapat dimainkan oleh seluruh anggota keluarga. “Pokémon Festival Jakarta memungkinkan para pelatih untuk mendapatkan itu semua bersama keluarga maupun komunitas, di special in-game event dengan Pokémon Go,” ujar Omar.

Rangkaian kegiatan Pokémon Festival Jakarta akan dimulai dengan special in-game event dengan Pokémon Go untuk merayakan dirilisnya Pokémon Go dalam Bahasa Indonesia. Selama kegiatan ini, akan muncul lebih banyak Pikachu di 4 area Pantai Indah Kapuk. Para pelatih dapat melakukan aktivitas Putar Disk Foto di PokéStop untuk mendapatkan Penelitian Lapangan Spesial dan menyelesaikannya untuk bertemu dengan Pokémon spesial.

Akan ada juga bonus-bonus lainnya yang aktif di PIK, termasuk Catch XP ×3, Jarak Penetasan ×1/2 untuk telur, dan kesempatan untuk mengumpulkan Stiker spesial in-game dengan memutar Disk Foto di PokéStop. Ditambah lagi, pada hari Sabtu, 10 Desember 2022, para Pelatih Pokémon Go dapat menikmati pertarungan PVP (Player vs. Player) di lokasi bersama komunitas Pokémon Go.

Omar menyebut, Pokémon Go adalah permainan yang aman bagi segala usia karena dirancang sedemikian rupa agar menghindari tindakan maupun istilah yang berkonotasi agresif. Selain itu pihak pengembang selalu mendorong para pelatih untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan mengikuti panduan dari otoritas kesehatan setempat saat bermain Pokémon Go.

Swa.co.id

Terbaru