Komitmen Marina Hadirkan Hand & Body Lotion yang Halal

Status halal bagi produk kecantikan dinilai dari dua hal: pemilihan bahan baku dan proses pembuatannya. Bagaimana komitmen hand & body lotion Marina menjawab tantangan itu?

Siapa bilang label halal hanya berlaku untuk produk makanan dan minuman saja? Kini, produk kecantikan, pakaian, obat-obatan juga perlu diberikan cap halal untuk keamanan dan kesesuaian dengan syariah Islam. Apalagi, kini pemerintah sedang menggalakkan wisata muslim untuk menarik turis asing ke Indonesia. Maklum, di ranah industri global, tuntutan label halal juga mengemuka, tidak terbatas negara muslim saja.

Betapa pentingnya pengakuan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dikarenakan produk-produk yang belum sah mendapat sertifikasi halal dianggap berbahaya bagi konsumen dan melanggar syariah Islam. Lagi pula, produk tersebut tidak sehat dan ujung-ujungnya akan berdampak negatif bagi kesehatan pembelinya. Jadi mengapa harus mengambil risiko membeli produk yang tidak berkualitas jika tanpa label halal.

Marina Suasana talkshow kampanye #HalalituSehat yang digelar oleh Marina Body Lotion

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus paham terlebih dahulu pengertian halal dalam konteks produk kecantikan itu apa. Halal merupakan suatu rangkaian proses dari hulu hingga hilir, dimulai dari pemilihan bahan baku, hingga proses pembuatan menjadi bahan jadi suatu produk.

Jadi, untuk penilaian suatu produk dikatakan halal atau tidak bisa ditentukan oleh empat faktor. Pertama, bagaimana kandunganya (ingredients) atau pemilihan bahan baku. Kedua, kemurnian proses pembuatannya agar tidak bersentuhan dengan bahan-bahan non halal. Ketiga, pengemasan dan penyimpanan dilakukan di tempat yang terjaga dengan baik. Keempat, pengiriman dijaga dan tidak bersentuhan dengan bahan-bahan non halal.

Ketika melakukan pengelolaan produksi harus disertai jaminan halal, baik saat penyimpanan, penimbangan, pencampuran, proses filling atau pengisian, hingga pengemasan terus dijaga dengan baik, sehingga tidak bersinggungan dengan bahan non-halal sampai produk tersebut diterima oleh konsumen.

Dengan memperhatikan proses tinjauan sertifikasi halal yang dilalui suatu produk kecantikan, maka menimbulkan kepercayaan di tengah masyarakat bahwa halal memberikan makna sebagai jaminan atas kandungan dalam produk yang aman untuk digunakan, mengandung bahan alami, tidak mengandung bahan yang berbahaya, sehingga dipilih untuk penggunaan jangka panjang.

“Dengan demikian jika kita membeli produk hand & body lotion juga perlu jaminan sertifikasi halal MUI. Seringkali muncul pertanyaan, mengapa harus halal, kan tidak dimakan? Sebab produk lotion kan dioleskan, sehingga diserap oleh pori-pori kulit. Jika bahan yang digunakan haram, maka akan menjadi najis, sehingga tidak sah ketika melakukan ibadah shalat misalnya,” kata pakar kesehatan dr.Dewi Inong Spkk.

Dijelaskan dr. Dewi Inong, penggunaan hand & body lotion dengan kandungan alami serta proses pembuatan yang terjaga, menjadi salah satu faktor penentu konsumen dalam memilih suatu produk. Maklum, kebutuhan perempuan akan produk hand & body lotion sangat tinggi.

Pertimbangan polusi, paparan sinar matahari dan radikal bebas menjadi alasan konsumen menggunakan produk hand & body lotion untuk melindungi kulit. Kandungan alami serta manfaatnya masih menjadi pertimbangan utama konsumen dalam memilih produk.

Kemudian, konsumen akan mencari tahu bagaimana proses pembuatannya, apakah dalam proses tersebut bersinggungan dengan bahan yang berbahaya terhadap kesehatan kulit, tidak terkecuali bahan non-halal maupun turunannya. Hal ini yang kemudian menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk kecantikan berlabel halal.

