Bank Mandiri Cari Mahasiswa Berprestasi

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk adalah kawah candradimuka pemimpin bisnis. Mereka tengah mencari bibit-bibit baru untuk menopang suksesi kepemimpinan. Jika tak dipersiapkan dari jauh-jauh hari, daya saing bisnis bisa terganggu. Bank pelat merah terbesar di Indonesia itu harus blusukan ke berbagai universitas ternama di Tanah Air untuk menawarkan program Mandiri Young Leaders. Mahasiswa yang merupakan generasi milenial diajak berkompetisi demi menumbuhkan ketertarikan kepada industri perbankan. Mereka akan diperkenalkan dengan sektor retail, wholesale, dan belajar tentang back office, risk group, operation.

“Kebanyakan, adalah mahasiswa semester 6 dan 7 yang terkadang masih berpikir ulang untuk masuk ke perbankan. Kami menawarkan program 13 tahun menjadi SVP (Senior Vice President),” kata Anita Widjaja, Head of Human Capital Development & Technology Bank Mandiri.

Dimulai dari level first manager. Setahun berikutnya manager, lalu first senior manager, dan senior manager. Kemudian, masuk ke tahap spesialis, yaitu Assistant Vice President selama 2 tahun, lalu Vice President selama 4 tahun, lalu Senior Vice President.

Sanjay Bharwani,(Chief Human Capital Officer Bank Mandiri (paling depan), bersama tim HR Bank Mandiri Sanjay Bharwani,(Chief Human Capital Officer Bank Mandiri (paling depan), bersama tim HR Bank Mandiri

“Kami jelaskan konten dan value apa yang didapat jika masuk Mandiri Young Leaders ini. Mereka akan mendapat Middle Development Program, Channel Development Program, dan Eksekutif Development Program. Mereka juga diajarkan bagaimana bekerja dalam satu tim,” katanya.

Menurut dia, perseroan membuat Mandiri Young Leaders terstruktur. Pertama, generalis alias ditempatkan berpindah-pindah serta mendapat Key Performance Indicator (KPI) tinggi, mentoring, dan kompensasi lebih.

Jika tidak berprestasi, pesertanya akan kembali masuk ke Officer Development Programme yang biasa. Pada tahun keempat, peserta mulai menjurus ke spesialis dan mendapat kesempatan sekolah S-2. Mandiri bekerjasama dengan universitas top seperti Boston University, INSEAD, dan University of Cambrdge untuk pemberian beasiswa.

Mereka yang telah mendapat gelar Master bisa langsung mengikuti Management Development Program (MDP) untuk mencari suksesor department head, business manager, dan supporting unit manager. Untuk memuluskan program, Mandiri menggandeng pihak ketiga seperti Thunderbird School of Global Management, Michigan School of Business.

“Tapi, bagi yang sudah masuk ke general leaders, mereka akan masuk GDP (General Development Program). GDP ini untuk mencari suksesor Group Head, regional CEO, subsidiary director,” katanya.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham 2015 lalu, seluruh direksi Bank Mandiri berasal dari internal. Tahun sebelumnya, hanya 80-90% yang dari dalam. Rekrutmen generasi milenial penting dilakukan mengingat saat ini jumlah karyawan generasi Y sudah mencapai 60%.

“Kami akan tetap fokus menjalankan program yang sudah ada. Termasuk, mendukung program membangun Kampus A Mandiri University di Jakarta. Target selesai dibangun 2018 di atas lahan seluas 4 hektar,” katanya. (Reportase: Tiffany Diahnisa)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)