Bukalapak Akan Rekrut 1.000 Engineer

Bukalapak akan membangun empat pusat riset dan pengembangan tahun ini. Vice President of Engineering Bukalapak, Ibrahim Arief, menargetkan akan merekrut hingga 1.000 engineer di tahun ini.

“Di awal-awal tim kami hanya 50 orang, namun sekarang sudah 450 orang dan tahun ini akan bertambah menjadi 1.000 orang,” ujarnya usai acara halal bi halal di Plataran Menteng, Jakarta.

Rencananya, pusat riset akan dibangun di Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Medan yang berkapasitas sekitar 160 orang-200 orang. Pusat riset ini akan berfokus pada pengembangan produk, riset-riset yang sifatnya jangka panjang, seperti Artificial Intelligence, machine learning, block chain, drone delivery, dan sebagaianya.

Ke depan, Bukalapak juga akan membangun pusat-pusat di riset di kota-kota lainnya. Tujuannya, untuk menyerap tenaga kerja yang ahli di bidang teknologi, karena banyak di antara mereka tidak ingin pindah ke Jakarta.“Misalnya di Bandung, kami memang mau menyerap mahasiswa Bandung untuk bergabung. Karena di sana banyak kampus teknologi seperti ITB, Unpar, Unikom, Itenas, Telkom, Maranata, dan masih banyak kampus lain yang punya fokus di teknologi, ditambah pula belum banyak pemain di sana,” jelasnya.

Selain itu, Bukalapak juga merekrut diaspora-diaspora yang memiliki keahlian bidang digital ini. Tak jarang, pihaknya harus menemui satu-persatu di negara-negara mereka tinggal. “Saat ini kami juga sudah merekrut diaspora yang berasal dari Amerika Serikat, Australia, Jerman dan lainnya,” ungkapnya.

Penambahan hingga 1.000 engineer ini beriringan dengan inovasi-inovasi penambahan layanan yang dikembangkan di Bukapalapak. Pasalnya, Bukalapak selalu menghadirkan berbagai inovasi mulai dari layanan jual-beli, investasi, ticketing, hiburan, pemyangan hingga persaudaraan di komunitas Bukalapak.

“Di bagian engineering, inovasi dilakukan terus menerus, inovasi di e-commerce ini banyak sekali karena sifatnya eksperimen, terlihat kami telah melakukan inovasi kurang lebih ada 400 eksperimen di Bukalapak,” jelasnya,

Adapun, saat ini ada lebih dari 20 fitur dapat dinikmati pengguna Bukalapak yang tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari layanan prabayar dan pascabayar listrik, air, pulsa, BPJS Kesehatan, tiket event, tiket kereta api dan pesawat, Live TV (streaming TV), BukaNonton (streaming film di kereta api), BukaReksa (investasi reksadana), BukaEmas (Jual beli logam mulia), BukaPolling, serta beragam fitur lain yang akan terus bertambah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)