Jobstreet.com Hadirkan Fitur "Company Reviews"

Jobstreet.com, perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan di Asia meluncurkan produk terbarunya yakni fitur 'Company Reviews'. Fitur ini bertujuan memberikan informasi kepada pencari kerja mengenai latar belakang sebuah perusahaan secara transparan. Peluncuran fitur 'Company Reviews' dilakukan bertepatan dengan peringatan 10 tahun kehadiran jobstreet.com di Indonesia. "Fitur ini masih soft launching saja dan saat ini para pencari kerja masih belum bisa mengakses dan membaca Company Reviews, namun pengguna Jobstreet.com sudah bisa menulis review mereka bagi perusahaan-perusahaan yang menjadi anggota di Jobstreet.com. Fitur ini akan diluncurkan sepenuhnya pada bulan Agustus tahun ini," ujar Faridah Lim, Country Manager Jobstreet.com Indonesia.

Jobstreet

 

Faridah menerangkan bahwa fitur Company Reviews dibuat untuk memudahkan pencari kerja dalam mencari tahu mengenai perusahaan yang akan dilamar. Info mengenai perusahaan-perusahaan di Jobstreet.com ini diisi baik oleh perusahaan terkait maupun karyawan yang sudah pernah atau masih bekerja di perusahaan tersebut.

Sistem seperti ini dibuat supaya informasi yang didapat oleh pencari kerja bisa lebih kredibel. "Untuk memberikan kenyamanan bagi pemberi informasi, identitas mereka akan dirahasiakan kerena semua ulasan bersifat anonim. Di sisi lain, perusahaan juga bisa memberikan tanggapan terhadap ulasan yang ada," jelasnya lagi.

Menggunakan fitur ini terbilang mudah. Saat mengunjungi laman utama web JobStreet.com, pengunjung situs dapat meng-klik kotak sebelah kanan yang bertuliskan 'beri penilaian sekarang'. Selanjutnya, pengungjung situs pun dapat memberikan rating terhadap beberapa hal yang disediakan oleh perusahaan tersebut di bar yang ada, antara lain peluang pengembangan karir, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, lingkungan bekerja, jajaran manajemen, tunjangan dan fasilitas, serta tingkat stress.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh JobStreet.com terhadap lebih dari 10.000 pencari kerja di Indonesia, 3.500 respondedn menyatakan bahwa generasi Y akan berpindah kerja setelah 12 bulan dengan alasan tidak merasa bahagia, mencari perkembangan karir yang lebih pesat, serta mencari tunjangan gaji yang lebih besar. Pemicu dari alasan-alasan tersbut, menurut Faridah, disebabkan oleh pekerjaan yang tidak sesuai minat, lingkungan kerja yang kurang cocok, atau hubungan yang tidak harmonis dengan atasan.

"Jika dicermati, mudahnya generasi Y memutuskan pindah kerja pada dasarnya disebabkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang mereka alami di perusahaan tempat mereka bekerja," tutur Faridah. Hal ini, menurutnya, bisa jadi disebabkan karena pencari kerja menerima informasi yang tidak sahih mengenai perusahaan saat mereka melamar. Farida percaya bahwa Fitur Company Reviews mampu membantu meminimalisir informasi yang tidak tepat seperti itu sehingga pekerja bisa lebih siap dalam menghadapi pekerjaan dan lingkungan kerja mereka nantinya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)