SWA Publishing

 

LEAD BY HEART

Nilai seorang pemimpin bisnis, kerapkali direduksi jadi besar-besaran kuantitatif; volume penjualan serta laba. Dan siapa mampu meningkatkan performa, dia adalah Hero.

Itu memang tidak keliru. Hanya kurang komprehensif. Pencapaian kuantitatif akan digusur pencapaian baru sehingga seorang hero seakan jadi pencundang manakala dikalahkan hero yang lain. Di sisi lain, perusahaan semakin dituntut bukan sekedar memaksimalkan laba, tapi juga peduli lingkungan dan sosial.

Alhasil, nilai seorang pemimpin, sejatinya terletak pada kemampuannya membawa organisasi serta orang-orang yang dipimpinnya memberikan sebesar-besarnya manfaat, tidak hanya bagi pemegang saham, tapi juga bagi masyarakat, lingkungan, bahkan bangsa dan negara.

Lead by Heart adalah rekam jejak seorang Michael D. Ruslim, CEO Astra 2005-2010 dalam mengemban peran-peran kepemimpinannya. Berpegang pada filosofi Astra (Catur Dharma), Michael tidak hanya mencetak prestasi kuantitatif, tapi juga menyeimbangkan dengan kinerja sosial dan lingkungan. Lewat program SATU Indonesia, dia bahkan menggelorakan semangat nation and character buiding, sesuatu yang seringkali tak menjadi agenda seorang CEO. Bahkan tak terpikirkan sama sekali.

Martin Luther King, pernah mengatakan, “Jika seseorang terpanggil menjadi tukang sapu, dia seharusnya menyapu seperti Michaelangelo melukis, seperti Beethoven menuliskan komposisi musiknya, atau Shakespeare menuliskan puisinya. Dia menyapu begitu baik, sehingga semua penghuni surga dan bumi berhenti sejenak untuk berkata, ‘Di sini telah hidung seorang penyapu jalan yang hebat, yang begitu baik melakukan pekerjaannya’.”

Membaca buku ini akan membuat kita berhenti sejenak untuk merenung: sejauh mana kita telah memainkan peran masing-masing dengan sebaik-baiknya.

Michael telah melakukan peran kepemimpinannya yang luas dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Di atas itu semua, dia melakukannya dengan hati (heart), bukan kuasa.

ISBN : 983-43008-0-8

 

Kehidupan, Semangat, dan Kearifan WILLIAM SOERYADJAYA

Sesungguhnya manusia dikaruniai kebebasan ketika menghadapi persoalan: menutup mata berpura-pura tak mengetahui, mendiamkan seraya berharap persoalan selesai dengan sendirinya, melarikan diri, atau menghadapinya dengan penuh tanggung jawab.

William Soeryadjaya adalah tipe yang terakhir; Manakala Prahara bisnis mengempasnya, lelaki yang menjadi yatim piatu sejak usia 12 tahun ini lebih memilih untuk tidak menghancuran Astra yang dia lahirkan serta besarkan, sekaligu tidak merugikan pemegang saham minoritas. Dia memilih melepaskan harta demi memenuhi kewajiban dan tidak mencederai hak-hak orang lain.

Secara bisnis, William memang jatuh, rebah menempel bumi. Namun sejarah menyaksikan dan mencatat segenap tindakannya dengan tinta emas. William menunaikan apa yang disebutnya sebagai noblesse oblige-nya.

Man of Honor adalah kisah kehidupan, spirit dan kearifan seorang humanis, pebisnis, industrialis, dan nasionalis bernama William Soeryadjaya. Buku ini mengungkapkan value dan belief seorang entreprenuer yang membangun bisnis dengan penuh etika dan meletakkan kehormatan diri serta keluarga di atas segalanya. Dengan membacanya, kita memetik keteladan dari seseorang yang berdiri tegak di atas nilai serta prinsip yang dianutnya demi keinginan yang selalu dipegangnya: menjadi berkat bagi sesama.

ISBN : 978-979-22-9097-4

 

Dari Nol menjadi Mall

Merupakan kisah inspiratif dari seorang anak jebolan kelas 5 SD di Purwokerto yang menjadi yatim sejak usia 8 tahun, berhasil membangun group perusahaan yang menaungi jaringan bisnis mall dan puluhan perusahaan lain. Dan lebih dari itu Buntoro berhasil mempersatukan 7 bersaudarIa kandungnya untuk bersama-sama membesarkan Rita Group.

ISBN : 978-623-93077-3-8

 

Jurus menjadi Wanita hebat di dunia bisnis

Karir, Bisnis, atau Keluarga?
Itulah pertanyaan klise yang kerap menganggu tidur dkalangan wanita karier di dunia bisnis-khususnya bagi yang sudah berkeluarga -, entah itu sebagai pengusaha atau eksekutif.

