MasterCard Dorong Pertumbuhan UMKM Indonesia

Berdasarkan data dari Kementerian Industri, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, kontribusi sektor UMKM terhadap PDB meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen. Pada periode yang sama, bisnis UMKM juga telah menyerap lebih banyak tenaga kerja di Indonesia hingga 97,22 persen.

Kontribusi sektor UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sangat signifikan dan seiring dengan pertumbuhan tersebut, MasterCard bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) dan asosiasi terkait lainnya akan menyelenggarakan sebuah workshop dengan tajuk ‘Master Your Card’ sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia.

Workshop Master Your Card Workshop Master Your Card

Pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat dan sejak saat itu telah bekerja sama dengan berbagai komunitas, asosiasi dan kelompok usaha kecil untuk memberikan edukasi serta solusi pembayaran elektronik.

Program pemberdayaan komunitas dari MasterCard ini fokus pada edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap keuntungan pembayaran elektronik. Workshop ini akan memperkenalkan inovasi teknologi pembayaran serta menyediakan sebuah pemahaman yang lebih mendalam mengenai keuntungan dari pembayaran elektronik dalam bisnis.

“Ini sebagai dukungan dari MasterCard kepada pemerintah dalam memaksimalkan transaksi non-tunai serta mempercepat terciptanya cashless society di Indonesia,” ujar Ravi Aurora, Senior Vice President & Group Head, Global Policy Affairs & Community Relations MasterCard.

Workshop ini memberikan informasi baru bagi anggota APKOMINDO dan para mitra usahanya, misalnya dalam hal pencegahan penipuan dan pencegahan chargeback serta dalam hal perlindungan konsumen. Selain dari itu dengan memahami sistem pembayaran elektronik, maka anggota dapat menerapkan manajemen resiko yang lebih terukur dengan baik, sehingga anggota APKOMINDO akan dapat menumbuhkan usaha dengan daya saing yang lebih baik, terutama di tengah-tengah pesatnya pertumbuhan transaksi e-commerce.

“Kami ingin meneruskan kerjasama dalam bentuk-bentuk lain, sambil mensinergikan dan memberdayakan anggotanya yang berjumlah 2 ribu, yang terdistribusi di 25 DPD di seluruh Indonesia,” kata Soegiharto Santoso, Ketua Umum APKOMINDO. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)