Untuk itu, sebagai pemimpin pasar produk hand & body lotion di Indonesia, Marina terus berusaha untuk memenuhi komitmennya dengan memberikan jaminan atas kualitas produk melalui pemilihan kandungan dan proses pembuatannya.

Guna melengkapi produk dengan sertifikasi halal yang dilakukan Marina sebagai jaminan bahwa keseluruhan proses terjaga dan ditinjau secara berkala oleh MUI, dipastikan produknya tidak mengandung bahan non-halal dan tidak bersentuhan atau terkontaminasi dengan bahan-bahan non-halal, serta turunannya.

Survei halal Marina

Beberapa waktu lalu produk hand & body lotion Marina melakukan riset tentang pentingnya produk kecantikan yang memiliki sertifikasi halal MUI. Sigi dilakukan kepada 1.188 perempuan Indonesia berusia 15-35 tahun yang menjadi responden.

Bagaimana hasilnya? "Hasil riset kami menunjukkan bahwa halal tidak hanya dipersepsi sebagai bebas dari bahan non halal, namun lebih jauh lagi halal dipersepsi mengandung bahan alami/natural, aman dan dipilih untuk penggunaan jangka panjang,” ujar Melani Dwi Astuti, Deputy General Manager Brand Development Marina.

Survei menunjukkan bahwa faktanya 97% responden mengakui pentingnya produk kecantikan yang memiliki sertifikasi halal MUI dan nomor BPOM untuk menjamin keamanan suatu produk kecantikan. Selain itu, empat dari lima orang perempuan menganggap bahwa produk yang halal itu harus mengandung bahan natural atau alami. Sementara itu, setengah dari responden juga mengakui bahwa mereka mempersepsi halal sebagai sehat, bermanfaat dan lebih berkualitas.

Halal juga berarti produknya berkualitas. Proses halal berawal dari bahan-bahan terpilih yang terjaga prosesnya, sehingga menghasilkan produk yang aman, bermanfaat dan sehat. Untuk itulah, saat ini seluruh rangkaian produk Marina hand & body lotion baik seri UV White maupun Natural telah memiliki sertifikasi halal untuk menjamin keamanan dan kemurniannya. Dengan begitu halal bukan hanya milik golongan tertentu semata karena kebutuhan akan keamanan dan kualitas produk kecantikan sejatinya diinginkan oleh seluruh perempuan," Melani menguraikan.

Chef Dea Anissa Chef Dea Anissa

Pentingnya memilih bahan terbaik dan menjaga proses dalam membuat aneka hidangan juga menjadi prioritas chef Dea Annisa yang baru saja didapuk menjadi bintang iklan Marina terbaru. "Bagi saya, memilih bahan yang terbaik, aman dan berkualitas penting bagi asupan nutrisi setiap orang. Sebagai seorang chef, saya terbiasa untuk memilih bahan terbaik, menjaga prosesnya dan mengolahnya menjadi hidangan yang bermanfaat. Sama pentingnya untuk sesuatu yang melekat di kulit seperti hand body lotion. Beruntungnya, dengan sertifikasi halal MUI, menjadi salah satu parameter yang mudah bagi konsumen akan kualitas produk yang aman dan tidak mengandung bahan yang berbahaya," Dea buka kartu rahasia suksesnya.

Peluncuran varian baru Marina

Tuntutan konsumen akan produk halal itu dijawab oleh Marina dengan peluncuran varian terbaru. Salah satunya merilis produk hand & body lotion yang mampu melindungi kulit dari efek radikal bebas, aman digunakan dan menyehatkan, yaitu Marina Natural Nutri Fresh yang bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada kulit sehingga tetap sehat dan segar. Marina Natural Nutri Fresh mengandung perpaduan nutrisi aktif ganda dari oat sebagai pelembab alami dan dilengkapi butiran vitamin E sebagai sumber antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

"Keunggulan Marina Natural Nutri Fresh memiliki butiran vitamin E yang terkonsentrasi dan akan pecah serta cepat meresap di kulit saat digunakan. Bahan aktifnya memberikan perlindungan optimal terhadap kulit sehingga mampu menangkal efek radikal bebas. Tidak perlu khawatir, Marina Natural Nutri Fresh juga telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI dan BPOM sehingga aman untuk digunakan,” Melani menguraikan.