Tak semua sanggup menjawab pertanyaan tersebut dengan cantik dan elegan. Tak sedikit dari mereka mengorbankan salah satu diantaranya.

Tentu, ini bukan perkara benar atau salah lantaran setiap wanita menghadapi situasi dan kondisi berbeda satu sama lain. Pada kenyataannya, memang tidak mudah menjawabnya. Mengapa?

Sepanjang majalah SWA melakukan liputan rutin kehidupan wanita karier di dunia bisnis, setidaknya ada empat dimensi yang melingkupi mereka: keluarga, bisnis, sosial serta dirinya sendiri sebagai individu yang unik. Dan suka atau tidak, mereka dituntut melakukan empat pergeseran dengan baik sewaktu memainkan peran di tiap dimensi kehidupannya. Bahkan ketika harus menjalankan kodrat, seperti hamil ataupun menyusui, mereka diharapkan tetap berkinerja baik oleh lingkungan serta organisasinya. Leadership-nya begitu dibutuhkan dengan luwes tanpa kehilangan ketegasan dan sentuhan femininitasnya.

Tapi menariknya, tak sedikit yang bisa menjawab pertanyaan di atas dengan hasil hebat; karier cemerlang, bisnis berkembang, keluarga pun harmonis. Tak sedikit pula yang bisa melebarkan kapasitas dirinya untuk turut berkontribusi dalam aneka kegiatan sosial.

Jadi, apa sih jurus mereka?
Silahkan simak didalamnya! Membaca buku ini membuat kita paham bagaimana menjadi wanita hebat di dunia bisnis tanpa kehilangan jati diri dan kodratnya.

ISBN : 978-602-72364-3-1

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

Buku Four Shift

Shopee :

Buku Four Shift

Blibli :

Buku Four Shift

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

Perjalanan Perempuan Hebat Menjadi Impactful Leader

Buku yang tengah Anda baca ini adalah seri kedua dari Women Leadership Series yang diterbitkan SWA Publishing. Tak seperti seri pertama (Four Shift, 2017) yang menyoroti bagaimana kalangan perempuan pemimpin menjalankan perannya dan bergeser dari satu peran ke peran lainnya secara maksimal, pada buku ini (Lead to the Top), fokusnya adalah pada hal berikut: bagaimana perjalanan serta gaya mereka memimpin hingga ke puncak? Lantas, apa dampak yang berupaya mereka hasilkan?

Seperti buku seri pertama, para enteprenuer serta eksekutif berprestasi yang di tampilkan dalam buku ini datang dari beragam latar belakang. Kesamaan mereka adalah berupaya menjadi pemimpin yang memberi dampak positif pada tiga hal berikut: (1) membawa organisasinya berkembang; (2) menumbuhkan orang-orang terbai, melahirkan calon-calon pemimpin dalam organisasinya; (3) memenuhi kepentingan stakeholders-nya, termasuk keberlanjutan lingkungan dan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).

Buku ini bukanlah semata parade profil perempuan berprestasi yang telah memberikan dampak bagi stakeholders-nya. Ada tiga poin menarik yang mencuat dari perjalanan mereka sebagai benang merahnya. Pertama, pentingnya faktor lingkungan keluarga dalam mendukung langkah mereka sehingga mereka tumbuh menjadi wanita pemimpin. Kedua, di level organisasi, munculnya para pemimpin ini dimungkinan karena organisasi tempat mereka tumbuh berkembang, sangat memperhatikan performa individu, bukan melihat gender. Yang ketiga, di level individu sendiri, para wanita pemimpin ini punya tipikal yang relatif sama: stay hungry, stay foolish. Mereka tak pernah berhenti merasa “lapar” untuk menyerap pengetahuan baru, dan berupaya untuk tidak merasa “kenyang” dengan pencapaian yang ada karena menganggap dirinya masih perlu banyak belajar.

Itulah beberapa refleksi yang selayaknya menjadi renungan kita semua, termasuk orang tua dan para leader. Dan dengan segala kelebihannya, kita patut untuk terus mendorong lahirnya pemimpin-pemimpin perempuan guna mendorong roda perekonomian nasional.

