Strategy

Intip Persiapan Maskapai Air Asia Sambut Mudik Lebaran 2023

Maskapai penerbangan AirAsia menyiapkan sejumlah langkah strategis dalam menghadapi masa libur Lebaran 2023. Langkah itu meliputi kesiapan seluruh staff menghadapi lonjakan penumpang, memastikan setiap pesawat dalam kondisi sehat, hingga menyiapkan keamanan untuk para penumpang.

“Saat ini kami sedang melakukan finalisasi perhitungan terkait kebutuhan kursi pesawat (demand) untuk periode mudik lebaran 2023, dan apabila dibutuhkan akan mengajukan penerbangan ekstra atau tambahan untuk periode tersebut. Hal utama yang kami persiapkan adalah memastikan bahwa semua pesawat berada dalam kondisi terbaik untuk terbang. Seluruh staff kami telah terlatih untuk menghadapi lonjakan penumpang, dan kami pastikan bahwa sistem kerja kami juga sudah siap untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang selama periode mudik lebaran nanti, ujar Veranita Yosephine, Direktur Utama Air Asia Indonesia saat dihubungi SWA Online, Jumat (17 Maret 2023).

Menurut Veranita, AirAsia juga telah melakukan perawatan rutin pada seluruh armada pesawatnya. Perawatan rutin berjadwal dan tidak berjadwal dilakukan untuk memastikan bahwa semua pesawat dalam kondisi prima serta siap terbang dengan aman dan nyaman (airworthy for flight).

Adapun target tiket terjual untuk momen mudik tahun ini dapat mengangkut sekitar 300.000 penumpang pada periode lebaran 15-30 April 2023. Untuk mengakomodir kebutuhan dan seiring dengan rencana pengembangan Air Asia Indonesia, nantinya akan ada penambahan jumlah pesawat untuk memperkuat armada.

Selain itu, para penumpang nanti akan dimanjakan melalui pelayanan demi kenyamanan di antaranya web/mobile check-in dan pemesanan makanan yang dapat dilakukan penumpang jauh hari sebelum keberangkatan.

Untuk tarif yang dikenakan pada mudik nanti akan mengikuti keputusan pemerintah. “Saat ini, kami belum ada rencana untuk menaikan harga penerbangan domestik pada masa Lebaran tahun ini. Kami tetap mematuhi Keputusan Menteri Perhubungan no 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri,” terang Veranita.

Dalam menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang selama terjadinya kelonjakan penumpang AirAsia telah menyiapkan personel keamanan penerbangan yang terlatih, dengan jumlah dan kualifikasi sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia. Air Asia senantiasa meningkatkan fungsi quality assurance terhadap operasional kegiatan keamanan penerbangan AirAsia, sehingga kami dapat membuat langkah-langkah mitigasi jika terdapat hal-hal yang berpotensi mengganggu kenyamanan para tamu AirAsia.

Sebagai informasi, pada periode Lebaran 15 Mei – 08 Juni 2022, AirAsia telah membukukan sekitar 160,000 penumpang. Tahun ini diperkirakan akan ada pertumbuhan seiring dengan telah dicabutnya kebijakan PPKM dan jumlah pesawat yang saat ini beroperasi. Destinasi yang saat ini menjadi penyumbang besar pendapatan adalah Bali (DPS) dan Medan (DTB) untuk penerbangan domestik, dan juga destinasi rute penerbangan internasional seperti Kuala Lumpur (KUL), Penang (PEN), Singapore (SIN), Bangkok (DMK), dan Perth (PER).

Di samping menyediakan layanan self check-in melalui website, AirAsia yang ingin memudahkan penumpang, layanan tersebut juga tersedia di air asia super app. Disana penumpang juga bisa langsung memesan tiket pesawat perjalanan pulang ke kampung halaman dan balik ke asal kota tujuan bisa dipesan jauh hari sebelum jadwal keberangkatan.

Boni Andika, Head of Marketing airasia Super App mengkatakan,” Bulan Ramadan menjadi momen penting bagi kami sebagai pelaku industri perjalanan. Maka dari itu, kami menghadirkan Super App Raya Sale dengan promo dari hulu ke hilir yang menguntungkan bagi para pengguna. Mulai dari pemesanan tiket pesawat berbagai maskapai nasional dan global, reservasi hotel, airasia ride, food, shop, dan lain sebagainya.”

Menurut Boni, dari segi sisi kesiapan back-end agar pengalaman pengguna dapat berjalan mulus sudah fit, siap untuk melayani calon penumpang mudik pesan tiket melalui aplikasi dari berbagai penjuru Indonesia. Dia optimis momen ini akan menjadi ceruk peluang bagi performa bisnis, para mitra,sekaligus seluruh pengguna dengan pengalaman perjalanan yang terintegrasi, mudah, dan terjangkau.

“Pada momen menuju lebaran seperti ini, tren destinasi favorit pun merata karena tingginya demand pemesanan tiket pesawat oleh calon penumpang yang ingin kembali ke kampung halaman. Beda dengan hari biasa, demand terbesar terdapat pada destinasi pariwasata contohnya Bali. Penumpang juga dimudahkan untuk memesan tiket pesawat sekaligus hotel dengan pakai fitur SNAP bagi yang ingin berlibur bersama keluarga,” ujar Boni.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved