Es Doger Kemasan, Pertaruhan Baru Cocomas Group

Pasar minuman Ready To Drink (RDT) masih menjanjikan. Meskipun pasarnya sangat beragam, tapi celah pasar masih besar. Hal inilah yang meyakini Cocomas Group untuk berinovasi menghasil produk baru RDT yaitu Es Doger Cocomas.

Saat ini, keberadaan Es Doger makin sulit dijumpai, Kesempatan minum Es Doger paling pada acara undangan pernikahan atau acara lain seperti syukuran, reuni, dan arisan. Apalagi Es Doger membidik segmen terutama kalangan kawula muda, meskipun banyak juga orang dewasa yang menyukainya.

Kehadiran Es Doger sebagai minuman RDT sangat diminati konsumen, apalagi produk ini merupakan yang pertama untuk kategori minuman Es Doger dalam kemasan. Menurut Isman Budiman, Managing Director PT Cocomas Indonesia (Prinsipal Pemasaran produk Cocomas dan Bumas), penjualan langsung meroket, terlihat sempat terjadi kekosongan barang pada sebagian besar outlet Indogrosir dan Indomaret.

Diakui Isman, gagasan awal memperkenalkan minuman kelapa Es Doger dalam kemasan praktis yaitu agar minuman khas Indonesia seperti Es Doger dapat lebih dikenal luas oleh seluruh lapisan masyarakat dan bisa menjadi salah satu ciri khas kebanggaan kuliner Indonesia di manca negara, mengingat saat ini cukup sulit menemukan minuman Es Doger yang dijual bebas di pasaran.

cocomas

Produk minuman kelapa Es Doger Cocomas diproses secara higienis tanpa bahan pengawet dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature) menggunakan kemasan Tetra Pak sehingga aman dikonsumsi kapan saja dan di mana saja dalam jangka waktu 1 tahun selama kemasan belum dibuka. Saat ini kemasan minuman kelapa Es Doger yang tersedia di pasaran adalah volume 250 ml untuk sekali minum yang dijual dengan Harga Eceran Tertinggi Rp 5.500/pack.

Minuman kelapa Es Doger Cocomas diproduksi oleh pabrik kelapa terpadu PT Inhil Sarimas Kelapa yang berlokasi di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau dengan kapasitas olah sebanyak 2 (dua) juta butir kelapa per hari. Penjualan minuman kelapa Es Doger Cocomas tahun 2016 ditargetkan rata-rata 150.000 karton per bulan dan akan ditingkatkan menjadi rata-rata di atas 200.000 karton per bulan pada tahun 2017.

Untuk menikmati Es Doger, dapat diminum langsung dan lebih nikmat dalam keadaan dingin, minuman kelapa Es Doger Cocomas yang dijual dengan juga dapat dibekukan di kulkas dan disajikan dalam bentuk es serut tanpa atau dengan tambahan bahan pelengkap seperti tape, ketan hitam, dan buah (alpukat, nangka, dan lain-lain sesuai selera).

Untuk memperluas distribusi, Es Doger Cocomas melalui PT Atri Distribusindo (Prinsipal Penjualan dan Distribusi) akan melakukan penetrasi pasar secara intensif pada berbagai saluran distribusi (General Trade, Modern Trade, dan Horeka) sehingga produk ini benar-benar mudah dijumpai konsumen yang membutuhkan. "Kami berusaha mendekatkan produk ini ke konsumen" kata Isman.

Sekadar informasi, Cocomas awalnya produsen santan kelapa. Setelah sukses memasarkan produk santan merek Cocomas dan Bumas (sejak 2001) serta minuman air kelapa merek Cocomas ORI (sejak 2008) di seluruh Indonesia,

Grup Cocomas terus melakukan inovasi aneka produk berbasis kelapa. Salah satunya yaitu produk minuman kelapa rasa Es Doger merek Cocomas yang mulai dipasarkan perdana secara nasional pada Maret 2016 di pasar modern melalui jaringan Indogrosir dan Indomaret serta mini market lokal dan General Trade melalui PT Atri Distribusindo (Prinsipal Penjualan dan Distribusi produk Cocomas dan Bumas) .

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)