Strategy

Jurus agar Bisnis Kuliner Daerah Menjadi Juara di Go Food

Peluncuran kategori Juara Lokal Go Food di Jakarta. (Foto Dok Gojek)

Gojek mendorong pertumbuhan UMKM. Kali ini, Gojek melalui Go Food menghadirkan kategori Koleksi Juara Lokal Go Food. Ini adalah kategori khusus di dalam aplikasi yang berisi kurasi menu-menu khas daerah guna mendorong visibilitas UMKM kuliner lokal ke jutaan pelanggan loyal Go Food.

Riset Alvara Research Center pada 2022 menyebutkn bahwa makanan Nusantara atau makanan daerah menjadi kategori makanan yang paling banyak dijual oleh UMKM Indonesia dengan proporsi mencapai 42,3% dari total responden yang diwawancarai. Hal ini juga yang mendorong Gojek untuk mengambil peran aktif dalam membantu kemajuan UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah.

Gede Manggala selaku Head of Regions & External Affairs Gojek menjelaskan, data Kemenkop UKM RI, tercatat ada 20,76 juta UMKM yang bergabung ke platform digital per Desember 2022. Setelah masuk ke ekosistem digital, UMKM tetap membutuhkan dukungan dan ragam inovasi yang dapat membantu mereka mengembangkan usahanya. Selain dukungan dari sisi teknologi, Gojek terus mendorong UMKM kuliner lokal yang telah go digital agar tetap eksis, bahkan meningkatkan usahanya secara berkelanjutan.

Menurut Manggala, hadirnya kategori tersebut dapat memberikan peluang bagi UMKM kuliner lokal untuk lebih mudah ditemukan oleh para pelanggan. Ragam menu khas daerah yang hadir di Koleksi Juara Lokal GoFood telah dikurasi berdasarkan rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, favorit masyarakat setempat, serta UMKM kuliner lokal yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki potensi untuk terus berkembang.

“Melalui Koleksi Juara Lokal GoFood, kami ingin memberikan kesempatan yang sama kepada UMKM kuliner lokal agar dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas. Pertama kali diluncurkan di Bali pada November 2022 bersamaan dengan perhelatan forum dunia yakni KTT G20. Kini diperluas ke kota-kota lainnya, mulai dari Makassar, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bandung dan Jabodetabek,” kata Gede, Kamis (25/05/2023).

Direktur Utama SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata menjelaskan SMESCO dan Go Food memiliki visi yang sejalan untuk mendorong UMKM kuliner dapat naik kelas.Kehadiran kategori Koleksi Juara Lokal Go Food dapat mengangkat eksposur resto UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah secara maksimal di platform online.

“SMESCO Indonesia turut mengapresiasi Koleksi Juara Lokal GoFood sebagai salah satu inisiatif dari ekosistem Gojek untuk mendukung jutaan UMKM yang telah go digital. Kehadiran inisiatif ini diharapkan agar UMKM semakin bertumbuh secara berkelanjutan,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved