Marketing Strategy Trends zkumparan

Loket Gandeng Bhineka Perkuat Penjualan B2B

Loket, perusahaan ticket management service, menggandeng lini businness-to-business Bhineka Bisnis sebagai bagian dari Loket Distribution Program (LDP).

LDP adalah skema distribusi penjualan tiket yang disediakan Loket untuk membangun jaringan dengan afiliasi secara online maupun offline. Nantinya, LDP dapat memperoleh keuntungan dari event-event yang dikelola oleh Loket, seperti penjualan eksklusif, komisi spesial, hingga harga spesial bagi konsumen afiliasi masing-masing melalui tiga metode distribusi, yaitu sistem Application Programming Interface (API) yang terintegrasi, Agent Dashboard, serta Widget.

VP Consumer Solutions Loket, Rama Adrian, mengatakan, LDP adalah salah satu strategi perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dan lebih meluaskan jangkauannya ke masyarakat, khususnya di dunia hiburan. “Ini merupakan kolaborasi pertama antara dua industri yang berbeda, yakni B2B e-commerce dan hiburan. Sejak dijalankan per tahun 2018, kami sekarang sudah bekerja sama dengan lebih dari 30 partner. Kerja sama ini merupakan segmen pasar baru yaitu korporasi yang selama ini butuh akses ke industri hiburan secara profesional,” kata Rama.

Sementara itu, Ferryzal Zulkarnain, VP Services Bhinneka, mengatakan, dengan kerja sama ini, pelanggan Bhinneka Bisnis dapat mengakses langsung tiket pertunjukan, theme park, dan MICE untuk kebutuhan korporasi seperti outing kantor atau workshop melalui website Bhinneka Bisnis.

“Kami menyambut baik kemitraan seperti ini, sehingga kami dapat memberikan layanan tambahan kepada lebih dari 40.000 pelanggan B2B Bhinneka, sebuah pasar yang menjanjikan untuk pertumbuhan bisnis Loket”, ujar Ferryzal.

Ke depan, kerja sama ini akan dilanjutkan ke lini bisnis Bhinneka lainnya seperti Bhinneka.com. “Nantinya akan kami perluas ke segmen retail (B2C) Bhinneka,” dia menambahkan.

Berdasarkan laporan dari konsultan global PwC, industri hiburan masih akan punya banyak ruang untuk tumbuh pesat di Asia Tenggara, yaitu dengan proyeksi rata-rata pertumbuhan tahunan (compound annual growth rate / CAGR) sebesar 7,2% dari US$45,6 miliar di 2017. Proyeksi skala regional ini menunjukkan bahwa ruang tumbuh industri masih sangat besar.

“Bergabungnya Bhinneka ke dalam Loket Distribution Program menunjukkan bahwa industri hiburan di Indonesia memiliki demand yang tinggi dan sangat potensial untuk digarap bersama. Misi kami untuk merevolusi industri hiburan Tanah Air secara komprehensif tidak dapat dikerjakan sendiri, sehingga melalui Loket Distribution Program kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ujar Rama.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved