Kolaborasi RANS Entertainment dan SCM Ciptakan Kekuatan Ekosistem Media

Dengan investasi SCM ke dalam RANS Entertainment, diharapkan kedua organisasi ini bisa menjadi kekuatan ekosistem media di Indonesia (Foto: Vina/Swa)

PT Surya Citra Media Tbk (SCM) melalui anak perusahaannya, Indonesia Entertainment Group (IEG) resmi mengumumkan sebagai bagian dari keluarga RANS (Raffi Ahmad Nagita Slavina) Entertainment milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Dengan investasi SCM ke dalam RANS Entertainment, diharapkan kedua organisasi ini bisa menjadi kekuatan ekosistem media di Indonesia.

Sutanto Hartono, CEO dari PT Surya Citra Media Tbk mengatakan, ekosistem SCM akan mendukung penuh berbagai terobosan ide kreatif RANS dengan memberikan akses atas berbagai platform media yang dimiliki, dengan artis, kreator dan influencer yang bernaung di manajemen SCM. Ia juga yakin, dengan adanya kolaborasi ini kedua belah pihak akan mendapatkan penggabungan skala ekonomi yang jauh lebih besar.

"Kami excited, membuka lembaran baru hari ini untuk berkolaborasi dengan RANS Entertainment. Melalui perpaduan antara kekuatan digital RANS dengan platform media sosialnya yang dominan serta kekuatan kami di media konvensional dan Over The Top (OTT), kami berharap dapat menghadirkan konten-konten yang bisa memberikan benefit kepada advertiser," ujarnya dalam konferensi pers secara hybrid, Jumat (29/10/2021).

Sayangnya, Sutanto tidak menyebut nilai investasi SCM pada RANS. Dia mengaku belum dapat mengumumkan nilai suntikan dana perusahaan karena masih melakukan diskusi dengan pihak RANS. "Terkait nilai investasi dan presentse saham belum bisa kami disclose karena kami masih melihat budget 2022, yang pasti Raffi dan Nagita masih jadi pemilik mayoritas. Kami hanya minoritas tapi lumayan," kata Sutanto.

Raffi Ahmad, Chairman & Pendiri RANS Entertainment mengatakan, dirinya sangat optimistis kolaborasi ini akan membuat gebrakan-gebrakan baru di dunia digital Indonesia dan menjadi sinergi yang sangat luar biasa untuk memajukan RANS. Ia juga beryukur, hadirnya SCM membuat pihaknya mendapatkan guru baru yang bisa mengarahkan RANS untuk bisa lebih besar lagi.

"Dengan bergabungnya SCM, kami bisa memperbesar mimpi-mimpi RANS. Saya dan Gigi hanya bermodalkan mimpi tapi pelan-pelan kami terus jalani dengan ketulusan serta keikhlasan hingga saat ini bisa bergabung dengan perusahaan besar. Ini bisa menjadi motivasi bagi para anak-anak muda, bahwa mulai saja dulu, jangan takut, apapun di dunia ini bisa terjadi, dan saat ini sudah zaman kolaborasi," kata Raffi.

Raffi juga mengaku, salah satu alasan dirinya berminat kolaborasi dengan SCM karena bisa tetap bergerak bebas dalam mengembangkan usahanya. "SCM tidak mengikat kaki kami. Dalam arti, RANS bisa tetap menjadi RANS seperti biasanya. Bisa membangun bisnis-bisnis baru yang masih tetap relevan dengan kemampuan dan kekuatan kami. Bahkan, Pak Sutanto mengatakan kalau butuh SDM akan mereka support, mau berkolaborasi dengan e-commerce manapun silakan. Mereka sangat welcome," ujar Raffi.

Sutanto pun mengungkapkan kekagumannya terhadap kekuatan RANS dalam menciptakan berbagai terobosan ide kreatif, kemampuan memproduksi berbagai konten dan intellectual property yang populer, serta kemampuan menggalang followers dan engagement yang diiringi dengan impression dalam jumlah tinggi di ekosistem digital.

"Kami sangat kagum dengan RANS. Meski berawal dari kepopularitasan Raffi dan Nagita, tapi kami melihat mereka sebagai orang-orang yang briliant mind, terus melakukan ide-ide dan terobosan yang luar biasa. Tidak hanya kreatif, tetapi terbukti dari kreativitas ini bisa menciptakan model bisnis yang semakin raksasa," tutur Sutanto.

Langkah nyata dari awal kolaborasi RANS dan SCM terwujud dalam mendukung Liga 3. Sutanto menjelaskan, SCM merupakan media yang selama ini sangat mendukung keberlangsungan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Begitupula dengan RANS Entertainment yang mengembangkan usahanya dengan membentuk RANS FC di Liga 2. Didasarkan semangat itu, keduanya mendukung terlaksananya Liga 3 Provinsi di 2021 dengan menayangkan seluruh pertandingan, baik di platform milik SCM seperti Vidio, Nex Parabola dan O Channel, serta Youtube channel RANS Entertainment, RANS Sports dan RANS Cilegon FC.

"Ini salah satu semangat RANS. Seperti kita tahu, Liga 3 adalah salah satu start untuk menjadi profesional sepak bola di Indonesia sehingga disitu banyak sekali bibit-bibit muda yang baru memulai menjadi pemain profesional. Kami tertantang untuk bisa menayangkan dan mempopulerkannya seperti halnya Liga 1 dan Liga 2. Jika Liga 3 berjalan, itu menjadi kepuasan bagi kami," tambah Raffi.

Tak hanya Liga 3, joint venture antara RANS dan 1ID Entertainment, yang merupakan bagian dari IEG, berencana meluncurkan BUND Lifetainment di tahun 2022 mendatang. BUND Lifetainment merupakan sebuah digital media network yang dipersembahkan bagi perempuan, untuk memperkaya wawasan dan juga “rasa” dalam keseharian perempuan Indonesia.

Founder dan Chief Community Officer BUND Lifetainment, Nagita Slavina berharap, BUND Lifetainment tak hanya menghibur, tetapi juga dapat memberi inspirasi dan informasi seputar dunia perempuan. “Dengan spirit 'wen supporting other women' kehadiran BUND Lifetainment di tengah masyarakat harapannya dapat memberikan spirit yang positif. Selain itu melalui sosok-sosok yang akan muncul di BUND Lifetainment dan konten yang disajikan membuat para perempuan semakin aware akan value yang dimiliki, merasa berdaya dan mampu berkarya dengan kemampuan yang dimiliki,” ujar` Nagita.

Dalam rangka merayakan milestone yang penting ini, RANS dan SCM akan menayangkan program eksklusif yang akan disiarkan SCTV, dan seluruh kanal RANS Entertainment dan Vidio.com pada Minggu, 31 Oktober 2021, pukul 16.00 WIB. Tidak hanya akan mengundang dan menampilkan banyak guest stars spesial, tetapi juga program ini akan menjadi tayangan kolaborasi pertama yang menggabungkan kekuatan dua grup.

Sebagai informasi, RANS Entertainment dimulai sejak tahun 2018 berawal dari vlog family yang bertujuan untuk dokumentasi pribadi, hingga akhirnya mampu memproduksi series, konser musik, live streaming, animasi dan konten lainnya dalam rangka membuat gebrakan-gebrakan di dunia digital. Dalam waktu singkat, RANS Entertainment berkembang dengan pesat dan melahirkan RANS Musik, RANS Carnival, RANS Animasi, RANS Aps/Portal, RANS Fashion, RANS Food, bahkan memperluas cakupan bisnis dengan mengakuisisi klub Sepak Bola, pembentukan Klub basket dan e-sport.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)