Diboyong oleh MAP, Subway Ekspansi ke Indonesia

Jaringan sandwich Subway telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Sari Sandwich Indonesia, anak perusahaan dari peritel makanan & minuman (F&B) di Indonesia, PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MBA), yang merupakan bagian dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). Perjanjian tersebut menandai rencana agresif untuk melakukan ekspansi internasional. Kemitraan ini akan menghadirkan beberapa restoran pertama Subway di Indonesia pada kuartal keempat 2021 yang pembukaannya berawal di wilayah Jabodetabek.

John Chidsey, Chief Executive Officer Subway menyampaikan, permintaan kehadiran restoran Subway yang tinggi datang dari berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Sebagai salah satu peritel gaya hidup di Indonesia, MAP dinilai merupakan mitra ideal untuk memulai ekspansi kami di wilayah Asia Pasifik. "Kami yakin para pelanggan di Indonesia sangat menginginkan opsi yang lebih baik. Hal ini merupakan langkah awal dari rencana ekspansi global," ujarnya.

Sebagai pemain utama ritel F&B di Indonesia, MBA memiliki lebih dari 590 gerai di 33 kota di Indonesia yang mengoperasikan merek ternama seperti Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, dan masih banyak lagi. Berdasarkan perjanjian kerja sama tersebut, Subway di Indonesia secara resmi dioperasikan oleh PT Sari Sandwich Indonesia, sehingga memperluas portofolio bisnis MBA menjadi delapan merek internasional premium.

Selain itu, Indonesia secara global akan menjadi negara pertama yang menerapkan model waralaba negara (country franchise model) eksklusif Subway. Berdasarkan model ini, MBA akan menjadi ujung tombak dan perusahaan tunggal bagi pengembangan Subway di Indonesia, dengan harapan mampu membangun pertumbuhan tahunan restoran yang kuat dan stabil.

Kemitraan ini dinilai akan meningkatkan pertumbuhan bagi kedua perusahaan. "MBA menyadari peran penting dari ritel F&B dan selalu bermitra dengan merek-merek terbaik di kelasnya. Para penggemar Subway di Indonesia kini dapat lebih mudah mendapatkan makanan segar yang didambakan, dengan layanan yang cepat, mudah, dan nyaman," kata V.P. Sharma, Group CEO dari PT Mitra Adiperkasa Tbk.

Ekspansi di Indonesia menandai langkah awal dalam rencana berkelanjutan Subwayuntuk memperluas kehadirannya di kawasan Asia Pasifik. Restoran Subway yang berada di Korea, Jepang dan Singapura telah meraih kesuksesan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir dan berharap pertumbuhan serupa akan tercapai di Indonesia.

“Subway menawarkan pilihan sandwich yang lezat dan lebih baik, sesuai dengan tren kebutuhan konsumen Indonesia akan menu makanan sehari-hari yang lebih seimbang dan sehat,” jelas Anthony Cottan, Presiden Direktur PT Map Boga Adiperkasa Tbk. “Selain kenyamanan dan harga yang terjangkau, model pemesanan Subway menyajikan setiap pesanan sesuai dengan permintaan dan selera pelanggan. Hal ini akan menjadi daya tarik yang kuat, sehingga mendukung pertumbuhan di tahun-tahun yang akan datang.

Saat ini Subway telah hadir di lebih dari 100 negara dengan hampir 40.000 restoran. Setiap restoran dimiliki dan dioperasikan oleh pebisnis waralaba – jaringan dengan lebih dari 20.000 wirausahawan dan pemilik usaha kecil.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)