Ini Solusi Hemat Energi dari CMS

Tahukah Anda, lebih dari 60% pemborosan energi keluar dari pemakaian pendingin ruangan (AC). Untuk satu ruang kantor, jumlah AC bisa lebih dari satu. Jumlah ini akan lebih banyak di kawasan komersial lain seperti pusat perbelanjaan.

“Dalam satu gedung atau rumah, jumlah pemakaian listrik terbanyak adalah penggunaan AC. Kami punya solusi yang bisa menghemat energi hingga 50%,” kata Rahmat Rahardja Ong, Presiden Direktur PT Citra Megah Selcomindo (CMS).

Berdiri sejak 6 tahun lalu, CMS konsisten menjejak bisnis sebagai konsultan hemat energi. Tak heran, seluruh aktivitasnya terkait erat dengan aksi hijau nan memukau. Beberapa klien top mereka adalah perusahaan telekomunikasi seperti PT Telkomsel, PT Indosat Tbk, dan PT XL Axiata.

kantorjpg

Perusahaan yang kini memiliki 30 karyawan ini menawarkan solusi hemat energi dengan cara melapisi atap rumah atau gedung yang dinamakan Reflecto. Solusi ini menggunakan teknologi Nano Ceramic dari Jepang yang mampu membuang panas dengan cepat dan memiliki sifat emmisivity yang tinggi. Reflecto mendesain ulang struktur warna untuk memantulkan panas supaya lebih efektif.

“Dari hasil tes LAB TUV dari Jerman, warna putih memberikan Solar Reflectance Index (SRI) maksimal 100 sedangkan hasil SRI Reflecto adalah 104,36. Kami juga punya water proofing yang bisa memantulkan sinar matahari,” katanya.

Semakin tinggi efisiensi energinya, profit perusahaan tentu lebih bagus. Pengeluaran bisa dihemat sampai 50%. Efek yang muncul bagi lingkungan juga jauh lebih baik karena tidak konsumsi listriknya lebih hemat. Meski begitu, produk ini 100% masih impor.

“Ke depan, kami berharap tidak hanya mengandalkan net import, tapi bisa juga menjadi net export. Kami juga berencana pada tahun 2019 mengimplementasikan Liquid Natural Gas. Saat ini masih proses,” katanya. (Reportase: Syukron Ali)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)