Jurus Grab Genjot Transaksi Hingga Akhir Tahun 2021

Grab memperkenalkan inovasi terbaru yang bisa memudahkan mitra dalam mendaftarkan dan mengoperasikan tokonya pada layanan GrabMerchant. Fitur pertama yang diperkenalkan adalah fitur Self-Onboarding untuk mempercepat proses pendaftaran.

Sebelumnya, mitra membutuhkan waktu hingga 2 minggu untuk bisa bergabung dengan Grab. Namun, dengan fitur terbaru ini, mereka hanya membutuhkan waktu 3 hari untuk bisa bergabung. “95% mitra GrabFood & GrabMart dapat bergabung dalam jangka waktu 3 hari,” kata Head of Product Merchants Grab Shashank Kohli.

Lebih jauh dia mengatakan, mitra juga bisa langsung mengaktifkan layanan pembayaran Ovo di gerai mereka. Grab juga melengkapi aplikasi GrabMerchant dengan AI Photo Engine. Mesin foto berbasis AI ini dapat mendeteksi foto berkualitas buruk, misalnya terlalu regang atau buram. Jika ditemukan masalah tersebut, mesin dapat langsung memperbaiki foto yang memiliki rasio kurang optimal dan bahkan bisa mengingatkan pemilik gerai untuk mengupload foto terbaiknya.

Di sisi operaisional, platform juga meluncurkan fitur store status. Dengan fitur tersebut, mitra dapat memindahkan status tokonya sesuai dengan tingkat keramaian toko, misalnya normal, sibuk, atau istirahat. “Fitur tersebut bisa membuat mitra menambahkan waktu persiapan dan menyesuaikan target ketibaan pengantaran, serta dapat menghentikan pemesanan sementara. Tergantung dari kondisi restorannya,” kata dia menambahkan.

Fitur selanjutnya yang akan diluncurkan adalah fitur chat. Fitur tersebut memungkinkan mitra berkomunikasi langsung dengan konsumen mengenai pesanannya. Shashank berharap fitur tersebut dapat memfasilitasi percakapan antara mitra dan konsumen. Tidak hanya sampai disitu, platform juga berencana untuk meluncurkan fitur menu insight untuk mengetahui menu yang paling banyak dibeli oleh konsumen.

Dengan begitu, mitra dapat menganalisa performa penjualan dari tiap item. Fitur tersebut juga dilengkapi dengan menu kombinasi item dan menu combo berdasarkan rekomendasi penjualan, sehingga mitra dapat meningkatkan penjualan bisnisnya. Di sisi marketing, platform juga menghadirkan fitur marketing mandiri untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan.

“Mitra dapat membuat kombinasi iklan dan promosi yang berbeda lewat GrabAds,” ujarnya. Ada tiga fitur yang ditawarkan platform dalam hal pemasaran, pertama fitur promotions yang bisa digunakan untuk memberikan diskon atau promo. Selain itu, mitra juga bisa memilih untuk berpartisipasi di kampanye pemasaran yang diadakan oleh Grab.

Kedua, Banner Ads yang menawarkan visibilitas tinggi di halaman utama GrabFood untuk mempublikasikan promosi terkini. Aplikasi secara otomatis menarik semua promosi terkini dari para mitra untuk dipilih dan menghasilkan banner. Fitur ini akan menyarankan target pasar dan durasi iklan berdasarkan data.

Ketiga, Search Ads. Fitur ini memungkinkan mitra untuk muncul di bagian atas peringkat pencarian. Hal tersebut untuk menargetkan konsumen yang mencari dengan kata kunci tertentu. Grab juga menyediakan kata kunci yang direkomendasikan bagi para mitra untuk memastikan relevansi dan jangkauan iklan tersebut. “Fitur tersebut akan mulai diluncurkan secara bertahap dari bulan Juni mendatang hingga akhir tahun 2021,” kata Shashank menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)