Strategy

KoinWorks Fokus pada Pengembangan Neobank dan Usaha Mikro di 2023

UMKM pengguna platform Koinworks (Foto: Koinworks)

KoinWorks mempredikasi UMKM akan tetap menjadi garda terdepan perekonomian Indonesia di tahun 2023, di tengah berbagai tantangan yang dihadapi. Grace Hong, Chief Marketing Officer KoinWorks mengatakan, akses pembiayaan UMKM dan pertumbuhan usaha juga akan terus ditingkatkan sejalan dengan target pemerintah.

Inovasi terbarunya, Neo Card— salah satu fitur unggulan KoinWorks Neo— hingga kini 200 ribu kartu telah dibuat. Dengan Virtual Card Number (VCN), kartu ini berfungsi sebagai kartu debit virtual bagi UMKM, yang memungkinkan UMKM untuk bertransaksi secara digital ke lingkup internasional, menemukan harga paling kompetitif untuk bahan baku dan sumber daya lainnya untuk bisnis, dan menerima pembiayaan.

“Sepanjang tahun 2022 kami melihat sambutan yang baik dari masyarakat dan UMKM terhadap KoinWorks Neo dan inisiatif yang kami adakan. Mendukung pengembangan UMKM di industri-industri penting seperti food & beverage, fashion, agribisnis, dan jasa, merupakan suatu kabanggan, dan akan kami lakukan secara konsisten,” ujarnya.

Tahun 2022, KoinWorks juga meningkatkan potensi UMKM dengan berbagai inisiatif pengembangan usaha. Sebanyak 9.000 UMKM dari berbagai industri mengikuti kompetisi KoinWorks Neo Inspire yang memfasilitasi pemenangnya dengan modal usaha. Bekerja sama dengan mitra strategis, KoinWorks juga mengadakan pelatihan bisnis untuk UMKM di tingkat kelurahan yang sekaligus memperluas penetrasi KoinWorks Neo.

Pemilik UMKM Naturaworld dengan produk skincare, Runi, membagikan pengalamannya dari pelatihan tersebut. “Pelatihannya menambah wawasan, terutama untuk strategi pemasaran digital bagi para pemula, sehingga kami lebih percaya diri dalam strategi penjualan. Networking kami juga semakin luas dari pelatihan,” ungkapnya.

Benedicto Haryono, Chief Executive Officer KoinWorks mengatakan, setahun terakhir ini, pihaknya berhasil untuk terus produktif menciptakan berbagai inovasi dan meningkatkan pencapaiannya. “Upaya kami dalam digitalisasi UMKM semakin terlihat dari teknologi yang terus diperbarui. Di tahun mendatang, dengan KoinWorks Neo, kami akan fokus pada strategi pengembangan UMKM dalam skala mikro dan mendekatkan layanan kami kepada lebih banyak masyarakat di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini Koinworks telah diakses oleh 2,5 juta pengguna. Pihaknya juga telah menyalurkan pendanaan hingga Rp 8 triliun kepada lebih dari 850.000 UMKM tahun 2022.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved