Aksi Hijau Memikat Gaya Sinarmas Land

Ada banyak cara untuk menyelamatkan lingkungan. Setiap individu, organisasi dan perusahaan, serta pemerintah punya caranya sendiri-sendiri. Pengembang Sinarmas Land mewujudkannya dengan membangun green building pada proyek Green Office Park seluas 28 hektar.

Menurut Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinarmas Land, mulai dari ide perencanaan, rancang bangun, konstruksi, sampai pengoperasian, kemudian pemilihan bahan, orientasi peletakan gedung, pengelolaan site semua disiapkan dari in-house Sinarmas Land.

“Kami menginternalisasi acuan-acuan konsep green ke dalam proses bisnis yang in-line tidak hanya untuk meraih sertifikasi tetapi akan terus dievaluasi sampai ke level perilaku orang di dalam gedung, seperti yang sederhana yaitu mematikan perangkat elektronik apabila tidak digunakan,” katanya.

Dia mengatakan, gerakan ramah lingkungan sudah menjadi gerakan bersama di seluruh lapisan masyarakat. Semuanya sadar sumber daya alam kian terbatas seiring bertambahnya jumlah penduduk. Sinarmas Land menggunakan perangkat yang mana parameternya telah diakui secara internasional, baik dari Green Building Council Indonesia atau juga Green Mark Singapore.

Dhony Rahajoe - Managing Director President Office Sinar mas land - Sajuta Dhony Rahajoe - Managing Director President Office Sinar mas land - Sajuta

“Prinsip bagaimana konservasi energi, penggunaan bahan baku lokal, orientasi bangunan terhadap matahari, juga pengelolaan air dan udara. Sehingga, menjadi gerakan yang masif untuk mengurangi emisi karbon dan efek rumah kaca,” katanya.

Dhony mengakui seperti PT Unilever Indonesia Tbk sudah tertarik dan membeli gedung dengan konsep green building. Kesadaran yang tinggi dari perusahaan multinasional akan menarik minat dari perusahaan domestik untuk ikut berkontribusi dalam proyek gedung dengan konsep hijau yang hemat energi. Masyarakat atau penyewa gedung juga kian nyaman dengan konsep hijau yang diterapkan perseroan.

“Ini adalah rangkaian komitmen kami yakni creating shared value. Ini sejalan dengan visi perusahaan yang menjadi tenant karena akan memperkuat branding produk mereka. Emisi karbon menurun dan masyarakat bisa menikmati kenyamanan dalam waktu lama,” ujar dia.

Selain Green Office Park, Sinarmas Land juga memiliki The Breeze yakni mal dengan konsep terbuka hijau di Serpong, Tangerang. Termasuk, pedestrian yang nyaman dengan kanopi yang mengelilingi seluruh area untuk merangsang orang berjalan kaki. Fasilitas lain seperti air mancur, taman tematik serta danau seluas 2,5 hektar disediakan untuk memanjakan pengunjung. (Reportase: Jeihan Kahfi Barlian)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)