Skip to main content

Channels

Novita: Memosisikan Diri sebagai Helicopter View Perusahaan dan Konsumen

  • 16 Des 2022, 21:22 WIB
  • 0
Novita, AVP of Key Account Trade Partnership.

Di usia 34 tahun, Novita sudah memiliki deretan pengalaman kerja yang panjang. Berkarier pertama kali di Kompas-Gramedia Group tahun 2007, sampai sekarang dia telah menjalani pekerjaan di enam perusahaan. Sejak 2015 dia menjadi seorang profesional di Bibli.com, dan posisinya saat ini adalah AVP of Key Account Trade Partnership.

Dengan tipikalnya yang sangat proaktif, dia banyak terlibat di berbagai kegiatan atau project di perusahaan. Bahkan, ketika masih kuliah, dia juga bekerja di beberapa tempat.

Di Blibli, Novita bertanggung jawab untuk menjalin kemitraan dengan pihak lain. Menurutnya, solusi yang bisa diberikan Blibli kepada brand partner adalah komitmen. Yakni, bagaimana perusahaannya bisa membangun hubungan jangka panjang dengan brand.

“Kami menawarkan 360 solution, di mana kami dapat membantu mereka me-manage daily operation, inventory, membantu campaign, melakukan activation, customer engagement, promote media channel, dan memberikan insightfull report,” mantan Head of Brand Activation Specialist PT Transvision (Trans Corp) ini menerangkan.

 “Saya memosisikan diri sebagai helicopter view perusahaan dan konsumen. Dalam program yang saya jalankan, saya harus duduk di dua posisi, yakni konsumen dan perusahaan. Selain itu, saya juga mengambil banyak project dan responsibility, baik di departemen saya ataupun cross department untuk menambah ilmu,” Novita menuturkan. Begitulah cara dia mengasah kemampuan leadership-nya.

Baginya, seorang pemimpin memang harus memiliki keterampilan, kompetensi, dan pengetahuan. Namun, ada yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang, yakni karakter dan behavior skills. “Saya selalu berinovasi dan melakukan action untuk mengembangkan visi saya. Visi tersebut tidak hanya being agile, tetapi juga doing agile,” dia menegaskan.

Novita mengaku selalu mengambil inisiatif dalam setiap project, baik proyek yang menjadi tanggung jawabnya maupun lintas departemen. “Secara inisiatif, saya bisa set direction-nya, sehingga kami bisa memiliki target serta time frame yang sama, sehingga bisa mencapai target yang dipahami bersama,” kata lulusan London School of Public Relations ini.

Di perusahaan, menurut Novita, dia bisa memberdayakan tim dan memberikan inspirasi. “Saya juga memiliki networking yang bagus, karena saya sempat bekerja di beberapa media besar.

Selain itu, di tempat kerja sebelumnya, saya sudah terbiasa untuk bekerjasama dengan berbagai macam partner nasional maupun internasional,” ungkapnya. Dengan begitu, dia pun jadi percaya diri serta bisa membawa diri dalam meng-encourage dan berinteraksi dengan orang-orang di dalam tim dan sekitarnya.

Dia juga mencoba menjadi pendengar yang baik. Dia selalu melakukan selebrasi dan memberikan selamat kepada anggota timnya di depan publik ketika mereka bisa mencapai sesuatu. Itu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Untuk menambah skill, Novita mengambil kursus, seperti tech management and leadership skill. Dari segi gaya berkomunikasi, dia menggunakan komunikasi terbuka dan dua arah. Hal tersebut dilakukan agar lebih dekat dengan anggota timnya.

Dalam berkomunikasi pun, dia tak hanya bertanya tentang pekerjaan, tetapi juga hal-hal personal. Tidak hanya itu, untuk menambah skill, wanita yang pernah bekerja di Telkomvision ini juga mengikuti komunitas dan webinar.

Menurutnya, pengalaman juga merupakan hal yang penting untuk menambah knowledge. Namun, tidak harus belajar dari pengalaman dirinya sendiri, tetapi juga pengalaman orang lain.

“Pengalaman yang dipelajari tersebut nantinya bisa memberikan hasil yang terbaik. Saya merasa bahwa saya tidak boleh puas di satu titik, karena di atas langit masih ada langit. Saya harus terus tambah kapasitas saya sebagai leader,” dia menandaskan.

Prestasi yang diraih Novita selama di Bibli: official store dalam satu tahun mengalami kenaikan 3,5 kali lipat, Gross Merchandise Value (GMV) naik tiga kali lipat, order naik 2,6 kali lipat, dan new costumer meningkat 2,5 kali lipat. Selain itu, di tahun 2016, dia berhasil membawa Bibli.com bekerjasama dengan International Indonesia Motor Show, Badminton, Disney, dll.

Selanjutnya, pada 2019, mendapatkan award dari Gojek sebagai 1st Winner Partnership Gojek x Blibli Travel. Tahun 2021, dia mendapatkan promosi AVP level. Di tahun 2022, meraih penghargan top performance trade partnership, menjadi salah satu Blibli star candidate, dan mendapatkan penawaran scholarship, upgrade skill, dll.

Ke depan, dia ingin menjadi chief executive officer (CEO) atau C level dan bisa lebih masuk lagi ke dalam operasional perusahaan, seperti finance, legal, dan seluruh aspek yang ada di Blibli. “Saya juga ingin menjadi good person bagi masyarakat,” ujar Novita tandas. (*)

Terbaru