Skip to main content

Channels

Web 3.0, Metaverse hingga NFT Teknologi Masa Depan untuk Ekosistem Bisnis

  • 02 Des 2022, 09:34 WIB
  • 20
Wafa Taftazani saat Menyampaikan tentang Web 3.0 (Foto:Audrey/SWA)

SWA Media Group dan Mars Indonesia Digital kembali menggelar ajang penghargaan Indonesia Best Brand (IBBA) 2022. Perhelatan tahunan Indonesia Best Brand Award ini sudah dilakukan selama 20 tahun berturut-turut, sebagai apresiasi terhadap merek-merek terbaik di Tanah Air yang menjadi tolak ukur kinerja di Indonesia.

Acara puncak penghargaan IBBA 2022 yang diselenggarakan secara hybrid, yakni offline di Hotel Shangri-La Jakarta dan online melalui Zoom pada Rabu, 30 November 2022, dimulai dengan Webinar Indonesia Best Brand Conference & Awarding bertema ‘New Marketing Paradigm: Managing Multiple Challenges Towards Sustainable Business’. Acara ini menghadirkan tiga sosok pembicara, yaitu Wafa Taftazani, CEO Upbanx, Chairman VCGamers, dan Direktur RANS Venture. Lalu, Gupta Sitorus, Chief Sales & Marketing Officer WIR Group serta Ferry Haryanto, Direktur Pemasaran Garuda Food untuk membagikan kunci suksesnya dalam memasarkan produk.

Wafa Taftazani, CEO Upbanx, Chairman VCGamers dan Direktur RANS Venture, sebagai salah satu pembicara menyampaikan bahwa dalam dunia teknologi, selain metaverse yang terus digaungkan, web3 atau Web 3.0 juga semakin sering digunakan. Web 3.0 merupakan bentuk kelanjutan dari Web 2.0 dimana tempat pertukaran data tidak memerlukan proses verifikasi dari otoritas sentral pertukaran informasi bersifat segala arah dan transparan. Semua berbasis dengan blockchain yang tidak bisa dipalsukan dan dibobol hacker. Sementara Metaverse menggabungkan semua konsep Web 3.0 hingga NFT dalam lingkungan virtual. Untuk mengakses dunia virtual ini biasanya dibutuhkan perangkat virtual reality.

“Dunia virtual seperti ini akan menggantikan teknologi dalam 5 hingga sampai 10 tahun ke depan. Web 3 dan metaverse tidak bisa terpisahkan dari dunia marketing, pada dasarnya prinsipnya yang dilakukan sama dengan teknologi sebelumnya. Semua ini sedang berkembang dan kita masih belajar tentang perubahan ini. Tetapi ini akan bisa berkontribusi besar pada perekonomian Indonesia ke depannya,” ujarnya saat menjadi pembicara di IBBA 2022, 30/11/2022.

Salah satu bentuk teknologi ini dapat menyumbang angka dalam pertumbuhan ekonomi nantinya. Dengan menggunakan Web 3.0 hingga NFT tentunya akan membutuhkan banyak tenaga kerja sehingga dalam pengembangannya akan bisa menciptakan peluang kerja.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Terbaru