Aksi Korporasi Yili untuk Mempercepat Pengembangan Susu Formula Kambing

Grup Yili merupakan perusahaan induk dari dua entitas di Indonesia, yakni PT Green Asia Food Indonesia dan PT Yili Indonesia Dairy (Foto: dok Grup Yili)

Inner Mongolia Yili Industrial Group Co., Ltd. (Yili), produsen susu terbesar di Asia, mengumumkan bahwa mereka membeli saham di perusahaan raksasa susu formula kambing Ausnutria Dairy Co. Ltd. (Ausnutria Dairy) dan menjadi pemegang saham terbesarnya. Ini menandai kesepakatan M&A terbesar di industri susu Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir.

Grup Yili merupakan perusahaan induk dari dua entitas di Indonesia, yakni PT Green Asia Food Indonesia dan PT Yili Indonesia Dairy. Kedua entitas bekerja sama dalam memproduksi dan mendistribusikan produk olahan susu, yaitu es krim Joyday di Indonesia.

Menurut pengumuman yang dibuat oleh Grup Yili, Yili akan bekerja sama dengan Ausnutria Dairy melalui Hong Kong Jingang Trade Holding Co., Ltd, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Yili, sebagai langkah pengembangan bisnis susu formula bayi dan produk nutrisi.

Seperti yang tertulis dalam pengumuman, Jingang akan mengakuisisi sejumlah 531 juta saham dari pemegang saham lain dengan harga HK$10,06 per saham, yang mewakili sekitar 30,89% dari total saham yang diterbitkan Ausnutria. Selain itu, Ausnutria juga akan menerbitkan 90 juta saham baru kepada Jingang dengan harga HK$10,06 per saham. Setelah kedua transaksi di atas berhasil diselesaikan, Jingang akan memiliki total 621 juta saham Ausnutria, atau 34,33% dari total saham yang beredar, menjadikan Yili sebagai pemegang saham tunggal terbesar di perusahaan tersebut.

Pan Gang, Komisaris Grup Yili mengatakan, kedua perusahaan memiliki banyak kesamaan, dan Yili pun menyepakati nilai-nilai, tata letak strategis, dan tim inti Ausnutria. Ke depannya, Yili akan menggunakan kekuatannya dalam hal ukuran perusahaan, pembangunan merek, saluran bisnis, dan rantai industri untuk memungkinkan pengembangan bisnis dan produk Ausnutria dalam jangka panjang. “Kerja sama ini diharapkan dapat membentuk sinergi dan membuka jalan baru dalam bidang susu bubuk, produk susu, dan makanan kesehatan lainnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis (01/11/2021).

Yan Weibin, Komisaris Ausnutria, mengatakan bahwa Yili adalah perusahaan Tiongkok pertama yang menjadi perusahaan unggulan di industri susu global. Bagi Ausnutria, investor strategis seperti Yili tidak hanya akan menciptakan sinergi di sepanjang rantai industri tetapi juga akan menyempurnakan Ausnutria dalam hal manajemen dan perencanaan strategis. Dia menekankan bahwa kerja sama strategis ini akan memiliki dampak besar pada kedua perusahaan dan akan mendorong perkembangan di industri susu dan nutrisi secara global.

Seperti dicatat oleh para analis, secara strategis, kemitraan antara kedua perusahaan ini akan menciptakan hasil yang saling menguntungkan. Di satu sisi, sebagai pemimpin produk susu yang mencakup semua kategori dengan rantai industri yang lengkap, Yili tidak tertandingi di Asia sebagai satu-satunya perusahaan Asia di Global Dairy Top 5, dan telah membuat terobosan ke dalam industri makanan sehat. Di sisi lain, Ausnutria Dairy adalah perusahaan internasional yang berkembang pesat yang menawarkan susu formula bayi dan produk nutrisi dan kesehatan lainnya, dengan merek susu kambing paling terkenal di dunia. Oleh karena itu, kedua perusahaan akan saling melengkapi dalam hal rantai pasokan, saluran bisnis, portofolio produk, dan kemitraan mereka untuk membentuk sinergi yang kuat.

Kemitraan ini akan memperkuat kepemimpinan Yili dalam susu formula dan memfasilitasi masuknya Yili ke pasar produk nutrisi. Dengan tingginya nilai dan tingkat pertumbuhan di sektor Formula bayi, Yili akan menjadikan sektor ini sebagai fokus dan memanfaatkan serta mengali potensi penuh untuk masa depan. Menurut data terbaru dari Nielson, pada Agustus 2021, perusahaan milik Yili, Seri Jinlingguan memimpin di antara semua merek sejenis dalam hal tingkat pertumbuhan semua saluran bisnis di pasar Tiongkok.

Sebagai salah satu pemimpin di pasar susu formula bayi, Ausnutria telah memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh susu kambing dan muncul sebagai perusahaan susu internasional yang produk-produknya mencakup susu formula bayi, produk nutrisi, dan kategori produk lainnya. Kabrita, merek susu formula kambing Ausnutria, telah menjadi produk unggulan di pasar susu formula bayi China. Menurut Nielson, Ausnutria telah memiliki pangsa pasar lebih dari 60% di pasar susu formula kambing impor China selama tiga tahun berturut-turut sejak 2018 dan menduduki puncak dunia dalam total penjualan susu formula kambing.

Didukung oleh kekuatan kompetitif Yili dan pengalaman yang kaya dalam manajemen di seluruh rantai industri susu, Ausnutria akan melihat dorongan kuat untuk pengembangannya dalam jangka panjang, dan Yili akan dapat mempercepat strateginya bergerak ke bisnis susu formula. Memulai kemitraan dari susu formula, khususnya susu formula berbasis susu kambing, kedua perusahaan akan berbagi kekuatan dalam pembelian, pemasaran, lokasi, dan R&D untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar masing-masing.

Sebagai pemain dalam sektor formula bayi, Ausnutria juga telah menetapkan tata letak yang komprehensif dalam produk nutrisi seperti suplemen makanan, probiotik, dan makanan untuk tujuan medis khusus, dan berkembang menjadi produk nutrisi kelas atas dan penyedia layanan kesehatan yang mencakup segala usia. Integrasi sumber daya yang optimal dari kedua belah pihak juga akan memfasilitasi masuknya Yili ke pasar produk nutrisi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)