Giv Body Wash Sasar Generasi Milenial

Stella Eidelina, Product Manager Giv Body Wash (tengah memegang mic)

Sabun Giv melakukan perubahan strategi pasar. Terlebih sabun batangan mengalami pertumbuhan yang stagnan dalam beberapa tahun terakhir. Sedangkan pasar sabun cair tahun lalu pasarnya tumbuh 9.3 persen secara nasional dibanding tahun sebelumnya.

Perubahan pasar ini tentu dibutuhkan langkah strategis agar tergarap dengan tepat. Di sisi lain, kondisi demografi Indonesia yang kini lebih dari 35 persen berusia 15-35 tahun merupakan catatan tersendiri. Bahkan di daerah perkotaan seperti Jakarta porsi ini lebih besar yang berada direntang usia itu 40 persen. Hingga 2020 porsi tersebut tidak berubah jauh, bahkan rentang usia yang disebut sebagai generasi milenial itu sedang di masa keemasannay di tahun tersebut.

Merek Giv dikenal puluhan tahun, merek ini bagi para generasi milenial bisa jadi kurang akrab. Apalagi merek ini lebih dikenal sebagai sabun batangan. Maka itu pada 2013 mengeluarkan Giv liquid. Generasi milenial adalah peluang, maka itu Giv mencoba menggarapnya lebih serius.

Menurut Untung Subroto Dharmawan, Psikolog Klinis dari Universitas Tarumanagara, generasi milennial dibagi menjadi 2 kelompok, pertama usia 21-37 tahun yaitu dewasa awal – yang telah mendapatkan achievement akan dirinya, mulai menentukan tujuan hidup dan berumah tangga. Kedua, remaja berusia 17-21 tahun yang masih bergantung pada orang tua, cenderung lebih ingin bebas dan sangat mudah dipengaruhi oleh role model. Generasi milenial identik dengan generasi yang lekat pada penggunaan sosial media, baik jejaring pertemanan maupun pengunaan aplikasi tanda eksistensi diri. Sebagai generasi penerus bangsa, di era yang penuh dengan terpaan media, kaum remaja dituntut untuk menyesuaikan diri dengan cepat dan selalu berprestasi karena ketatnya persaingan.

Maka itu Giv menggandeng Kompas TV mengadakan kegiatan dari kampus ke kampus sambil merekrut talent baru untuk pembawa berita TV atau anchor. Kegiatan ini diberi nama roadshow Giv “Speak Your Mind!” campus to campus. Melalui acara ini, Giv mengajak generasi muda di Indonesia untuk menyuarakan eksistensinya, untuk menjadi aktif dan percaya diri, juga berprestasi. Giv “Speak Your Mind!” siap dilaksanakan di 8 universitas yang tersebar di 5 kota besar Indonesia. Dalam acara ini, Giv mencari anak muda dengan talenta di bidang public speaking untuk mewujudkan mimpi mereka menjadi calon presenter

Stella Eidelina, Product Manager GIV Body Wash, mengatakan, dengan kegiatan dari kampus ke kampus ini diharapkan merek lebih dikenal di generasi ini. Terlebih pada Oktober 2016 Giv baru mengeluarkan seri parfume collection bertepatan dengan event Jakarta Fashion Week.
Ini menjadi momen merek ini "lebih fresh" di mata generasi milenial.

Stella mengatakan, setelah peluncuran parfum baru itu berdasarkan data AC Nielsen di katogori beauty Giv saat ini berada di top 5 selama 3 tahun. "Bahkan kami berhasil meningkatkan market share sebanyak 3 poin tahun lalu," ujarnya. Dalam event besar fashion itu, diperkenalkan koleksi parfum baru yaitu Giv white, pink dan purple. Jakarta Fashion week menurut Stella cara Giv rejuvinasi mereknya.

Lalu sekarang melalui event Speak Up Your Mind Campus to Campus diharapkan merek Giv Body Wash makin kuat. Untung mengatakan generasi milenial sering disebut sebagai generasi instan. "Pada acara anchor hunt ini bisa dibuktikan bahwa proses menuju puncak mereka harus melalui tahapan-tahapan termasuk didalamnya mereka harus jaga penampilan termasuk kebersihan, kesehatan kulit dan keharuman tubuh mereka karena mereka akan jadi public figure," jelasnya.

Melalui acara Speak Your Mind cara Giv mencari bakat-bakat terbaik di televisi. Sebagai calon anchor mereka harus paham penting merawat kulitnya dan harus harum juga. Tinggal di daerah tropis mereka harus paham sabun yang tepat.

Stella menyebut saat ini porsi penjualan merek Giv masih 85 persen sabun batang, 15 persen cair. Pihaknya menargetkan dalam lima tahun ke depan porsinya menjadi 60:40 untuk perbandingan sabun batang dan sabun cair. "Saat ini pertumbuhan sabun cair Giv dobel digit, saya tidak bisa sampaikan detil angka, kami tumbuh tinggi karena baru 3 tahun juga. Kami berharap bisa menjaga pertumbuhan tersebut," katanya

Giv “Speak Your Mind!” akan diadakan selama bulan Mei-Oktober di 8 universitas di Indonesia, yaitu Atma Jaya Jakarta, Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, Telkom University Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga Surabaya, dan Universitas Sumatera Utara Medan. Aktivitas yang diadakan meliputi public speaking workshop, interview tips class, fragrance workshop, anchor hunt (pencarian presenter berita televisi), dan gimmick-gimmick menarik lainnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)