ISBN 978-623-93077-0-7

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

Buku Woman Lead to the Top

Shopee :

Buku Woman Lead to the Top

Blibli :

Buku Woman Lead to the Top

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

Dua tahun terakhir, ada yang menarik saat bicara dunia kepemimpinan, yakni: relasi para pemimpin dengan Covid-19. Mengapa?
Covid-19 mengubah semuanya. Termasuk bagi pemimpin bisnis. Di luar leadership task tradisional, yakni creating value, growth, dan sustainability, tugas para pemimpin (wanita atau pria) tidak lagi sama setelah virus corona datang. Mereka harus mampu mengatasi pukulan ganda: krisis kesehatan yang bukan hanya menghantam sendi-sendi bisnis, tapi juga mengganggu kesehatan fisik dan mental karyawan.
Menghadapi hal ini, pemimpin harus bermain di dua kaki: menyelamatkan kesehatan dan keselamatan karyawan, seraya mempertahankan produktivitas serta kinerja bisnis. Bahkan sang pemimpin itu sendiri menghadapi pertanyaan manusiawi: bisakah saya tak terkena Covid-19? Bagaimana kalau terkena?
Ini sangat manusiawi karena mereka manusia biasa. Mereka memiliki keluarga, sahabat, dan kerabat. Terlebih, tak ada satupun manusia, termasuk para pemimpin hebat, yang sudah dilatih menghadapi pandemi semacam ini.
Maka, pertanyaan kemudian yang mengusik adalah: Bagaimana gaya para pemimpin menghadapi itu semua?
Sungguh, dua tahun pandemi telah membawa satu pelajaran penting, yakni tumbuhnya gaya compassionate leadership, kaum hawa diasumsikan cenderung bukan hanya memiliki kadar sikap simpati dan empati lebih banyak, tapi juga sifat compassion yang lebih berlimpah dibandingkan kaum adam.
Berangkat dari hal itu, SWA Publishing meluncurkan buku ini sebagai bagian dari Woman Leadership Book Series yang rutin diterbitkan untuk melihat bagaimana kiprah para wanita pemimpin di Indonesia.
Inilah kisah 14 Srikandi Bisnis di Tanah Air yang lead by compassion di tengah pandemi.

ISBN: 978-623-93077-5-2

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

Buku Woman (Lead with Compassion)

Shopee :

Buku Woman (Lead with Compassion)

Blibli :

Buku Woman (Lead with Compassion)

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

Memahami Learning Value Chain di Perusahaan-perusahaan Terkemuka di Indonesia

Konsep Corporate University (Corpu) di Indonesia baru populer sekitar pertengahan tahun 2000-an. Seperti ditulis dalam buku Indonesia’s Best Practice of Corporate University, konsep ini makin populer setelah diadopsi Citibank Indonesia, Telkom, PLN dan Pertamina yang telah menjadi early adopter. Perusahaan lainnya yang ikut mengadopsi konsep ini ada Bank BNI, Bank Mandiri, United Tractors, Trakindo Utama, dan Unilever Indonesia.

Berbeda dari konsep pendidikan dan latihan, corpu mengacu pada program pengembangan SDM secara terarah dan sistematis, serta terkait dengan pencapaian visi-misi dan strategi suatu lembaga. Corpu lebih pada aktivitas business solution.

Buku Indonesia’s Best Practice of Corporate University ini memberikan gambaran luas tentang konsep corpu di Indonesia. dari buku ini pembaca melihat bagaimana komitmen perusahaan-perusahaan di Indonesia mengembangkan corpu sebagai wujud dari kepedulian mereka bahwa karyawan merupakan tulang punggung perusahaan.

ISBN : 978-602-72364-8-6

 

What You Should Know About CORPORATE UNIVERSITY

Mengapa Buku Ini Hadir?
Kita saat ini hidup di era yang sarat dengan ketidakmenentuan (yang diistilahkan VUCA) yang dibumbui fenomena disrupsi teknologi. Dengan lanskap seperti itu, perusahaan harus bisa berperilaku adaptif terhadap perubahan agar tidak tergilas perkembangan zaman. Karena itulah, menjadi organisasi pembelajar (learning organization) merupakan keharusan bagi seluruh organisasi perusahaan.
Dilingkungan perusahaan seperti ini, pembelajaran korporat (corporate learning) merupakan aktivitas penting, disamping urusan mengejar profit dan pertumbuhan bisnis. Dan, dewasa ini setidaknya sejumlah perusahaan terkemuka di Tanah Air telah menyadari bahwa pendekatan corporate university dipandang paling tepat untuk menyelaraskan aktivitas corporate learning buat pengembangan kapabilitas SDM dengan pencapaian tujuan strategis bisnis.
Hanya saja, sejauh ini memang belum banyak buku atau referensi yang membahas isu-isu penting mengenai praktik corporate learning dengan nuansa lokal. Apalagi yang spesifik menyangkut corporate university.
Apa yang bisa didapatkan pembaca?
1.Buku ini menyediakan wawasan dan pengetahuan yang cukup kaya tentang berbagai isu penting terkait pembelajaran korporat.
2.Buku ini menawarkan perspektif yang strategis sekaligus holistik.
3.Buku ini menyediakan pembahasan tentang corporate learning dan corporate university dengan muatan lokal.
4.Pembaca bisa mendapatkan materi how to berupa cara-cara praktis dari para pakar di berbagai isu.
ISBN: 978-602-72364-8-6

