Ini Dia Varietas Padi Unggul Besutan Bayer

Indonesia merupakan negara penghasil beras terbesar ketiga di dunia dan pertanian beras merupakan mata pencaharian lebih dari 250 juta peduduk. Indonesia juga salah satu negara dengan konsumsi beras terbesar di dunia. Saat ini, luas lahan pertanian beras di Indonesia mencapai 13 juta hektar yang merupakan 24 persen dari total lahan agrikultur.

bay

Pemerintah bahkan telah menetapkan rencana untuk mewujudkan swasembada beras dan fokus pada peningkatan produktivitas dan produksi pangan untuk meraih tujuan tersebut.

Untuk mendukung niat tersebut, sebagai perusahaan global yang juga berkecimpung di bidang agrikultur, PT Bayer Indonesia hari ini meluncurkan bibit beras unggul, Arize H6444 Gold. Benih padi ini diklaim sebagai benih hibrida revolusioner dan merupakan jenis pertama yang tersedia di Indonesia.

Adapun keunggulan Arize H6444 gold diklaim memiliki potensi hasil panen yang tinggi. Bibit ini juga memiliki perlindungan yang kuat terhadap Bacterial Leaf Bli yang menyebabkan penyakit pada padi yang ditakuti dan dapat menyebabkan kerusakan panen yang cukup merugikan terutama di musim hujan.

Ashraf Al-Ouf, Presiden Direktur PT Bayer Indonesia, menyatakan bahwa Arize H6444 Gold adalah terobosan besar dari Divisi Crop Science Bayer. Bibit ini menawarkan panen padi berkualitas yang solid dan menguntungkan, dan hal ini akan menambah nilai bagi pertanian Indonesia.

Di Indonesia, BLB memengaruhi lebih dari 7 juta hektar tanah pertanian per tahun dan menyebabkan kehilangan panen yang besar. Penyakit ini bisa menimpa tanaman padi di setiap tahap pertumbuhannya dan menyebabkan bibit menjadi layu, menguning, dan daun mengering, sehingga menyebabkan hilangnya panen hingga 20-60%, tergantung tingkat keparahan dan tahap tanaman pada saat infeksi terjadi.

Arize 6444 Gold memiliki kemampuan untuk memastikan hasil panen yang tinggi dan efektif memerangi BLB. "Dengan ini, kami menawarkan panen padi berkualitas yang solid dan menguntungkan, sehingga akan memberi nilai tambah bagi pertanian Indonesia,” ujar Ashraf.

Penyakit BLB yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae pathovar oryzae diperkirakan bisa menyebabkan kerugian ekonomis tahunan yang signifikan di Indonesia. Situasi ini semakin menantang bagi petani karena tidak ada pengobatan kimia efektif yang tersedia untuk penyakit ini. Hal tersebut disampaikan oleh Amit Trikha, Head of Seeds di Divisi Crop Science Bayer Asia Pacific. Sebagai negara berkembang nomor 3 di dunia, peningkatan kapasitas produksi beras sebagai makanan pokok perlu diperhatikan. Apalagi mengingat jumlah kebutuhan akan beras masih sangat tinggi.

"Peningkatan hasil panen padi adalah salah satu penting dari tantangan utama di Indonesia ini. Dengan menggunakan benih padi hibrida Bayer, petani padi Indonesia akan sangat diberdayakan terkait tujuan mereka untuk mencapai hasil panen yang tinggi, dan ini terbukti dibandingkan  varietas penyerbukan terbuka atau varietas inbrida. Arize H6444 Gold dibuat melalui pendekatan pembenihan yang terintegrasi sangat modern yang menggabungkan metodologi patologi tanaman dan teknologi penanda molekuler secara efektif, " tambah Amit

Bayer menyebutkan akan terus berkontribusi untuk membawa pertanian Indonesia ke arah lebih baik. Terbukti dari cara mereka melakukan pemberdayaan terhadap 700 petani di Lampung dengan berbasis pada teknologi yang mereka miliki. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)