Gubernur BI: Ada Tiga Pelajaran Penting di 2015

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan bahwa dinamika perekonomian Indonesia pada tahun 2015, memberikan sejumlah pelajaran penting untuk perekonomian Indonesia di masa mendatang. "Hal itu dapat memperkuat prinsip-prinsip penerapan kebijakan dalam mengelola perekonomian ke depan," kata Agus Martowardojo saat ditemui di Bank Indonesia, Kamis, 28 April 2016.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo

Pelajaran pertama, menurut Agus adalah, kebijakan makroekonomi yang diterapkan secara disiplin, hati-hati, dan konsisten menjadi kunci dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. "Baik untuk fiskal atau moneter."

Pelajaran kedua, disiplin kebijakan makroekonomi tersebut juga perlu didukung oleh sinergi kebijakan yang kuat antar pemangku kebijakan. Baik itu Bank Indonesia, Pemerintah Pusat dan Daerah, serta otoritas terkait lainnya. "Kebijakan yang tepat dan sinergi yang kuat, akan menempatkan perekonomian pada posisi yang tepat,” kata Agus.

Pelajaran yang ketiga adalah pentingnya implementasi reformasi struktural dan diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi termasuk hilirisasi. Menurut Agus, hal ini dapat memperkuat fondasi perekonomian, sehingga perekonomian menjadi lebih berdaya tahan dan tumbuh secara berkelanjutan.

Agus menuturkan bahwa berbagai pelajaran ini menjadi bekal penting karena pihaknya meyakini tidak ada yang kebetulan dari dinamika ekonomi suatu bangsa. "Kemampuan dalam menarik pelajaran di masa lalu akan menentukan masa depan ekonomi yang mampu kita bentuk."

Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)