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

What You Should Know About CORPORATE UNIVERSITY

Shopee :

What You Should Know About CORPORATE UNIVERSITY

Blibli :

What You Should Know About CORPORATE UNIVERSITY

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

INI DIA MEREK-MEREK JUARA KEBANGGAAN INDONESIA; BERJAYA DI NEGERI SENDIRI PERKASA MENGUNGGULI MEREK ASING

Buku ini diterbitkan sebagai media berbagi para brand owners yang sukses mengorbitkan brand-nya, bahkan berada di posisi puncak dalam waktu yang panjang. Tentunya, banyak pengalaman berharga bisa di petik dari mereka. Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan terimakasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah berpartisipasi dan mendukung penerbitan buku yang sederhana ini, yakni PT Saka Farma Laboratories (Kalbe Divisin Health 2), PT Tang Mas, PT Santos Abadi Jaya, PT Bintang Toedjoe (Group KALBE), PT Hartono Istana Teknologi, PT Vitapharm, PT Mustika Ratu Tbk, PT So Good Food, PT Auto Serasi Raya (TRAC), PT Onda Mega Industri, PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals), Shafco (Shafira Corporation) Enterprise dan PT Ultra Sakti.

Kami menyadari masih banyak merek lain yang layak dipelajari keberhasilannya dalam memenangkan persaingan di pasar, baik di pasar negeri maupun di pasar global. Kami berharap, pada kesempatan lain, mereka bersedia bercerita dan berbagi pengalaman untuk memberikan inspirasi bagi para pelaku bisnis di Tanah Air untuk membesarkan merek atau bisnisnya. Sehingga, kedepan Indonesia memiliki merek-merek kuat yang makin banyak, yang tidak hanya tangguh di pasar domestik tapi juga di pasar global.

ISBN: 978-602-72364-1-7
Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

Tentang Perjalanan 11 Merek Legendaris di Indonesia

Branding yang tepat akan menghasilkan merek yang kuat, merek yang bisa bertahan dalam berbagai situasi, sukses menghadapi berbagai tantangan dari masa ke masa. Tidak hanya diukur dari umurnya yang panjang, brand yang kuat bahkan bisa diberi nilai tinggi yang setara dengan sejumlah nilai mata uang (brand value) yang bisa menempatkan perusahaan pemiliknya pada posisi tawar yang tinggi.

Buku ini bercerita tentang perjalanan 11 merek yang kuat (strong brand), menggambarkan praktik branding dan strategic brand management di 11 perusahaan tersebut, tentang lika-liku perusahaan menghadapi berbagai tantangan dalam membangun, mengelola, dan membesarkan brand masing-masing. Kisah mereka menunjukkan betapa kelincahan perusahaan dalam menghadapi dinamika pasar dan konsumen menjadi sangat penting dalam mencetak sebuah brand yang kuat.
Bank OCBC NISP—Terus #Melajujauh di Usia Delapan Puluh
Bintang Toedjoe—Bejo, Perjalanan Membara Si Jahe Merah
Bio Farma—Perjalanan Merek Penjaga Kehidupan
Campina Ice Cream—Dari Industri Rumahan Menjadi Perusahaan Publik
Danone Indonesia—One Planet One Health, Visi Danone untuk Kesehatan Bumi dan Manusia
Kereta Api Indonesia—Perjalanan KAI Menuju Solusi Ekosistem Transportasi
MY BABY Tempo Scan Group—36 Tahun Menjadi Merek Kepercayaan Ibu Cerdas Indonesia
Panasonic Gobel Indonesia—Rebranding Demi Visi Menjadi Global Brand
Sasa Inti—53 Tahun Perjalanan Sasa Melezatkan Rasa
Sharp Indonesia—50 Tahun Memahami Konsumen Indonesia
Telkomsel—25 Tahun Mengawal Transformasi Digital Indonesia

ISBN : 978-6239-3077-1-4

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

Brands Journey

Shopee :

