Bekraf Beri Pelatihan & Sertifikasi Batik di Kendal

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memfasilitasi pelatihan dan Sertifikasi Profesi terhadap para pelaku industri batik demi meningkatkan mutu produk, di sejumlah kota di Indonesia yang memiliki potensi batik, di antaranya di Kendal, Jawa Tengah pada 3-5 Mei 2016. Bekraf memberikan bimbingan teknis (Bimtek) berupa pelatihan serta sertifikasi profesi. Jumlah peserta sebanyak 100 orang, yang berasal Kendal dan daerah sekitarya.

Bekraf berharap pelatihan ini akan meningkatkan ketrampilan para pelaku industri batik serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas. Sertifikat kompetensi diakui sesuai standar kompetensi kerja nasional (SKKNI) dan internasional.

Sertifikasi profesi batik telah dilakukan sejak berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Batik pada 2013. Kesadaran akan kompentensi di lingkungan pekerja industri batik telah tumbuh terutama pada kota-kota besar yang telah terkenal dengan industri batiknya, seperti Semarang, Yogyakarta, Solo, dan pekalongan.

Badan Ekonomi Kreatif memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada 100 pengrajin batik di Kendal, Jawa Tengah. (Foto : Dokumentasi Bekraf). Badan Ekonomi Kreatif memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada 100 pengrajin batik di Kendal, Jawa Tengah. (Foto : Dokumentasi Bekraf).

Para pekerja di kota-kota tersebut utuk memperoleh sertifikat kompetensi telah melakukan sertifikasi profesi dengan biaya sendiri.  “Namun bagi pekerja batik yang berada di kota-kota kecil atau di pedesaan, meskipun sadar akan perlunya sertifikat kompeten namun biaya sertifikasi profesi masih di anggap terlalu mahal, maka program Bekraf ditujukan bagi mereka,” kata Bambang Priwanto, Kasubdit Standarisasi & Sertifikasi, Deputi Informasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) & Regulasi Bekraf dalam keterangan tertulisnya di Kendal, Jawa Tengah, pada akhir pekan ini.

Untuk tahun 2016 ini Bekraf merencanakan fasilitasi program Pelatihan & Sertifikasi Profesi Pekerja Batik pada 6 Kota di Indonesia. Selain Kendal, Bekraf mengadakan kegiatan sejenis di  Cirebon dan Tegal Kemudian daerah yang akan disasar Bekraf adalah Lasem, Temanggung, dan Medan. (***)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)