Apindo: Investor Pilih Negara Lain  karena Daya Saing Kita Lemah

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anton Supit mengatakan industrialisasi kata kuncinya adalah daya saing, dan hanya itu yang akan mendatangkan investor dari dalam maupun luar. "Daya saing kita semuanya lemah," kata Anton saat ditemui di restoran Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu, 2 April 2016.pabrik cilegon IHI
Anton mencontohkan, misalnya, ada pihak yang ingin membangun pabrik elektronik di Indonesia. Namun begitu melihat kondisi di Indonesia, seperti pasar kerja, infrastruktur dan lain-lain, mungkin mengurungkan niatnya. "Mungkin pilih Vietnam," ujarnya.

Anton menambahkan, daya saing yang dimaksud, antara lain kondisi infrastruktur di Indonesia, pasar tenaga kerja, dan inovasi. "Di situlah titik lemah Indonesia, dan solusinya adalah harus ada keberpihakan anggaran jika memang ingin memajukan sektor industri."

Apindo meminta Presiden Joko Widodo untuk menentukan arah industri dalam negeri, dan yang paling penting untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan. "Di sinilah industrialisasi penting, bagaimana pendidikannya, perbankannya," ujarnya.

Masalah industrialisasi tak bisa dibebankan tanggung jawabnya kepada Menteri Perindustrian saja. "Ini menjadi tanggung jawab pemerintah secara keseluruhan," kata Anton.

Menurut Anton, pemerintah masih menjalankan business as usual, bukan melakukan tough reform. Ini mengakibatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia belum bisa maksimal.

Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)