Ini Aksi Hijau United Tractor

Grup Astra punya Astra Green Company Achievement yang harus diikuti anak-anak usahanya. PT United Tractor Tbk pun mengikuti standar yang telah ditetapkan induk usaha, yakni PT Astra International Tbk. Sekretaris Perusahaan United Tractor, Sara K. Loebis mengatakan, perseroan punya beberapa lini bisnis seperti distribusi alat berat, kontraktor pertambangan, dan kontraktor industri. Kantor pusat yang ada di Jakarta sudah menerapkan prinsip green building.

“Ada 6 aspek green building yang harus dipenuhi, seperti alternative teknologi untuk menurunkan konsumsi energi, penggunaan air bersih, konservasi air, penggunaan produk daur ulang untuk keperluan gedung, pemanfaatan lahan dan akses publik,” katanya.

Perseroan juga harus memastikan ada area vegetasi yang menunjang fungsi ekologi di lingkungan di sekitar kantor. Area tersebut harus bebas dari struktur bangunan. Akses juga sangat diperhatikan bagi pejalan kaki, seperti jembatan penyeberangan serta akses menuju halte transjakatarta. Ada juga parkir sepeda yang memadai untuk menjawab kebutuhan karyawan yang bersepeda ke kantor (bike to work).

“Ada fasilitas shower bagi karyawan. Fasilitas sepeda disediakan setiap 100 karyawan ada satu tempat untuk sepeda. Jadi total parkir ada ruang untuk 100 unit sepeda. Ada juga kegiatan klub nursery botani,” katanya.

UT

Efisiensi energi juga menjadi perhatian utama, yang mana telah diterapkan di gedung tersebut, baik itu untuk lift, listrik, lampu dan eskalator. Cahaya dan sirkulasi alami menjadi prioritas. Adapun untuk konservasi air, ada penampungan air hujan dalam sumur resapan yang memiliki kedalaman 20 meter dan tangki penampungan air hujan. Air itu diolah agar bisa digunakan misalnya untuk flushing di toilet dan menyiram tanaman.

“Kenyamanan dan kesehatan lingkungan kerja bila mungkin menggunakan cahaya dan sirkulasi alami. Kenyamanan karyawan harus terjamin karena kebijakan ini. Kantor didesain agar tercipta borderless working area. Sehingga, sinergi dan kolabrasi antarkaryawan lebih fleksibel,” ujar Sara.

Penggunaan material kala membangun gedung baru juga dipastikan menggunakan bahan yang tersertifikasi. Sesuai dengan peraturan, tidak mempunyai potensi merusak lapisan ozon dan mengurangi jejak ekologi. Perseroan juga memastikan material diambil di dekat kantor sehingga tidak menghabiskan banyak energi untuk distribusinya.

“Di Grup Astra, kami yang pertama mendapat sertifikasi kategori platinum untuk kriteria new building dan satu-satunya di wilayah Jakarta Timur. Harapannya, kami bisa mempertahankan ini hingga tiga tahun ke depan untuk existing building,” katanya. (Reportase: Herning Banirestu)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)