Brands Journey

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

INDONESIA ORIGINAL BRAND; BERJAYA DI NEGERI SENDIRI PERKASA MENGUNGGULI MEREK ASING

Sejak 2009, majalah SWA telah melakukan survei dan meyelenggarakan ajang penghargaan Indonesia Original Brands seabagai penghargaan bagi mereka yang membangun merek asli Indonesia. Hasil survei ini kami tampilkan sebagai Sajian Utama majalah SWA. Kami telah bertekad untuk secara berkelanjutan menyelenggarakan survei dan memberikan penghargaan ini sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan merek asli Indonesia. Dengan adanya sigi tahunan ini, kita semua – tentunya termasuk pemilik brand – dapat membandingkan kinerja antar waktu brand mereka sehingga dapat terus-menerus berbenah menjadi yang terbaik.
Memiliki brand hebat seperti ini tentu saja merupakan kebanggaan kita semua. Agar kebanggaan tersebut dapat kita bagi bersama dan terekam dengan baik sehingga dapat menjadi warisan (heritage) kepada generasi penerus, maka catatan kecil ini kami terbitkan menjadi buku. Dalam bentuk buku, catatan kecil ini kami harapkan dapat hidup abadi.

Buku kecil ini kami harapkan dapat menjadi media untuk berbagi pengalaman, kiat, dan best practise sekaligus pemacu semangat bagi para praktisi bisnis Indonesia. Pentingnya peran buku ditegaskan lewat pernyataan Malcolm X (1925-1965), aktivis hak asasi manusia, “My alma mater was books, a good library. I could spend the rest of my life reading, just satisfying my curiosity.”

Karena buku yang membahas merek asli Indonesia ini belum pernah ada, maka mengikuti nasihat Toni Morrison yang menyatakan “If there’s a book that you want to read, but it hasn’t been written yet, then you must write it”, kami memberanikan diri menerbitkannya dan mempersembahkannya kepada kita semua.

ISBN: 978-602-72364-0-0

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

INDONESIA ORIGINAL BRAND

Shopee :

INDONESIA ORIGINAL BRAND

Blibli :

INDONESIA ORIGINAL BRAND

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

INDONESIA’S BEST PRACTICES OF CORPORATE SOCIAL INITIATIVE

Buku ini memuat teori dan konsep CSR yang powerful, yaitu yang berdampak signifikan kepada kehidupan para penerima manfaat, lingkungan hidup sekitarnya, sekaligus kepada bisnis perusahaan penyelenggaranya.

Program CSR yang powerful adalah yang menyatu dengan visi, misi, bahkan proses bisnis sehingga dampaknya bagi perusahaan tidak semata-mata kepada citra dan reputasi, melainkan juga kepada bisnisnya. Program CSR yang powerful dapat menjaga keberlanjutan program itu sendiri.

Konsep dan teori CSR dalam buku ini membingkai penyajian studi kasus CSR di 11 perusahaan terkemuka Indonesia, antara lain Indosat Ooredoo, Konimex, Medco Energy, Nestle Indonesia, Tetra Pak Indonesia, dan United Tractors.

ISBN : 978-602-72364-5-5

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

Corporate Social Initiative

Shopee :

Corporate Social Initiative

Blibli :

Corporate Social Initiative

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

INNO-VATIVE COMPANIES; PERJALANAN PERUSAHAAN-PERUSAHAAN INDONESIA MENCAPAI SUKSES BERBEKAL INOVASI

Sebelas perusahaan yang ditampilkan dalam buku ini dapat menumbuhkan bisnis mereka dan menjadi pemain terkemuka di bidang masing-masing berkat menjalankan praktik inovasi. Ada yang melakukan inovasi dalam hal produk, ada yang melakukannya dalam hal proses, dan ada pula yang mempraktikkannya dalam hal strategi (termasuk berinovasi dalam model bisnis). Tentu saja, ada dari mereka yang melakukan inovasi pada beberapa hal sekaligus.

Nama-nama mereka yang terpilih ini terutama diambil dari daftar Indonesia Most Creative Companies yang selama beberapa tahun terakhir dilakukan risetnya oleh Tim Riset SWA dan dilakukan konfirmasi lewat penilaian kritis Dewan Redakasi Majalah SWA.
ISBN: 978-602-72364-2-4

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

Inovative Companies

Shopee :

Inovative Companies

Blibli :

Inovative Companies

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

Buku COLLABORATIVE INNOVATION ini lahir dari sebuah kebutuhan untuk mendukung kemajuan kabupaten/kota kreatif di seluruh Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan salah satu program yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo, yakni ekonomi kreatif harus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia.

Ekonomi kreatif didefinisikan sebagai kegiatan yang menciptakan nilai tambah ekonomi melalui
penciptaan nilai berbasis pada ide yang lahir dari kreativitas manusia yang berbasis pada pemanfaatan potensi budaya lokal daerah tersebut (local genius). Ekonomi kreatif seyogyanya bisa tumbuh di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, bukan terpusat. Tak heran, jika setiap daerah wajib menggenjot potensi lokalnya dan memajukan industri kreatifnya.

