5 Jurus UMKM Maksimalkan Komunikasi Demi Kesuksesan Bisnis

Kegiatan usaha UMKM kain songket di Labuan Bajo, NTT (Foto: Eva/SWA)

Permasalahan ekonomi yang diakibatkan oleh Pandemi COVID-19 memberikan dampak negatif bagi para pelaku usaha di Tanah Air, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Demi bisa bertahan dan berpotensi ekspansi bisnisnya, pelaku UMKM harus mulai beradaptasi untuk mendigitalisasi bisnis mereka. Hal ini bukan hanya memanfaatkan pasar daring, maupun adaptasi dari segi pembayaran, namun juga cara berkomunikasi dengan pegawai yang lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki pernah mengatakan bahwa valuasi bisnis ekonomi digital Indonesia pada tahun 2025 diperkirakan bisa mencapai US$ 130 miliar (atau sekitar Rp. 1,8 triliun). Valuasi ini bisa tercapai dengan kontribusi pelaku UMKM sebagai salah satu penggerak sektor perekonomian Indonesia, karena sektor UMKM berkontribusi 60,34% dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2018.

Menyadari pentingnya digitalisasi UMKM, Joey Lim, VP Lark Commercial Asia, berpendapat bahwa dengan kebiasaan memanfaatkan platform komunikasi yang terintegrasi, maka pelaku UMKM pun akan mendapatkan manfaat dengan meningkatnya efisiensi dan produktivitas para pegawai. "Adanya pembatasan bepergian, pelaku usaha - termasuk UMKM diharuskan untuk bisa beradaptasi dan terbiasa dengan komunikasi jarak jauh, yang sebelumnya seringkali dilakukan melalui tatap muka. Teknologi dan produk komunikasi berbasis digital membantu kita untuk bisa tetap melakukan pekerjaan dengan lebih efisien dari segi waktu dan cost," ujarnya.

Menurutnya, Lark sebagai tool digital yang mampu mengintegrasikan berbagai fitur utama komunikasi dan kolaborasi tim memiliki 5 manfaat yang perlu diketahui oleh para pelaku UMKM agar kolaborasi tim bisa lebih efisien dan meningkatkan produktivitas.

Pertama, selalu terhubung tanpa hambatan dengan tim. Komunikasi yang dibangun secara terus menerus akan mempererat hubungan antar pegawai. Dengan interaksi fisik yang dibatasi seperti saat ini, fitur messenger atau chat menjadi sangat penting. Fitur messenger Lark di-desain sedemikian rupa untuk memaksimalkan komunikasi antar anggota dalam grup.

Satu grup di Lark bisa menampung sampai dengan 5.000 anggota - jadi apabila Anda sedang mempersiapkan ekspansi bisnis di kemudian hari, tidak perlu lagi membuat grup baru. Messenger di Lark juga diperlengkapi dengan fitur unlimited searchable chat history, jadi tidak perlu khawatir apabila Anda merupakan anggota baru dalam grup, tetap bisa mendapatkan informasi dari diskusi sebelumnya di grup tersebut.

Kedua, koordinasi tatap muka melalui layar perangkat teknologi. Saat ini, kebanyakan pelaku bisnis sudah mulai beradapatasi dengan menggunakan video call sebagai pengganti dari pertemuan fisik. Fitur video calling di Lark ini gratis, dan bisa menampung sampai dengan 100 peserta, tanpa dibatasi durasi. Jadi, diskusi soal pekerjaan bisa dilaksanakan tanpa batas dan bisa tetap berkomunikasi dengan lancar.

Ketiga, mempersiapkan rencana dan strategi pemasaran bersama meski tidak bertemu. Selain memanfaatkan pasar daring, pelaku UMKM juga diharapkan memiliki strategi bisnis - baik itu pemasaran, penjualan, atau konsep untuk produk baru - yang berkelanjutan untuk memastikan bisnis tetap bisa berjalan dengan lancar. Dengan fitur sharing docs yang dimiliki oleh Lark, penyusunan strategi bisnis maupun marketing bisa dilakukan bersama-sama secara real-time dan mudah! Terlebih lagi dengan penyimpanan cloud sampai dengan 200GB yang bisa dinikmati secara gratis.

Keempat, pastikan tidak ada pekerjaan yang terlewat dengan fitur kalender.
Disiplin soal waktu menjadi salah satu kebiasaan penting yang perlu dimiliki oleh setiap pengusaha. Agar tiap goal bisa tercapai tepat waktu, fitur kalender di Lark juga bisa berfungsi sebagai reminder. Pengguna bisa dengan mudah menentukan waktu deadline baik untuk diri sendiri, maupun tim. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk memastikan pekerjaan agar tidak ada yang terlewat.

Kelima, sinkronisasikan surat elektronik dengan mudah. Asosiasi Pengguna Jasa Internet tahun 2016 menyebutkan setidaknya ada 100 juta pengguna email di Indonesia. Hal ini menunjukkan surat elektronik masih menjadi komponen penting dalam komunikasi profesional. “Fitur Lark Mail ini baru saja diluncurkan awal Agustus 2020 yang lalu, sehingga bisa memudahkan koordinasi pekerjaan secara keseluruhan dalam satu platform - Lark. Pengguna juga dapat menautkan akun Gmail mereka dengan Lark untuk menikmati integrasi tanpa batas antara email, messenger, dan drive. Terlebih lagi, hadirnya fitur ini juga dilengkapi dengan kapasitas email sampai dengan 500GB tanpa dipungut biaya apapun,” jelasnya.

Joe menambahkan, setiap fitur yang Lark dirancang dengan satu tujuan, yakni memudahkan kolaborasi tim. Dengan kolaborasi dan komunikasi tim yang baik dan efisien, maka produktivitas juga akan meningkat - yang juga akan berdampak pada peningkatan pendapatan usaha dan bisnis.

www.swa.co.id

Tags:
Lark UMKM

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)