Marina2

Dr. Dewi menambahkan, manfaat yang dimiliki oat untuk kesehatan kulit. Sebab, protein dan lipid pada oat adalah pelembab alami yang baik dan berfungsi sebagai humectant (menjaga kelembaban di kulit) dan emollient (melembutkan kulit).

Selain itu, vitamin dan mineral pada oat memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu merawat kulit. Nutrisi pada oat antara lain protein alami yang dapat melembabkan kulit, seperti: copper, zinc, selenium thiamin dan omega-3 fatty acids yang mendukung kesehatan jaringan kulit..

Tidak hanya memperkenalkan varian terbaru, pada acara yang sama Marina turut menginformasikan salah satu produk unggulan di seri UV White, yaitu Marina UV Bright & Fresh Hand Body Lotion yang telah teruji secara klinis oleh Dermatologist, mampu membuat kulit tampak cerah merata. Kandungan alami yang terdapat pada Marina UV Bright & Fresh yaitu Biowhitening Complex dari mulberry, lemon, vitamin B3 dan E yang bermanfaat untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Produk ini juga dilengkapi dengan triple UV protection untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Asal tahu saja brand Marina diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1982 sebagai merek asli Indonesia yang diproduksi oleh perusahaan Indonesia. Sementara itu, PT Barclay Products merupakan bagian dari PT Tempo Scan Pacific Tbk dan mulai memproduksi produk kosmetika serta consumer goods sejak tahun 1977.

Marina telah menjadi sahabat perempuan muda Indonesia dalam berbagai kategori produk, mulai dari Face Powder, BB Cream, Facial Cleanser & Moisturizer, Hand & Body Lotion, Body Cologne, Body Deodorant, Bar Soap. Target Marina adalah membantu perempuan muda Indonesia memilik kulit sehat dan cantik bersinar melalui rangkaian produknya yang terinspirasi dari kandungan bahan alami yang melembabkan, mencerahkan, plus melindungi.

Ditujukan untuk perempuan muda Indonesia yang optimis, bersemangat dan percaya diri. Marina membuat perempuan merasa cantik dan menjadi dirinya yang terbaik sehingga menginspirasi dan bersinar dengan prestasinya.

Marina selalu menyempurnakan komposisi dan juga berinovasi untuk mengembangkan produk yang menawarkan manfaat yang lebih baik. Hal ini tidak terlepas dari fokus Marina dalam menggali consumer insight agar apa yang diberikan secara kualitas dan manfaat selalu up-to-date dan dapat benar-benar memenuhi kebutuhan perempuan dengan beragam jenis kulit, usia dan aktivitasnya.

Untuk strategi promosi, Marina gencar melakukan promosi dengan beriklan TV, print ad, radio untuk meningkatkan awareness. Selain itu, secara aktif mendekatkan diri dengan konsumen untuk menciptakan brand engagement melalui, pertama aktivitas digital: website www.sahabatmarina.com, Facebook, Twitter dan Instagram Sahabatmarina. Kedua, event konsumen seperti Beauty Roadshow, Valentine, Beauty Days Out serta community gathering kerjasama dengan media, dll

Melalui Tempo Distribusi sebagai distributor utama, produk Marina tersebar di seluruh Indonesia, sehingga menjadikannya mudah didapat konsumen di manapun berada. Marina terdistribusi luas ke 40 cabang di Indonesia dengan saluran pemasaran yang merata meliputi pasar tradisional seperti toko kosmetik / toko kelontong maupun pasar modern seperti minimarket, supermarket dan hypermarket.

Hingga kini, Marina telah memperoleh beberapa penghargaan nasional seperti Top Brand Award, Best Brand Index, Satria Brand Award, Indonesia Women Brand Champion, Indonesia Original Brand Champion.

