Majukan Usaha Kuliner dengan Support 80 Cloud Kitchen

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia (Foto: Anastasia AS/SWA).

Grab bersinergi dengan Yummy Corp untuk membantu pelaku usaha kuliner agar dapat mengembangkan dan memperluas bisnisnya di Indonesia. Lewat kerja sama ini, keduanya akan membuka 80 cloud kitchen di 7 kota besar di Indonesia.

Kerja sama tersebut, nantinya, akan memperluas cakupan layanan untuk para mitra merchant yang mencakup pencarian dan pemilihan lokasi, operasional dapur, desain menu dan produksi makanan, pemasaran dan pengantaran, dll. “Kami melihat peningkatan signifikan pada jumlah mitra merchant yang aktif di GrabFood pada bulan Desember 2020 dibandingkan dengan Januari 2020 dan membawa bisnis-bisnis kuliner ini ke dalam platform kami merupakan langkah pertama,” ujar Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia dalam acara Perjalanan GrabFood di Tahun 2020 (08/02/2021).

Neneng mengatakan pihaknya akan membantu para pelaku kuliner untuk mengembangkan dan mengakses kapabilitas digital agar mereka bisa berkembang di dalam ekosistem ekonomi digital.

Dalam ekspansi cloud kitchen, keduanya akan mengombinasikan data yang dimiliki Grab dan kemampuan manajemen operasional makanan yang dimiliki Yummy Corp. Dengan demikian pelaku usaha kuliner akan bisa menjangkau lokasi dan kota baru, serta meningkatkan skala bisnis mereka. 

Grab juga akan membawa para mitra merchant Yummy Corp ke dalam platform GrabFood dan menghubungkan mereka ke basis pelanggan Grab. Mitra merchant Yummy Corp akan memiliki akses ke fitur-fitur Grab seperti ‘pesan sekaligus’ dimana pelanggan dapat memesan dari beberapa merchant dalam satu kali pemesanan, dan mendapatkan peluang untuk menjual produknya secara luas.

Grab dan Yummy Corp berencana untuk bekerja sama dengan pelaku usaha kuliner untuk menciptakan konsep baru, mengujinya di platform GrabFood, dan mengembangkannya di jaringan cloud kitchen Grab dan Yummy Corp. “Pendekatan ini memungkinkan pelaku usaha kuliner untuk mengambil pendekatan berbasis data guna bereksperimen dan menguji konsep baru secara langsung, dengan biaya yang minim,” kata Neneng menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)