Konglomerat Global Asal Malang Pasarkan Apartemen Kelas Atas di Tendean

Tolaram, sebuah grup perusahaan berskala global yang memiliki cikal bakal bisnis dari Malang, Jawa Timur kemarin mengumumkan pencapaian penjualan apartemen mewahnya di Jakarta, apartemen Arzuria.

Apartemen berlantai 39 yang berlokasi di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan ini diklaim telah mencatatkan penjualan sebesar 45% dari total 214 unit apartemen berbagai tipe yang ditawarkannya.

“Kami targetkan sampai akhir tahun ini terjual hingga 60% dari total unit yang ditawarkan,” ujar Chilia Djaya, Direktur Pemasaran PT Arzu Utama Realty, entitas bisnis yang memayungi apartemen Arzuria.

Apartemen yang melakukan pemancangan batu pertama pada akhir tahun lalu itu menelan investasi total USD 60 juta dan direncanakan rampung pada pertengahan tahun 2019. Tan Swee Siong, Head of Real Estate Tolaram menyebutkan, Arzuria berada di lokasi yang strategis sekaligus prestigius.

Lokasinya hanya berjarak beberapa menit berkendara dari SCBD, segitiga emas Sudirman, Gatot Subroto dan Rasuna Said. Selain itu, Arzuria juga relatif dekat dengan kawasan Jalan Kemang dan Senopati yang terkenal sebagai pusat hiburan dan gaya hidup di Jakarta Selatan.

Arzuria menghadirkan fitur desain yang mengintegrasikan kehidupan outdoor dan indoor dengan continuous balcony yang berfungsi sebagai extension dari living area. Tata ruang dirancang agar penghuni tidak terganggu tiang kolom yang bertujuan memaksimalkan pemakaian ruang. Penggarapan Arzuria pun menggunakan konsultan properti dan arsitektur papan atas di dalam dan luar negeri.

“Kami berkolaborasi dengan tim konsultan berkelas dunia dari Singapura dan Indonesia, seperti SCDA Architects, Web Structures dan Web Earth untuk membawa international expertise di proyek ini,” Tan Swee Siong menjelaskan. Karena itu tak mengherankan Apartemen Arzuria sukses merebut kategori Best Residential Architectural Design 2015 versi Indonesian Property Award.

“Melalui proyek ini, Tolaram berkomitmen untuk membangun produk berkualitas sejalan visi kami dalam membangun sebuah reputasi sebagai solid property player di Indonesia yang terus memberikan value kepada para konsumen,” Sonny Aswani, Group Executive Director of Tolaram Group.

IMG_8339

Apartemen Arzuria ditawarkan dengan empat tipe, yang memiliki luas dari 88 meter persegi sampai yang terluas 149 meter persegi, dengan masing-masingnya memiliki dua hingga empat kamar tidur. Selain itu tersedia juga tiga unit penthouse.

Semua unit apartemen Arzuria semi furnished dan dilengkapi dengan balkon. Adapun menurut Chilia, harga unit Arzuria berada di angka Rp 35 juta per meter persegi. Dengan nilai demikian, berarti unit apartemen Arzuria ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 3,08 miliar.

Di bidang real estate, Tolaram telah memiliki berbagai portofolio yang sukses memenangkan sejumlah penghargaan baik di Eropa maupun di Asia. Salah satu yang paling prestisius adalah proyek Pagari One.

Di proyek ini, Tolaram merestorasi sebuah bangunan bersejarah berusia 100 tahun di Tallinn, Estonia. Keberhasilan transformasi bangunan yang pernah menjadi Kantor Pusat KGB menjadi 42 unit apartemen modern yang mewah ini dianugerahi berbagai penghargaan, diantaranya FIABCI Baltic Prix D’Excellence 2014.

Proyek lain yang juga menyabet penghargaan adalah 1A International Business Park, Singapura. Sebuah gedung perkantoran 13 tingkat berlokasi di kawasan Jurong, yang diselesaikan akhir tahun 2009 dan pembangunannya hanya memakan waktu 18 bulan. Proyek ini memenangkan Green Mark Gold dari Building and Construction Authority Singapore. Selain itu juga memenangkan Best Architecture Award dari Asia Pacific Commercial Property Awards.

Selain itu divisi real estate Tolarm telah membangun berbagai proyek eksklusif di Eropa, Afrika Selatan dan Singapura, antara lain Hawaii Towers dan Tolaram Centre di Singapura, Paldiski rd 96 dan Supermarket Rimi di Estonia.

Di kancah global, Tolaram memiliki lebih dari 9.500 karyawan yang tersebar di berbagai belahan dunia dan melakukan transaksi di lebih dari 79 negara, dengan beragam diversifikasi usaha, meliputi produk konsumer, infrastruktur, distribusi, energi, layanan finansial, layanan digital, paper products, tekstil, serta real estate. Tahun 2014, omset Tolaram Group diestimasikan mencapai USD 1 miliar.

Dalam aktifitas bisnisnya konglomerasi besar ini pun kerap bekerja sama dengan berbagai perusahaan blue chip dunia. Diantaranya Dufil Prima Foods PLC, sebuah joint venture dengan Salim Group untuk memproduksi dan memasarkan mie instan, pasta, minyak goreng dan snacks untuk pasar Afrika Barat.

Kellogg perusahaan produk konsumer terkenal yang berkantor pusat di AS pun membeli 50% saham Multipro, anak usaha Tolaram di bidang penjualan dan distribusi makanan. Tujuan pembeliannya yakni untuk mengembangkan produk sarapan dan camilan di kawasan Afrika Barat.

Arla Foods, sebuah produsen terbesar produk dairy di Scandinavia yang berpusat di Denmark, juga menggandeng Tolaram untuk memasarkan produknya, Dano Milk, di Afrika Barat. Melalui kerjasama ini Arla menargetkan pertumbuhan revenue sebesar 240 juta Euro pada tahun 2020.

Eddy Dwinanto Iskandar

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)