Kampanye #HalalituSehat

Berangkat dari hasil survei dan menyadari kebutuhan perempuan Indonesia untuk memilih produk hand & body lotion yang aman bagi kesehatan kulit, Marina sebagai salah satu merek unggulan dari Tempo Scan meluncurkan kampanye #HalalituSehat.

Peluncuran kampanye ini sekaligus menegaskan komitmen Marina akan jaminan kualitas dan keamanan seluruh rangkaian produk Marina hand & body lotion melalui sertifikasi halal dari MUI. Sertifikasi halal ini menjamin bahan baku dan kemurnian proses pembuatan, sehingga menghasilkan produk kecantikan yang aman, baik untuk penggunaan jangka panjang, bermanfaat dan sehat.

Jaminan ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan perempuan Indonesia untuk memilih produk hand & body lotion yang tepat dalam menunjang aktivitas agar tetap bisa bersinar meraih prestasi.

“Kampanye #HalalituSehat merupakan komitmen Marina dan produk-produk yang dihasilkan PT Barclay Products sebagai bagian integral dari Tempo Scan yaitu perusahaan yang lahir, tumbuh dan berkembang di Indonesia untuk selalu memberikan jaminan keamanan, kualitas dan manfaat bagi konsumen Indonesia,” ujar Nina M. Yunianto Deputy Managing Director PT Barclay Products, menegaskan.

Melalui kampanye #HalalituSehat, manajemen Marina berharap dapat menjawab kebutuhan perempuan Indonesia untuk memilih dan menggunakan produk Marina hand & body lotion sebagai produk yang tepat, dapat diandalkan, aman, serta memberikan manfaat bagi perempuan Indonesia.

Untuk tahap lanjutan dari kampanye #HalalituSehat ini, Marina juga mengedukasi mengenai proses halal dalam bentuk online game yang informatif dan mudah dipahami melalui digital media dan edukasi melalui Website, Facebook, Twitter dan Instagram @Sahabat Marina

"Dengan keunggulannya masing-masing dan dilengkapi sertifikasi halal untuk tiap varian produk, kami berharap dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap Marina hand & body lotion yang selalu mengedepankan kualitas, serta menjaga proses kemurnian pembuatan produk, sehingga aman digunakan. Dengan perlindungan dari Marina, seluruh perempuan Indonesia menjadi siap bersinar dengan prestasi terbaiknya," ujar Melani.

Bagi konsumen, sertifikat halal menjadi mutlak. “Konsumen yang cerdas harus teliti. Lihat di kemasan produknya, apakah ada cap halal MUI dan nomor BPOM. Kalau sudah memenuhi criteria itu barulah produk dinyataka aman dan sehat,” ungkap selebritis Tasya Kamila yang hadir di acara peluncurkan kampanye #HalalituSehat di Hotel Century, Senayan, Jakarta Selatan (3/5).

Bagi Tasya yang kebetulan sudah lama menggunakan hand & body lotion untuk merawat kulit dan didaulat sebagai brand endorser Marina, kesehatan kulit adalah hal yang penting. Dalam memilih produk, kandungan dan proses pembuatan temasuk menjadi perhatian utamanya.

Diakui Tasya, padatnya aktivitas sehari-hari mendorongnya untuk terus menggunakan produk Marina hand & body lotion yang memberikan manfaat menyeluruh untuk melembabkan, menjaga kesehatan dan melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari dan radikal bebas.

“Hal yang membuat saya yakin dalam memilih dan menggunakan Marina hand & body lotion, adalah kandungan alami dan sertifikasi halal yang tertera dalam tiap varian produk sehingga memberikan rasa nyaman bahwa produk Marina tidak mengandung bahan berbahaya, aman digunakan dan memiliki kualitas terbaik," ucap mantan artis cilik ini.

Ke depan, dengan keunggulannya masing-masing dan dilengkapi sertifikasi halal untuk tiap varian produk, manajemen Marina berharap dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap Marina hand & body lotion yang selalu mengedepankan kualitas, serta menjaga proses kemurnian pembuatan produk, sehingga aman digunakan. Dengan perlindungan dari Marina yang halal dan sehat, seluruh perempuan Indonesia menjadi siap bersinar dengan prestasi terbaiknya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)