Jurus Panorama Menjaring Ribuan Wisatawan Polandia

PT Desnitasi Tirta NusantaraTbk (PDES), anak usaha PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) mempraktikkan strategi yang ciamik dalam mendatangkan turis dengan memakai pesawat carter back to back dari Polandia. Itu merupakan tren baru untuk lebih memudahkan wisatawan mancanegara (wisman) dapat berkunjung sekaligus mendatangkan lebih banyak wisman ke Indonesia.

PDES baru-baru ini berhasil menjaring 5 ribu turis Polandia dengan pesawat carter dari Warsawa ke Denpasar yang diawali pada  24 Juni 2016 hingga Maret 2017.  Turis dijadwalkan akan menyebar ke destinasi lain seperti Jawa, Pulau Komodo-Flores, Tanjung Puting-Kalimantan, Toraja, hingga Papua. Kedatangan turis Polandia itu ke Indonesia dijadwalkan setiap 2 minggu sekali dengan rata-rata 250 turis per kedatangan.

Guna memuluskan rencana tersebut, PDES yang mengelola biro wisata bernama Panorama Destination ini telah menggandeng Rainbow, agen perjalanan wisata asal Polandia.“Sejak 2013, kami sudah bekerja sama sangat baik dengan Rainbow Tours dan pada tahun ini kami berkomitmen untuk mendatangkan lebih banyak turis asal Polandia dengan memakai pesawat carter,” ujar Ricky Setiawanto, Direktur Panorama Destination di Jakarta.

Pendapat senada dilontarkan Szymon Chojnacki,  Direktur Produk Rainbow Tours. Szymon mengungkapkan  minat turis asal  Polandia untuk berlibur ke Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini cukup itu. Hal tersebut menjadi  faktor pendorong Rainbows untuk bekerjasama dengan Panorama Destination

Sejak 2013, Panorama Destinantion bekerja sama dengan Rainbow, agen perjalanan Polandia. Benih-benih kerjasama ini merupakan hasil dari pameran yang diikuti Kemeterian Pariwisata pada saat pameran Pariwisata Internasional Internationale Tourismus-Börse atau ITB di Berlin, Jerman di tahun 2013. Kedua agen wisata dari Indonesia dan Polandia itu menjalin meneken kerjasama. Sejak saat itu, Panorama Destination rutin mendatangkan turis Polandia ke Indonesia. Akan tetapi, kedatangan turis Polandia tidak berjamaah alias bukan rombongan yang menyewa satu pesawat.

Komisaris dan jajaran direksi PT Desnitasi Tirta Nusantara Tbk saat RUPS pada Kamis, (23/6/2016) pekan lalu. (Foto : Dok Panorama Group). Komisaris dan jajaran direksi PT Desnitasi Tirta Nusantara Tbk saat RUPS pada Kamis, (23/6/2016) pekan lalu. (Foto : Dok Panorama Group).

Kali ini,  wisatawan Polandia akan terbang bersama-sama ke Indonesia menggunakan pesawat carter Boeing 787-Dreamliner milik LOT Polish Airllines. Rutenya, Warsawa-Denpasar. Penerbangan carter perdana yang mengangkut 250 turis Polandia telah tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali pada Jum'at pekan lalu. Ratusan tamu ini disambut oleh pejabat yang mewakili pemerintah Indonesia.

Sebelumnya, Panorama Destination juga telah beberapa kali mendatangkan turis dari Rusia dengan menggunakan carter pesawat.  Ricky mengatakan penggunaan pesawat carter memberikan kemudahan bagi wisatawan. “Dan kenyamanan bagi turis yang ingin berkunjung ke Indonesia,” tambah Ricky disela-sela kegiatan fam trip yang dimulai 14 Juni. Tujuan fam trip  untuk memperkenalkan berbagai destinasi wisata di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bromo dan Bali ke pasar Polandia.  Panorama Destination adalah Tur Operator Inbound yang menangani pasar dari mancanegara. Destinasi utamanya tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok, Pulau Komodo, Flores, Timor dan Sumba.

Sementara itu, Panorama Sentrawisata menargetkan  penjualan pada 2016 sebesar Rp 2,5 triliun, tumbuh 40% dibandingkan realisasi pendapatan di tahun 2015 senilai Rp 1,9 triliun. Sedangkan laba bersih hingga akhir tahun ini diproyeksikan mencapai Rp 72 miliar, naik 46% dari pencapaian tahun lalu sebesar Rp 49 miliar. Sementara itu, dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada pekan lalu,  Panorama Sentrawisata membagi dividen sebesar Rp 4,9 miliar atau setara dengan 10% dari realisasi laba bersih tahun lalu.

Adapaun,  PANR di tahun ini menganggarkan belanja modal sebanyak Rp 50 milliar  Anggaran ini akan difokuskan kepada pengembangan teknologi serta pengadaan dan peremajaan angkutan pariwisata yang mendukung  inbound (mendatangkan wisatawan ke Indonesia).   Perseroan juga memiliki langkah strategis hingga tahun 2017, antara lain memperkuat struktur permodalan melalui revaluasi aset, penjajakan kerjasama dengan mitra aliansi strategis, dan menjajaki peluang right issue dalam 12 bulan ke depan dengan nilai Rp 300 miliar hingga Rp 500 miliar   Untuk mengembangkan jaringan operasional dan akses pasar untuk menangkap pertumbuhan pasar domestik di Indonesia dan mancanegara .

PANR adalah satu perusahaan yang tergabung dalam Panorama Group. Usaha ini awalnya adalah agen perjalanan yang berdiri sejak 1972 oleh Adhi Tirtawisata. Sekarang Panorama adalah perusahaan yang menyediakan jasa pariwisata, perhotelan dan transportasi. PANR memiliki anak perusahaan, yakni  dengan nama PT Destinasti Tirta Nusantara Tbk (PDES) yang menyelenggarakan perjalanan wisata di Indonesia bagi tamu mancanegara. Selain itu PANR juga menempatkan investasinya di PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) yang menyediakan jasa operator bus dan taksi bermerek White Horse serta shuttle service antar kota dengan nama Daytrans. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)