Cara Crowdo Tawarkan Pinjaman untuk Startup

Di Indonesia paling tidak ada sekitar 42 juta UKM. Umumnya, para pelaku bisnis UKM menghadapi tantangan terbesar dari sisi permodalan. Dari hasil riset bahwa 48 persen dari total pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia belum terlayani pinjaman modal dengan baik.

Melihat besarnya potensi UKM di Indonesia, Crowdo yang telah sukses menyediakan platform pendanaan di Singapura dan Malaysia kini mulai merambah Indonesia. Kehadiran Crowdo di Indonesia untuk memberikan kemudahan bagi startup atau UKM dalam memperoleh pendanaan dari sejumlah investor. Crowdo akan memberikan layanan pinjaman peer to peer (P2P), yang kian diminati di Asia Tenggara.

Menurut Leo Shimada Co-Founder dan CEO Crowdo, pinjaman P2P yang diberikan diharapkan dapat mendorong para star up dan UKM untuk mengembangkan usahanya. Pinjaman P2P adalah cara termudah untuk menghubungkan UKM dengan sejumlah investor global melalui platform Crowdo. Apalagi Indonesia memiliki banyak start up yang dinamis dan tumbuh sangat pesat.

Suasana presentasi saat Startup Weekend Jakarta Suasana presentasi saat Startup Weekend Jakarta

Untuk mendapatkan pinjaman, caranya mudah, cukup mendaftar diri dengan cara mengisi data pada form yang ada di laman Crowdo. Setelah itu, tinggal menunggu pendanaan dari investor yang ingin menanamkan modalnya.

Melalui platform ini, para UKM atau startup di Indonesia bisa memperoleh modal hingga Rp 1 miliar. Sementara bagi investor bisa melakukan investasi dengan bunga yang cukup menjanjikan, 12-16 % per tahun. Sedangkan bagi yang ingin menjadi investor bisa berinvestasi mulai Rp 500 ribu.

Leo menambahkan dengan P2P, para UKM memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan dana yang besar dari investor, karena melalui platform ini melibatkan investor global, dimana sekitar 60 persen (investor asing) dan 40 persen dari Indonesia.

Diakuinya, respon pasar terhadap Crowdo cukup positif. Setelah berjalan 6 bulan soft launching, ada sekitar 200 UKM mengisi profilnya di Crowdo per dua minggu.

Crowdo menawarkan beberapa keuntungan bagi peminjam seperti, kemudahan proses aplikasi, proses persetujuan dan pencairan dana cepat, akses ke ribuan komunitas investor, dan bunga kompetitif bagi peminjam.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)