Berbicara industri kreatif, Indonesia patut bangga karena memiliki budaya lokal yang sangat kaya dan bernilai tinggi. Apabila potensi ini dikembangkan dengan maksimal melalui proses yang benar, akan menghasilkan sustainable creative economy bagi Indonesia.

Selain membahas ekonomi dan kota kreatif, buku ini juga akan membahas tentang arsitektur, yang menjadi salah satu subsektor industri kreatif dari 16 subsektor yang dicanangkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Selain dapat mendukung 15 sub sektor lainnya, desain arsitektur yang ikonik dan mengangkat budaya lokal juga dapat menjadi identitas kabupaten/kota, bahkan menjadikannya sebagai daya tarik utama pariwisata, terutama bagi daerah yang potensi sumber daya alamnya minim.

Untuk semakin memahami prosesnya, buku ini menawarkan sebuah model ekosistem inovasi yang menjadi peta besar berjalannya proses inovasi industri kreatif pada kota kreatif di Indonesia dan arsitektur sebagai infrastruktur yang mendukung pengembangan industri kreatif.
Kunci dari berjalannya proses inovasi adalah adanya konektivitas, komunikasi, dan kolaborasi dalam suatu jejaring inovasi untuk menghasilkan kapabilitas dan kinerja inovasi.

Di dalam buku ini ditawarkan tentang studi kasus kota-kota yang berhasil memajukan daerahnya melalui Industri kreatif. Di akhir, buku ini memaparkan penerapan ekosistem industri kreatif pada kota kreatif dan dimensi dari masing-masing pelaku inovasi beserta indikator yang perlu dilakukan untuk memajukan kota kreatif melalui pertumbuhan potensi industri kreatif yang dimilikinya.

ISBN : 978-602-72364-7-9
Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

Jejak Peran dan Jurus Sukses Para Pemimpin dan Generasi Baru Perusahaan Keluarga

Sebuah adagium populer tentang perusahaan keluarga (family business) menyebutkan bahwa generasi pertama mendirikan generasi kedua membesarkan dan generasi ketiga menghancurkan. Benarkah demikian?

Kenyataan tak sedikit perusahaan keluarga yang mampu bertahan hingga beberapa generasi dan tetap sehat. Kondisi tersebut hanya akan tercapai bila suatu perusahaan keluarga memiliki generasi penerus (next gen) yang siap menerima tongkat estafet kepemimpinan.

Memiliki next gen dengan kesiapan dan kapabilitas kepemimpinan yang baik bukanlah urusan menunggu nasib. Ini adalah perkara proaktif, sekaligus memerlukan upaya kolaboratif dari segenap elemen penting di suatu perusahaan keluarga.

Lantas, apa hal-hal yang harus di perhatikan dan dilakukan oleh generasi pendahulu? Apa saja faktor yang harus disiapkan dan bisa di dayagunakan? Dan, apa pula jalur peran dan terobosan yang bisa ditempuh oleh para next gen untuk meningkatkan kapabilitas dan kredibilitas kepemimpinan?
Buku ini mencoba menjawab pertanyaaan-pertanyaan penting tersebut.

ISBN 978-602-72364-6-2

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

Next Gen Leader

Shopee :

Next Gen Leader

Blibli :

Next Gen Leader

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

Inspirasi Bisnis dan Nasihat Kepemimpinan dari Para Pebisnis Senior Panutan

‘The Thoughest Leadership Test”. Itulah sebutan konsultan global McKinsey & Co. Untuk situasi akibat pandemi Covid-19, dalam laporannya yang terbit pada 28 Mei 2020. Dalam konteks bisnis, tantangan utamanya adalah merosotnya aktivitas bisnis secara global, terutama akibat pembatasan aktivitas dan mobilitas orang demi meminimalkan penyebaran virus. Di sisi lain menurut laporan the World Economic Forum (WEF) pada 20 Oktober 2020, dunia juga tengah menghadapi tantangan disrupsi teknologi. Karena itu, WEF menyebutkan, sejak tahun 2020 kita menghadapi tantangan disrupsi ganda (double disruption).

Para pemimpin bisnis ditantang untuk menangani dampak disrupsi ganda ini, baik secara personal maupun profesional. Intinya, seperti saran McKinsey, para pemimpin diharapkan dapat membuat perbedaan positif pada kehidupan orang banyak.

