Pabrik Perdana Asian Paints di Indonesia Sedot Investasi US$100 Juta

Di usia yang ke-75 tahun, Asian Paints membuka pabrik pertama di Indonesia. Langkah ini sebagai bagian kebijakan strategis produsen cat itu meluaskan pasar di Asia.

Perusahaan asing ini memiliki lebih dari 7.000 karyawan di seluruh dunia ini berinvestasi di Indonesia karena melihat industri cat dan properti yang tumbuh pesat. Kini, Asian Paints telah mewujudkan rencana investasi di Indonesia dengan meresmikan pabrik pertama yang menelan investasi US$ 100 juta.

KBS. Anand, CEO & Managing Director Asian Paints Group, menjelaskan peluang besar industri cat di Indonesia dan peran Indonesia yang sangat penting bagi Asian Paints Group untuk pertumbuhan ekonomidi masa depan.

"Indonesia adalah pasar utama bagi kami mengingat lanskap dan kompleksitas yang ditawarkan di negara yang beragam ini. Pasar telah menerima produk kami dengan sangat baik, dan kami pun didukung oleh para mitra distributor. Dukungan ini diperkuat oleh badan pemerintah seperti BKPM. Kabupaten Karawang pun telah memberi dukungan dan memungkinkan kami bergerak lebih cepat.” jelas Anand.

Anand berharap, ke depan Asian Paints dapat menempati posisi 3 besar perusahaan cat di Indonesia. Seiring dengan pencapaian ambisi tersebut, Asian Paints turut serta menjaga kelestarian lingkungan dalam memproduksi cat di beberapa pabrik, yakni dengan cara mengurangi konsumsi air tawar yang belum diproses, mengurangi limbah, meminimalisasi limbah berbahaya serta mengurangi konsumsi listrik. Lokasi pabrik terbaru Asia Paints di Indonesia berada di Kawasan Industri Surya Citra, Karawang, Jawa Barat.

Asian Paints merupakan perusahaan cat terbesar ke-3 di Asia dan perusahaan multinasional terbesar ke-10 yang memulai bisnis sejak tahun 1942. Pada 1967, Asian Paints menunjukkan kualitas dengan menjadi market leader untuk industri cat di India.

Selanjutnya, Asian Paints melebarkan sayap di tahun 2002 dengan mengakusisi perusahaan Berger International dan SCIB untuk meningkatkan ekspansi secara internasional. Sampai tahun 2017, Asian Paints memiliki pabrik yang tersebar di 16 negara.

Saat ini, Asian Paints telah memperluas pasar di 65 negara di seluruh dunia. Asian Paints juga telah menduduki peringkat ke-8 dalam daftar Majalah Forbes sebagai perusahaan terinovatif di dunia dan masuk deretan “Forbes Fab Companies 50”. Juga, dianugerahi penghargaan “The Sword of Honour” dari British Safety Council.

Pusat penelitian dan teknologi kelas dunia dalam bidang cat dibangun oleh Asian Paints. Salah satu yang terbesar di dunia, berbasis di Mumbai, India. Didukung oleh teknologi dan pengalaman selama 75 tahun, Asian Paints mampu menciptakan cat dengan kualitas dan harga terjangkau.

Visi Asian Paints ke depan adalah menjadi salah satu yang terhebat dalam bisnis home decor. Sejalan dengan strategi ini, Asian Paints memasuki pasar dapur modular, perlengkapan kamar mandi dan ruang sanitasi di India.

“Dengan jumlah pasar US$16,1 miliar, Asian Paints kini menjadi pemain dominan di kawasan Asia Selatan, Timur Tengah dan Asia Pasifik. Kami pun baru-baru ini merambah ke pasar Afrika dengan mengakuisisi 51% saham di Kadisco Paints Ethiopia,” jelas Anand.

Pada peresmian pabrik itu dihadiri K.B.S Anand (CEO & Managing Director Asian Paints Group), Manish Choksi (President Supply Chain, International Business & IT Asian Paints Group), I.K. Jaiswal (Vice President International Business & Chemicals Asian Paints Group) dan Rahul Bhatnagar (President Director of PT Asian Paints Indonesia).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)