Kapasitas Naik, Merck Bidik Timur Tengah

Perusahaan farmasi dan kimia, PT Merck Tbk terus memperluas pasar ekspor. Panama dan Yunani menjadi negara baru tujuan ekspor pada tahun 2015 lalu. Tahun ini, perseroan mengincar Timur Tengah. “Kami sedang dalam proses masuk ke sana dengan produk cair,” kata Martin Feulner, Presiden Direktur Merck.

Sejak tahun 2015, lanjut dia, perseroan memulai sebuah proyek pengembangan yang akan meningkatkan kapasitas produksi produk padat yakni tablet dan kapsul sejak tahun 2015 hingga 35%. Ada juga perbaikan di pabrik yang berkesinambungan melalui peningkatan kapasitas dan kapabilitas. “Ini untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan akibat ekspansi pasar yang agresif dalam beberapa tahun terakhir,” ujar dia.

Dia menjelaskan, implementasi strategi bisnis menghasilkan tren kenaikan di beberapa segmen usaha, dibanding kinerja tahun sebelumnya. Selama 45 tahun di Indonesia, Merck telah membangun kepercayaan dari para stakeholder dan menunjukkan rekam jejak sangat baik dalam layanan pelanggan.

Jajaran BOD Merck Indonesia

Di sektor kesehatan, Merck berhasil mempertahankan kepemimpinan dalam kategori masing-masing. Bisnis obat dengan resep (ethical) maupun obat bebas (over-the-counter-OTC) berhasil menjadi pemimpin pasar. Pelaksanaan sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah membantu memperluas akses pasar untuk kedua bisnis tersebut.

“Obat yang terdaftar dalam JKN memberikan kontribusi yang lebih tinggi untuk penjualan produk obat resep, terutama onkologi, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kami juga satu dari tiga pemain utama di antara perusahaan multinasional produsen OTC,” ujar dia.

Tahun lalu, bisnis menghadapi situasi ekonomi dan bisnis yang penuh tantangan. Merck mesti berjibaku menghadapi dampak pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS dan kebijakan peraturan yang berkaitan dengan asuransi kesehatan dan impor produk jadi.

Namun demikian, perseroan sukses mempertahankan eksistensinya di Indonesia, dengan fokus pada kualitas, inovasi dan terobosan pemasaran. (Reportase: Arie Liliyah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)