Marketing Strategy

MakeOver Penetrasi Pasar Melalui Ajang Fashion Show

MakeOver Penetrasi Pasar Melalui Ajang Fashion Show

Lipstik cair matte menjadi salah satu produk kecantikan yang banyak dicari konsumen saat ini. Tak heran bila banyak brand yang berlomba mengeluarkan produk ini baik brand lokal maupun asing. Salah satunya adalah brand Make Over yang baru-baru ini merilis Make Over Intense Matte Lip Cream dan Make Over Liquid Lip Color.

Stephanie Lie, Make Over Brand Manager (kedua dari kiri)

Stephanie Lie, Make Over Brand Manager (kedua dari kiri)

“Koleksi ini baru kami keluarkan sekitar 1-2 minggu lalu dan mendapat sambutan positif dari masyarakat. Terbukti dari habisnya produk di beberapa toko di Indonesia. Selain itu, konsumen juga mau merekomendasikan produk kami kepada teman-temannya,” jelas Stephanie Lie, Make Over Brand Manager.

Lipstick yang dilaunching di Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Banjarmasin, Makasar, Yogya, dan Semarang ini banyak dibicarakan di sosial media. Menurut Stephanie, konsumen lipstick senang untuk membandingkan dan mereview berbagai produk lipstick di sosial media mereka.

Melalui dunia digital ini, berbagai rekomendasi untuk membeli produk pun bermunculan sehingga mampu menarik perhatian konsumen. Promosi yang dilakukan juga tak terhenti di offline saja melainkan juga mulai digencarkan melalui online, salah satunya melalui sosial media.

MakeOver juga menjual lipstick ini di berbagai toko online untuk menjangkau konsumen mereka. Stephanie juga belajar dari berbagai pengalaman brand lain dalam meluncurkan produk lipstick matte yang seringkali memberikan hasil tak terprediksi. Oleh karena itu, ia pun tak ingin hanya mengandalkan strategi biasa dalam memperkenalkan produknya.

”Awalnya kami melihat bahwa kebutuhan dan konsumen loyal lipstick cair matte ini hanya di kota-kota besar. Namun dengan tingginya demand saat ini kami berharap bisa memperluas ke berbagai kota lain,” tambahnya. Saat ini untuk penjualan lipstick cair ini masih mengandalkan impulsif konsumen.

Hal ini karena lipstick menjadi produk kosmetik yang dibeli konsumen berdasarkan tren yang ada. Berbeda dengan produk bedak yang lebih mengandalkan pada loyal konsumen. Kedua produk ini menjadi produk yang paling tinggi penjualannya dibandingkan produk kosmetik yang lain.

Dari 6 seri lipstick yang dikeluarkan Make Over, seri terbaru Make Over Intense Matte Lip Cream menempati nomor satu penjualan brand Make Over. Ia juga yakin bahwa produknya akan semakin diminati konsumen, terutama karena kedelapan varian warnanya yang cukup luas dan cocok dengan berbagai warna kulit konsumen.

Selain itu, ia juga mengaku membutuhkan waktu 1 tahun untuk menentukan formula yang cocok untuk lipstick ini. Untuk semakin menaikan penjualan, pihaknya baru saja memilih Ayu Gani dan Chloe sebagai muse terbaru Make Over untuk produk Make Over Lipstick Matte Lip Cream dan Make Over Liquid Color.

Keduanya akan ikut peragaan busana di Jakarta Fashion Week tanggal 28 Oktober di fashion tent Senayan City. Peragan busana ini diprakarasi oleh Make Over dan 3 desainer lokal yaitu Diniira, Ingrid Husodo, dan Ali Charisma. Menurut Stephanie, fesyen dan make up merupakan dua industri yang tak terpisahkan, karena make up dan fesyen sama-sama saling melengkapi tampilan konsumen.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved