Lampaui 10 Juta Nasabah, PNM Fokus Bangkitkan Ekonomi Nasional

Pandemi Covid-19 menghantam semua industri dan sektor bisnis di Indonesia, termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Arief Mulyadi mengatakan bahwa pandemi mengatrol angka kemiskinan di Indonesia menjadi 9,78% per Maret 2020. Angka tersebut kembali naik pada September 2020 menjadi sebanyak 10,19%.

"Ini menjadi catatan bagi kita semua, bagaimana cara kita untuk menekan angka ini. Mengingat PNM bergerak dan fokus di bidang peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata dia. Ada 3 modal yang diberikan PNM kepada ibu-ibu nasabah agar usaha ultra mikro dan UMKM tetap bertahan bahkan bisa bertumbuh di era pandemi.

Ketiga modal tersebut adalah finansial, intelektual dan sosial. Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif. Sementaram modal intelektual dilakukan melalui pendampingan seperti pelatihan, berbagi info, dan pengalaman. “Selain itu, kami juga mendatangkan akademisi atau ahli terkait untuk membantu para nasabah,” kata Arief menambahkan.

Modal sosial diberikan melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis untuk membantu mempercepat usaha para nasabah. Sebagai contoh, PNM melakukan rekayasa sosial dengan mengubah mindset para nasabah untuk terus maju. "Selain kesejahteraan meningkat, ibu-ibu juga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar” ujarnya. Presiden Jokowi dalam pidatonya di akhir tahun 2019 menyebutkan bahwa penguatan ekonomi keluarga dapat meningkatkan kesejahteraan unit keluarga terkecil dan memberikan dampak secara nasional, salah satunya dapat merubah angka kemiskinan.

Presiden Joko Widodo dalam momen tersebut juga menargetkan PNM untuk bisa memperoleh 10 juta nasabah selama 3 tahun ke depan. "Sebelum 17 Agustus 2021, kami sudah melampaui 10 juta nasabah. Artinya, kami sudah melampaui target tersebut selama 1 tahun," kata dia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)