Berhasil Bangun Kedekatan Konsumen, Sunpride Raih Indonesia Customer Experience Award 2020

Sunpride, merek buah lokal segar dari PT Sewu Segar Nusantara baru saja mendapatkan penghargaan Indonesia Experience Award 2020 (ICX Award). Penghargaan ini diberikan oleh Majalah SWA dan Business Digest kepada perusahaan yang berhasil membangun pengalaman pelanggan sehingga bisa menang dalam pasarnya.

Cindyanto Kristian, COO PT Sewu Segar Nusantara membagikan strategi Sunpride membangun perjalanan dan pengalaman pelanggan yang komprehensif. “Sepanjang value-chain buah kami dari kebun sampai ke toko dijaga dan diaudit yang luar biasa ketatnya. Nah dari background itulah, kami menyadari bahwa consumer perfection itu harus kami yang berikan, konsumen punya hak untuk mendapatkan kualitas terbaik, food safety terbaik. Lalu, kami buat tema kampanye ‘Think before you pick’ yang dilakukan dengan strategi 360 degree campaign,” jelas Cindyanto dalam webinar bertajuk “New Strategies In Managing Customer Experience” yang juga merupakan rangkaian dari acara penganugerahan ICX Award 2020.

Menurut Cindyanto, ada tiga tahapan besar yang dilakukan sebagai satu rangkaian kampanye “Think Before You Pick” ini. Tahap awal yang dilakukan pada saat semua pra-persiapan selesai adalah creating awareness dengan memperkenalkan apa itu Sunpride, produk buah seperti apa yang diberikan? Kenapa konsumen butuh buah seperti Sunpride?

“Kami mulai edukasi bahwa konsumen tidak hanya butuh buah yang berkualitas, tetapi juga dari produsen yang bertanggung jawab, kami perkenalkan dari mana asal usul buah-buahnya Sunpride,” jelasnya.

Setelah itu, tahap kedua, Sunpride mulai mengajak pelanggan mengenal produknya lebih dekat. Semua proses produksi diceritakan, bagaimana Sunpride memperlakukan buah-buahnya, kenapa pisangnya bisa tetap segar, mulus dan bersih. Semuanya diceritakan dalam video-video yang menarik.

“Kenapa buah kami tetap segar sampai ke rumah konsumen? Ternyata itu ada ceritanya dan kami bagi cerita-cerita itu ke konsumen dengan kemasan komunikasi yang menarik. Kami bikin semacam vlog buta di Youtube, isinya jalan-jalan ke kebun kami, untuk melihat bagaimana proses di kebun mulai dari pembibitan, buah, panen hingga pengemasan dan siap dikirim,” papar Cindyanto.

Tahap terakhir, menurut Cindyanto pihaknya tidak hanya membangun engaged dengan konsumen tetapi juga berbagai dengan komunitas di sekitarnya. Mereka menyebutnya “Sharing Goodness”. Pada saat awal pandemi, Sunpride mulai bergerak memberikan asupan tambahan gizi untuk para tenaga kesehatan di seluruh Indonesia yang bertugas di rumah sakit-rumah sakit. Juga, dibagikan untuk anak-anak yang kurang gizi beruapa buah-buahan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)