Kuasai 22% Pasar PC Komersial, HP Inc Bagikan Strategi Bisnisnya di Indonesia

Fiona Lee, Presiden Direktur HP Inc Indonesia

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020 lalu, hampir sebagian besar aktivitas masyarakat bergantung pada perangkat komputer, baik itu laptop, PC ataupun kecerdasan komputer yang ditanamkan dalam telepon selular. Di awal pandemi bisnis perusahaan produsen teknologi sempat melemah, tetapi kemudian kembali tumbuh ketika pemerintah secara resmi menyatakan aktivitas sekolah dan bekerja dilakukan dari rumah.

Meski demikian, tidak berarti para produsen ini dengan mudah mengeruk pasar. Pasalnya, banyaknya pemain dan inovasi teknologi yang ditawarkan membuat persaingan ketat. Bahkan bagi pemain lama seperti Hewlett-Packard (HP) sekalipun, mereka tetap harus jeli membangun strategi demi bisnis yang berkelanjutan ke masa depan.

Menurut Presiden Direktur HP Inc Indonesia, Fiona Lee, pihaknya akan fokus pada inovasi berkesinambungan yang dipandu oleh kebutuhan pelanggan dan juga berfokus untuk menyediakan inovasi berguna yang akan membantu orang beradaptasi untuk berkembang.

“Kami berkomitmen terhadap Indonesia sebagai pasarutama kami dan memastikan masa depan yang berkelanjutan bagi pelanggan, mitra, dan komunitas kami melalui solusi PC dan portofolio mesin cetak kami” jelas Fiona dalam wawancara tertulis dengan SWA beberapa waktu lalu.

Hingga tahun 2020 lalu, HP Inc berhasil menguasai 22,4% dari keseluruhan pangsa pasar PC komercil di Indonesia, kemudian menyusul 10,9% PC konsumen. Untuk keseluruhan pasar PC di Indonesia, saat in i HP menguasai 13,9%. Sementara untuk produk printer, khususnya segmen rumah dan perkantoran, HP menguasai 18,5% dari total pasar printer Indonesia.

Lebih lanjut Fiona menjelaskan, saat ini dan ke depan pihaknya juga akan fokus untuk menghadirkan teknologi yang mendukung kebutuhan UKM di Indonesia. Ia melihat tren transformasi digital di level usaha kecil dan menengah kini semakin meningkat.

Menurutnya, untuk mendukung UKM Indonesia dalam mempertahankan bisnisnya, HP Inc akan terus mencari cara untuk menyediakan inisiatif pembelajaran dan pelatihan yang dapat diakses agar UKM dibekali dengan keterampilan dan wawasan yang dibutuhkan untuk berkembang. Selama masa penuh tantangan ini, HP juga didorong untuk menjaga bisnisnya dan bisnis UKM tetap berjalan sambil tetap kreatif dan produktif. Bagi banyak pengusaha, ini berarti meningkatkan penawaran mereka dalam memberikan pengalaman pelanggan yang unik dan dipersonalisasi, membuat model pengiriman baru, dan bahkan mengubah bisnis mereka untuk bisa masuk ke pasar online dan offline bersamaan.

Dalam upaya mendukung UKM lokal, HP Inc. Indonesia telah memperbarui platform HP for Business untuk memberikan solusi dan insight bisnis. HP for Business juga bermitra dengan Binar Academy, sebuah platform pembelajaran yang sedang naik daun di Indonesia, untuk menggelar Binar Support yang menyediakan kelas-kelas pengembangan web dan UI/UX.

"Selain itu, kami juga mengajak para pemilik UKM dan professional untuk menggunakan HP LIFE, sebuah sumber daya bermanfaat yang menyediakan kursus untuk mengasah keterampilan bisnis dan IT yang memberikan Sertifikat Penyelesaian. HP for Business dan HP LIFE dirancang untuk memfasilitasi mereka beradaptasi dan berkembang dalam lanskap bisnis yang menantang saat ini," ungkap Fiona.

Sedangkan, untuk memperkuat bisnisnya sendiri, Fiona mengaku pihaknya membangun rantai pasok yang kuat sebagai pondasi bisnis. “Kami memanfaatkan rantai supplier global kami dan bekerja sama dengan supplier untuk terus memberikan produk dan layanan bagi pelanggan. Kami terus memantau para pelanggan dan mitra untuk memastikan kami mendukung kebutuhan dan persyaratan pengiriman mereka selama situasi dinamis ini," jelasnya.

Tahun 2021 ini HP Inc. mengumumkan berbagai inisiatif bantuan yang bertujuan mendukung komunitas mitra ditributor globalnya dalam menghadapi tantangan operasional dan keuangan yang terkait dengan pandemic COVID-19 secara efektif. Selain menyediakan berbagai opsi pembiayaan dan leasing untuk end customer, perusahaan juga akan menawarkan insentif jangka pendek untuk pasar dan negara tertentu bagi para mitra distributor.

HP Inc. juga meluncurkan HP Amplify, sebuah program bagi para mitra saluran global yang dioptimalkan untuk mendorong pertumbuhan yang dinamis dan memberikan pengalaman end customer yang konsisten. HP Amplify dibangun di atas struktur tunggal yang terintegrasi untuk memberikan insight, kapabilitas, dan alat kolaborasi yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan seiring transformasi digital dan perilaku pembelian pelanggan yang terus berkembang.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)