Kabar baiknya, kita sesungguhnya memiliki satu pontensi kekayaan tak ternilai, yakni inspirasi dan nilai-nilai kearifan (wisdom) dari para pebisnis senior panutan; yang bisa menjadi bekal berharga bagi pemimpin bisnis ataupun pebisnis muda saat ini, untuk menghadapi tantangan krisis sekarang dan menyongsong masa depan.

Buku ini memuat inspirasi bisnis dan nasihat kepemimpinan dari hasil in-depth inteview dan reflective conversation dengan sembilan pebisnis senior panutan di Indonesia, yakni :
-Adi Watono (Dwi Sapta Group)
-Arfan Awaloedin (Awal Bros Group)
-Theodore P. Rahmat (Triputra Gorup)
-Shanti L. Poesposoejipto (Samudra Indonesia)
-Nurhayati Subakat (Paragon Technology and Innovation)
-Kuncoro Wibowo (Kawan Lama Group)
-Djoko Susanto (Alfa Group)
-Stanley S. Atmadja (Mandiri Utama Finance dan ASCO Group)
-George S. Tahija (ANJ Group)

ISBN 978-623-93077-4-5

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

Wisdom

Shopee :

Wisdom

Blibli :

Wisdom

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0819-0947-6503 (Putri)

 

Membedah Peran Social Enterprise dalam Membangun Ketahanan Pangan

Isu ketahanan pangan (food security) semakin menjadi perhatian masayrakat dunia. Terlebih setelah terjadi pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina. Setiap negara – terlebih yang tak memiliki sumber-sumber pangan yang memadai serta tidak punya keragaman diversifikasi pangan – dipaksa untuk terus memonitor kondisi ketahanan pangan nasionalnya.

Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya (kecukupan) pangan dan akses pangan untuk semua orang. Dengan demikian, ketahanan pangan, sejatinya adalah urusan setiap umat manusia. Bukan semata urusan negara dan kaum petani, atau mereka yang berada di lingkaran terdekat dengan sumber pangan, seperti lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan. Semua elemen masyarakat mesti terlibat, dibangun kesadarannya tentang isu besar ini, sekaligus memainkan peran sesuai fungsinya masing-masing.

Pada konteks ini, salah satu elemen yang diyakini sangat strategis dalam membangun ketahanan pangan nasional adalah social enterprise. Dengan sifat sosialnya yang tinggi dan ketekunannya dalam membangkitkan potensi lokal secara inklusif, social enterprise bisa turut berperan membangun pilar-pilar ketahanan pangan sehingga masyarakat memiliki kecukupan serta akses pada pangan secara mandiri dan memadai.

Berjudul “SOCIAL ENTERPRISE & FOOD SECURITY; Membedah Peran Social Enterprise dalam Membangun Ketahanan Pangan”, buku ini memberi tiga penekaan. Pertama, mengingatkan arti penting ketahanan pangan yang akan terus mewarnai kehidupan umat manusia, tak terkecuali kita di Indonesia. Kedua, peran social enterprise dalam membantu ketahanan pangan di Tanah Air, termasuk kemandirian pangan nasional. Ketiga, menunjukkan arti penting sekaligus jalan bagaimana menjadi sustainable social enterprise agar misi sosial – dalam konteks ini membantu ketahanan pangan – terus bisa dijalankan secara berkelanjutan.

Buku ini dihadirkan untuk mengupas peran social enterprise dalam membangun food security secara komprehensif. Terdiri dari 5 bab, buku ini memadukan antara aspek knowledge (pengetahuan) seputar ketahanan pangan dan social enterprise, berikut aspek practice (praktik) sejumlah social enterprise dalam membangun ketahanan pangan. Khususnya sejumlah perusahaan sosial yang telah menunjukkan diri mampu tumbuh secara berkelanjutan (sustainable). Di antara mereka adalah Javara, Bina Swadaya, Sabila Farm, TaniHub, dan Sambu Group. Dengan keunikannya masing-masing, mereka berupaya berkontribusi dalam ketahanan pangan nasional.

Penulis: Teguh Sri Pambudi & Kusnan M. Djawahir

ISBN: Masih dalam proses

Kertas: Cover Art Paper 260gr Doft
Isi Matte Paper 100gr

Ukuran: 15 cm x 23 cm

Jumlah Hal: 320 Halaman

 

