Ini Fokus Bisnis Hankook Tire di 2022 | SWA.co.id

Ini Fokus Bisnis Hankook Tire di 2022

Ban kendaraan komersial yang dipamerkan Hankook. (Dok. Hankook Tire)

Produsen ban global asal Korea Selatan, Hankook Tire di bawah PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI) membukukan penjualan tahun 2021 dengan positif. Secara kualitatif, Hankook menorehkan peningkatan penjualan sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya untuk seluruh segmen produk, PCR (mobil penumpang), LT (truk ringan), dan TBR (truk dan bus atau kendaraan komersial).

Seperti diketahui, industri otomotif yang semakin pulih memberikan semangat baru bagi seluruh pelaku industri terkait dalam ekosistem ini. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan wholesales di 2021 mencapai 887.202 unit atau naik 66% dari tahun 2020 dan penjualan ritel mencapai 863.358 unit atau naik 49.3% dibanding tahun 2020.

“Kami ingin menyambut 2022 dengan lebih optimis, tetapi tetap adaptif dengan pergerakan pasar. Fundamental eksistensi Hankook di Indonesia masih berfokus untuk pasar ekspor. Namun, sejak beberapa tahun terakhir kami terus menggenjot penjualan domestik," ungkap Yoonsoo Shin, Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia dalam siaran pers, Kamis (03/02/2022). Yoonsoo mengatakan, salah satu strategi perusahaan yaitu Sell-in Shop Program cukup efektif mendorong penjualan domestik dengan partisipasi lebih dari 700 mitra distributor perusahaan.

Sepanjang 2021, Hankook juga mencatat peningkatan di hampir semua wilayah distribusi. Untuk itu, tahun ini perusahaan akan meningkatkan kualitas serta supply untuk PCR/LT dan TBR di wilayah sebarannya.

Untuk model kendaraan penumpang, Hankook menawarkan produk-produk kompetitif untuk sedan premium dan SUV seperti Ventus S1 Evo3 K127, Dynapro AT2 RF11, Ventus RS4 Z232, dan Dynapro MT2 RT05, serta ban ramah lingkungan untuk mobil MPV dan LCGC. Untuk model truk ringan, Hankook menawarkan SmartFlex AH35 dan Smart AM09, sementara untuk model truk dan bus berat, Hankook punya produk andalan Smart AH31 dan AH30.

Perusahaan juga antusias dan siap mendukung pasar kendaraan listrik di Indonesia. Namun, kata Yoonsoo, seluruh pihak perlu ambil bagian dalam mendukung percepatan era kendaraan listrik di Indonesia. Pasalnya, tantangan terbesar kita saat ini adalah membuat kendaraan listrik lebih accessible, baik secara pemasaran maupun harga. "Untuk itu, kami sangat terbuka dengan dialog dan potensi kerjasama dengan para manufaktur kendaraan listrik di Indonesia untuk mewujudkan hal tersebut,” ujar Yoonsoo.

Hankook Tire telah menyiapkan sejumlah strategi bisnis tahun ini. Pertama, perusahaan berencana melakukan diversifikasi produk dan perluasan saluran penjualan. Hankook berencana untuk menambah jaringan distribusi melalui mitra distributor baru serta Hankook Master tahun ini. “Kami juga memperkuat hubungan dengan para stakeholders untuk mendorong penjualan dan meningkatkan customer experience bagi end-consumer."

Kedua, perusahaan akan menata pengelolaan rantai pasok (supply chain management atau SCM) menjadi lebih sistematis dan efisien. Kini, Hankook Tire menerapkan periode yang relatif lebih singkat dalam menjalankan pengecekan stok, perencanaan alokasi produk, dan distribusi ke toko. Dengan acuan periode tersebut, Hankook ingin agar para mitra dan distributor dapat memenuhi permintaan pelanggan dalam kondisi apapun dan menjaga kualitas produk.

Ketiga, Hankook Tire akan melanjutkan peluang pasar untuk ban Hi-Inch (ban ukuran 17” ke atas) maupun ban untuk mobil balap di Indonesia masih belum terpenuhi. Hankook akan melengkapi lineup produk PCR-nya dengan ban berukuran 20”, 22”, dan 24” sehingga pelanggan tidak kesulitan jika ingin mengubah ukuran ban menjadi lebih besar.

"Dalam dunia balap Internasional, Hankook telah bekerja sama dengan Lamborghini Huracan GT3 EVO di ADAC TOTAL 24H, Jerman tahun 2021. Selain itu, Hankook juga menjadi mitra resmi bagi Street Racing khusus mobil listrik pertama dan satu-satunya di Dunia pada Formula E 2020. Tentunya pencapaian ini merupakan bukti keseriusan Hankook dalam mendukung industri otomotif dunia baik segmen Hi-inch, mobil balap dan mobil listrik," jelas Yoonsoo.

Melihat kebutuhan pasar global dan domestik yang terus meningkat, rencana penambahan investasi pabrik di Indonesia dengan adopsi teknologi produksi yang lebih maju, ramah lingkungan, dan efisien masih menjadi prioritas perusahaan dalam jangka menengah. "Hal tersebut merupakan bentuk komitmen Hankook untuk membuat dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik," tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)