Gebrakan Matahari Mall di Kancah e-commerce Indonesia

Meski baru seumur jagung, namun e-commerce MatahariMall.com (MatahariMall) terus menggebrak industry e-commerce nasional. Yang terbaru, melalui program Jual Online Aja, e-commerce yang bernaung di bawah PT Solusi E-commerce Global, anak usaha Grup Lippo itu berupaya mengangkat potensi usaha kecil dan menengah (UMKM) dengan cara memanfaatkan situsnya sebagai saluran pemasaran sekaligus penjualan.

“Kami menyadari potensi UMKM di Indonesia belum tereksplorasi sepenuhnya. Karena itu MatahariMall melalui program Jual Online Aja, berupaya mengangkat potensi UMKM di Indonesia dengan cara memberi kanal khusus di MatahariMall,” ujar Kezia Mareshah, Manajer PR MatahariMall saat diwawancarai SWA.

Upaya MatahariMall dalam mengangkat UMKM rupanya sangat serius. Buktinya, e-commerce yang resmi meluncur 9 September tahun lalu itu telah menggelar roadshow ke sembilan kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Makassar dan Samarinda.

“Dengan demikian terdapat 7 kota lagi yang akan kami kunjungi dari target 16 kota sampai akhir tahun ini,” jelas Kezia. Lebih lanjut Kezia memaparkan dalam setiap kunjungannya MatahariMall kerap menggandeng komunitas pengusaha setempat seperti seperti Tangan di Atas, Makassarpreneur, dinas UMKM Surabaya, Asosiasi UMKM Jatim dan lain sebagainya.

Di kota-kota tersebut kehadiran tim MatahariMall yang juga bekerja sama dengan Telkomsel dan Google itu rupanya disambut antusias para pengusaha UMKM. Kezia memaparkan, dalam setiap kunjungannya, puluhan pengusaha UMKM terlihat antusias menghadiri acaranya. Memang, banyak manfaat yang diperoleh UMKM yang menghadiri acara JOA.

PR Manager MatahariMall.com Kezia Mareshah (kanan) dan SME & Community Development Manager MatahariMall.com Ruby Adityawarman. PR Manager MatahariMall.com Kezia Mareshah (kanan) dan SME & Community Development Manager MatahariMall.com Ruby Adityawarman.

Di antaranya tim MatahariMall memberikan berbagai modul pelatihan pengembangan bisnis, seperti modul pelatihan manajemen perusahaan yang diberi nama CEO alias Chief Executive Officer, modul keuangan perusahaan yang disebut CFO atau Chief Financial Officer, modul pemasaran perusahaan bertitel CMO-Chief Marketing Officer, dan modul manajemen pesanan atau COO-Chief Operation Officer, sampai workshop fotografi produk yang mumpuni agar produk UMKM yang ditampilkan mampu memikat pengunjung situs.

“Karena jualan online memang yang dilihat pertama kali adalah foto. Kalau fotonya tidak menarik bagaimana orang mau membelinya via online,” papar Kezia blak-blakan.

Salah satu roadshow yang sukses digelar MatahariMall adalah saat berkunjung ke kota Pahlawan, Surabaya pada 12 Mei silam. Pada pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya, lebih dari 200 peserta yang hadir.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)