Cerita Dan Pelajaran Dari Best Practices Transformasi Bisnis Di Indonesia

Di tengah kondisi ketidakpastian dan tantangan yang begitu dinamis, perusahaan yang bisa bertahan bukanlah perusahaan berskala besar, melainkan perusahaan yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis yang berubah. Disrupsi teknologi digital, persaingan yang kompetitif, pandemi hingga krisis ekonomi global merupakan faktor pendorong perusahaan untuk melakukan transformasi bisnis. Dengan kata lain, transformasi adalah “new normal” bagi perusahaan atau organisasi.
Hal tersebut tidak menjadi pengecualian bagi perusahaan yang masih sehat dan bertumbuh. Sebab transformasi menjadi bagian dari antisipasi atas segala kemungkinan yang tidak terduga di masa depan. Proses transformasi bukan sekadar jawaban reaksioner atas kondisi eksternal, tetapi perlu menjadi unsur intrinsik organisasi demi sustainability perusahaan di masa mendatang.
Transformasi bisnis merupakan inisiatif besar yang membutuhkan perubahan menyeluruh pada aspek fundamental dari perusahaan secara jangka panjang. Risiko kegagalannya pun besar, tetapi apabila perusahaan mampu mengorkestrasi berbagai elemen penting ke dalam satu keselarasan maka akan mencapai tujuan dan visi perusahaan.
Melalui riset dan in-depth interview dengan para pemimpin yang bertanggungjawab terhadap transformasi, buku ini menelusuri beragam praktik transformasi yang digelorakan sejumlah perusahaan di Indonesia dari berbagai sektor yang berbeda. Buku ini menekankan bahwa kesuksesan yang berkelanjutan dalam bisnis membutuhkan budaya transformasi, didukung dengan manusia yang berorientasi pada hasil serta berfokus pada penciptaan nilai-nilai baru.
Buku ini mencoba memotret kiat-kiat dari sembilan perusahaan terbaik di Tanah Air yang mencapai kesuksesan dengan bekal transformasi, yakni:
-Astra Agro Lestari
-Bank DKI
-Blue Bird Group
-Kereta Api Indonesia
-Nojorono Kudus
-Sintesa Group
-Telkomsel
-Triputra Group
-Universitas Bina Sarana Informatika (BSI)

Penulis: Jeihan Kahfi Barlian, dkk.

ISBN: Masih dalam proses

Kertas : Cover; Art Carton 260gr, Isi; Art Paper 80gr

Ukuran: 15 cm x 23 cm

Jumlah Hal: 250 Halaman

Kategori: Buku, SWA Publishing, Tag: Transformational Companies

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

Transformational Companies

Shopee :

Transformational Companies

Blibli :

Transformational Companies

Gramedia Digital :

Transformational Companies

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0856 7878 093 (Taufik) / 0812 5111 5565 (Riki)

 

JOURNEY TO BECOME STRONG BRANDS

Medan pertempuran boleh terus berubah, pendatang baru dan lama boleh hadir silih berganti, tapi tujuh brand ini siap siaga menghadapi berbagai perubahan dan tantangan dengan aksi yang relevan sehingga berhasil bertahan, bahkan menang.

Rejuvinasi, revitalisasi, hingga transformasi dilakukan untuk menghadapi berbagai perubahan di pasar. Namun satu hal yang tidak berubah yang menjadi modal kekuatan merek-merek ini adalah Ide Besar—atau ada juga yang menyebutnya sebagai brand DNA. Makin lama Ide Besar ini menempel pada brand, makin kuat dia menancap di benak khalayak sasaran, dan makin mudah target audiens mengingat dan me-recall brand tersebut, terutama pada saat mereka berada dalam posisi purchase decision making.

Biznet di Tengah Perkembangan Jasa Internet Sebagai Utilities
Perjalanan Mengukuhkan Eksistensi dan Citra Brand PT Link Net Tbk
Konsistensi Branding LSPR Sebagai Kampus Internasional
Merries, Sepuluh Tahun Merawat Kesehatan Bayi Indonesia
Transformasi Pos Indonesia Melalui Pospay
Perjalanan Rumah Zakat
Unibis, dari Medan Merebut Pasar Nasional

Penulis: Lis Hendriani dkk
ISBN: Masih dalam proses
Kertas: Cover; Art Carton 260gr, Isi; Matte Paper 100gr
Ukuran: 17cm x 25cm
Jumlah Halaman: 170 halaman
Kategori: Buku, Brand Journey, SWA Publishing, Tag: Journey To Become Strong Brands

Untuk mendapatkan buku ini, silahkan klik link dibawah ini :

Tokopedia :

JOURNEY TO BECOME STRONG BRANDS

Shopee :

JOURNEY TO BECOME STRONG BRANDS

Blibli :

JOURNEY TO BECOME STRONG BRANDS

Gramedia Digital :

JOURNEY TO BECOME STRONG BRANDS

Untuk pembelian langsung silahkan menghubungi 0856 7878 093 (Taufik) / 0812 5111 5565 (Riki)

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)