Genjot Pembiayaan Kendaraan Saat Industri Multifinance Melemah

Direksi MTF saat melakukan media breafing di Jakarta (8/9/2015): Foto: Syukron Ali/SWA) Direksi MTF saat melakukan media breafing di Jakarta (8/9/2015): Foto: Syukron Ali/SWA)

Berdasrkan riset Biro Riset Infobank terhadap industri perusahaan pembiayaan menunjukkan, sepanjang tahun 2015 jumlah laba bersih mengalami penurunan sebesar 61,27%. Diprediksi pada tahun 2016 ini, signal industri multifinance berwarna kuning. Sebagaimana yang dilansir di Infobank pada 3/8/2016. Direktur Biro Riset Infobank, Eko B Supriyanto menjelaskan, bahwa pertumbuhan pembiayaan industri ini turun 0,02%. Ia menilai, jika pembiayaan tidak tumbuh akan berdampak pada pengurangan laba perusahaan.

Hal senada juga tertuang dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Penjualan kendaraan pada semester l 2016 sebesar 532.145 unit, atau naik tipis 1,01% dari semester pertama tahun lalu sebesar 525.491. Menyikapi hal tersebut, PT Mandiri Tunas Finance (MTF) memiliki strategi yang dapat menggenjot pembiayaan kendaraan di Indonesia, yakni mengeluarkan program 'bunga pintar' dan strategi digital media.

Terbukti, pada pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada 11-21 Agustus 2016 lalu di ICE BSD City, Tangerang, Banten. MTF menerima jumlah aplikasi pembiayaan sebesar 2.119, atau naik 141% dari target sebelumnya sebnyak 1.500 aplikasi. Kenaikan tersebut diperoleh dari semua merek mobil yang tampil di ajang GIIAS 2016. Dengan asumsi rata-rata pembiayaan mobil baru sebesar Rp 180 juta per kendaraan, maka aplikasi selama 11 hari di event GIIAS 2016 telah menyumbang new booking senilai Rp 381,4 miliar.

Direktur MTF, Harjanto Tjitohardjojo menjelaskan, produk 'bunga pintar' merupakan program khusus untuk pelanggan yang melakukan pembelian mobil secara kredit melalui MTF dalam periode bulan Agustus sampai dengan Oktober 2016. Program ini berlaku khusus untuk kredit mobil baru jenis passenger all brand. Dengan program ini, pelanggan dapat memilih besaran bunga yang disesuaikan dengan besaran down payment (DP). Semakin besar DP semakin murah bunganya. Bunga pintar mulai dari 2.55% untuk tenor 1 tahun berlaku nasional dan kami mempunyai paket kredit mulai tenor 6 bulan sampai dengan 7 tahun, ”iIa menjelaskan.

Selain itu, selama GIIAS 2016, MTF juga memberikan penawaran menarik seperti program bunga spesial 0% dengan tenor 1 tahun untuk passenger new car. MTF juga melayani pembiayaan seluruh merek kendaraan baik passenger car, commercial car dan Motor Besar (Moge).

Sementara itu, untuk program Strategy Digital Media, MTF meluncurkan berbagai permainan menarik yang diminati oleh pengunjung GIIAS 2016. Contoh, program Location Base Advertizing (LBA), PokeStop untuk penggemar Pokemon, Search Engine Marketing (SEM) bekerjasama dengan Google Indonesia, aktivitas di Social Media On line dan juga peluncuran MTF Mobile Application. MTF Mobile Application kami buat untuk memudahkan pelanggan membandingkan spesifikasi kendaraan baru semua merek dan mengetahui informasi harga, mengkalkulasi kredit, informasi program-program APM dan jaringan MTF,”ujarnya. 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)