Marketing Strategy

Inovasi Sphero Kembangkan Robot Pintar

Inovasi Sphero Kembangkan Robot Pintar

Sphero kembali menggaet pasar di Indonesia melalui berbagai produknya. Setelah tahun lalu sukses menjual 1,5 juta robot BB-8, dengan pembeli 53 persen adalah laki-laki, Sphero BB-8 tidak sekadar mainan biasa, robot ini bisa dikendalikan menggunakan smartphone berbasis iOS dan Android melalui sebuah aplikasi. Robot pintar tersebit dijual seharga Rp1,8 juta hingga Rp2,9 juta.

“Ini bersamaan dengan film Star Wars: The Force Awakens tahun 2015, ada sebuah mainan robot bertema Star Wars yang mendadak terkenal. Ya Sphero BB-8 ini. Pembeli robot BB-8 mayoritas adalah 53 persen laki-laki. Ini data tahun lalu,” ujar Aurelien Joly, Direktur Sphero Asia Pasifik.

Sphero

Sphero

Ia memiliki alasan kenapa memilih Indonesia untuk mendistribusikan produk robotnya ini. Menurutnya, Indonesia punya antuasiasme terhadap teknologi baru, apalagi robotik. Selain itu, berbagai kompetisi robot pun banyak dimenangkan oleh orang Indonesia. Produk Sphero merupakan teknologi robotika terbaru yang dikemas dengan aplikasi serta games yang kreatif dan menarik, sehingga robot ini dapat dimainkan oleh berbagai usia, dari anak-anak hingga dewasa.

Senada dengan Aurelien, Direktur Halo Robotics, Eli Moselle mengatakan ada tiga hal yang akan membuat produk-produk Sphero diterima di masyarakat. Pertama, memiliki robot-robot Sphero memiliki segmentasi pasar yang beragam, bukan hanya mainan bagi laki-laki. Kedua, adanya penetrasi smartphone di Indonesia. Mengutip data, Eli mengatakan 43 persen masyarakat Indonesia akan mempunyai telepon pintar sebelum tahun 2017.”Untuk itu, akan ada 100 juta orang yang siap memainkan produk Sphero,” kata Eli. Sphero juga merupakan perusahaan yang peduli dengan para konsumennya melalui pengembangan inovasi.

Dia mencontohkan Ollie, robot pemberontak, berbentuk tabung yang mampu melaju dengan kecepatan hingga 22,5 km/jam. SPRK (schools, parents, robots, kids), yaitu Sphero dengan kerangka transparan, yang ketika dipadukan dengan aplikasi Lighting Lab mampu mengajarkan dasar-dasar pemrograman lewat aktivitas Steam. Adapula aksesori seperti cover, ramp, chariot, dan sebagainya.

Untuk pendistribusian produk-produk tersebut, Sphero juga menggandeng Halo Robotics sebagai mitra distributor serta Metro Department Store sebagai marketplace untuk penjualannya. Robot-robor pintar ini dijual dengan harga mulai Rp 800 ribu hingga Rp 2,8 juta per produk. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved